Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sangat diperlukan bagi masyarakat perkotaan, maka perlu diketahui Manfaat Tinggal di Hunian dengan Konsep Ruang Terbuka Hijau. Terutama bagi wilayah yang padat penduduk dan kendaraan pada masa pascapandemi COVID-19.

Menurut World Health Organization (WHO), seperempat dari semua penyakit disebabkan oleh lingkungan.

Hal ini menjadi faktor para pengembang properti untuk lebih memperhatikan esensi Ruang Terbuka Hijau dalam membangun hunian dilengkapi fasilitas didalamnya untuk menunjang healthy lifestyle. Keuntungan tinggal di hunian yang dilengkapi RTH tidak hanya sekadar untuk kesehatan.

Apa sih Ruang Terbuka Hijau dan manfaatnya bagi hunian?

Mengenal Konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Ruang terbuka hijau adalah suatu ruang terbuka yang kawasannya didominasi oleh vegetasi baik pepohonan, semak, tanaman atau rerumputan. Aturan RTH dijelaskan dalam UU No. 26/2007 tentang Penataan Ruang.

RTH di hunian ini wajib dibangun dan disediakan oleh developer properti, loh! Shila rangkum 5 manfaat yang Anda dan keluarga dapatkan jika tinggal di hunian dengan konsep Ruang Terbuka Hijau.

1. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Suasana Hati

4 Manfaat Tinggal di Hunian dengan Konsep Ruang Terbuka Hijau

Tinggal di kawasan yang asri bisa membantu mengurangi stres loh sobat!

Melansir Journal of the American Heart Association, lingkungan asri dan hijau mampu mengurangi tingkat stres. Penghuni dapat berjalan-jalan di RTH untuk meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan.

Tanaman hijau yang rimbun juga dapat membuat suasana hati tenang dan rileks serta mengurangi stres.

 

2. Meningkatkan Produktivitas dan Ketenangan

Ruang terbuka hijau dapat mendorong penghuni agar rutin berolahraga dan melakukan hal-hal produktif.

RTH juga memberikan ketenangan yang dapat membantu produktivitas dalam bekerja, terlebih jika Anda diharuskan untuk work from home.

 

3. Cocok sebagai Tempat Berinteraksi Sosial

4 Manfaat Tinggal di Hunian dengan Konsep Ruang Terbuka Hijau

Keuntungan tinggal di hunian dengan ruang terbuka hijau adalah meningkatkan interaksi sosial dengan keluarga maupun tamu yang datang. RTH merupakan pilihan yang cocok sebagai tempat berkumpul dan menciptakan lingkungan sosial yang baik bagi Anda dan keluarga.

 

4. Kualitas Kesehatan Meningkat

4 Manfaat Tinggal di Hunian dengan Konsep Ruang Terbuka Hijau

Suasana sekitar hunian yang asri dapat Anda rasakan karena Ruang Terbuka Hijau menyerap CO2 yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan pikiran.

Oleh karena itu, tinggal di lingkungan asri menjadi solusi terbaik karena menawarkan kualitas udara yang baik, minim polusi udara, dan lingkungan yang sehat.

 

4 Manfaat Tinggal di Hunian dengan Konsep Ruang Terbuka Hijau

Selain baik untuk kesehatan pernapasan, hunian yang sejuk baik untuk kesehatan mental, seperti halnya hunian Shila at Sawangan yang berlokasi di selatan Jakarta.

Shila at Sawangan menghadirkan konsep hunian yang asri dengan konsep low density. Dibangun di atas tanah seluas 102 Ha dengan 55% area hijau luas dan danau alami seluas 26 Ha. Hunian-hunian di Shila dikelilingi lebih dari 18,500 pepohonan dan suhu rata-rata 24°C – 31°C menjadikan kualitas udara di Shila menjadi lebih sehat dan berkualitas.

Shila baru saja meluncurkan cluster terbarunya “Lake Series” yakni hunian premium tepi danau berkonsep waterfront living.

Sebagai kawasan hunian premium, Lake Series akan memberikan pengalaman “Living by the Lake” dilengkapi dengan 30 fasilitas berstandar internasional yang dihadirkan secara ekslusif bagi penghuninya.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan hunian impian Anda di Shila at Sawangan! Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat datang ke Marketing Gallery Shila at Sawangan atau kunjungi website kami di www.shila.co.id dan hubungi kami di nomor  081388854511.

 

Nurul Delia Rachmaputri | 12 Januari 2023