Apakah Anda ingin memberikan sentuhan elegan dan modern pada konsep interior rumah Anda? Kalau begitu, lantai granit bisa menjadi pilihan. Namun, seperti lantai lainnya, lantai granit juga memerlukan perawatan yang tepat agar tetap bersih dan terlihat indah. Bagaimana cara membersihkan lantai granit tersebut? 

Salah satu aspek penting dari perawatan ini adalah membersihkan lantai granit dengan cara yang benar. Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah yang mudah dan tepat dalam membersihkan lantai granit tersebut, Anda bisa simak uraian lengkap untuk membersihkan dan merawat lantai granit. 

Cara Membersihkan Lantai Granit

Untuk mempertahankan kilau alami lantai granit, diperlukan perawatan yang cermat dan penggunaan metode pembersihan yang tepat. Keberadaan kotoran, debu, serta tumpahan cairan sehari-hari dapat secara perlahan mereduksi keindahan lantai ini. Namun, dengan menerapkan langkah-langkah sederhana yang akan diuraikan di bawah ini, Anda dapat memastikan bahwa lantai granit tetap bersih dan mempesona sepanjang waktu.

1. Pembersihan Sehari-hari

Menjaga kebersihan dan estetika lantai rumah yang terbuat dari granit melalui pembersihan harian adalah langkah krusial. Proses membersihkan lantai granit setiap hari tidaklah rumit, melibatkan kegiatan seperti menyapu dan mengepel lantai.

Langkah pertama adalah menghilangkan debu dan kotoran yang terkumpul di permukaan lantai dengan sapu serat lembut atau vacuum cleaner dengan kepala penghisap yang lembut. Hal ini akan mencegah debu dan kotoran menempel pada permukaan lantai.

Setelah menghilangkan debu dan kotoran, lap permukaan lantai dengan kain lap yang lembut dan bersih yang telah dibasahi dengan air bersih. Pastikan kain lap tidak terlalu basah agar tidak meninggalkan bekas air pada lantai.

2. Cuci Rutin dengan Larutan Lembut

Membersihkan lantai granit secara rutin dengan larutan yang lembut adalah langkah penting dalam perawatannya. Larutan ini bisa terdiri dari air hangat dicampur dengan sedikit deterjen ringan atau pembersih khusus untuk lantai granit yang direkomendasikan oleh produsen.

Pastikan untuk menghindari penggunaan pembersih yang mengandung asam atau bahan abrasif yang dapat merusak permukaan granit. Setelah membersihkan dengan larutan lembut, bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan residu sabun atau deterjen yang mungkin tertinggal, kemudian keringkan dengan lap bersih atau kain microfiber. Dengan cara ini, lantai granit Anda akan tetap bersih dan terawat dengan baik.

3. Mengatasi Noda Membandel

Menghadapi noda yang sulit di lantai granit bisa menjadi tantangan, tetapi ada beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satu metode yang efektif adalah dengan membuat pasta pembersih dari bubuk baking soda dan air, kemudian menggosoknya secara lembut pada noda tersebut menggunakan spons atau kain lembut.

Setelah itu, biarkan pasta tersebut mengering selama beberapa menit sebelum membersihkannya dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat. Jika noda masih tetap ada, Anda bisa mencoba menggunakan cairan pembersih khusus untuk lantai granit yang tersedia di pasaran. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk tersebut.

4. Penutup Lantai dan Perawatan Tambahan

Selain melakukan pembersihan rutin dan mengatasi noda membandel, ada baikya untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai granit, Anda dapat menggunakan penutup lantai seperti karpet atau alas kaki di area-area yang sering dilalui atau terkena tumpahan cairan. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya noda atau kerusakan pada permukaan granit.

Selain membersihkan secara rutin, perawatan tambahan seperti penggunaan pelindung atau sealant juga dapat diterapkan untuk menjaga keindahan dan kekuatan lantai granit. Sealant ini dapat membentuk lapisan pelindung yang mencegah penetrasi air dan kotoran ke dalam pori-pori granit.

Dengan menjaga kebersihan dan memberikan perlindungan tambahan seperti penutup lantai dan perawatan sealant, Anda dapat memastikan bahwa lantai granit tetap bersih, terawat, dan memukau dalam jangka waktu yang lama.

Cara Merawat Lantai Granit

cara merawat lantai granit

Selain cara membersihkan lantai granit, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda terapkan untuk merawat lantai ini dengan lebih baik. Penting untuk Anda merawat lantai granit ini agar awet dan tahan lama. Yuk langsung simak saja tipsnya di bawah ini. 

1. Jaga Kelembaban Ruangan

Meskipun granit memiliki ketahanan yang baik, lantai ini tetap merupakan material yang rentan terhadap perubahan suhu dan kelembaban yang ekstrem. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembaban ruangan di mana lantai granit ini dipasang. 

Merawat lantai granit dengan menjaga kelembaban ruangan adalah strategi yang penting untuk mempertahankan keindahannya. Granit adalah batuan alami yang sensitif terhadap perubahan suhu dan kelembaban yang drastis, sehingga menjaga kelembaban ruangan dapat membantu mencegah retakan atau perubahan pada permukaan granit.

Salah satu cara untuk menjaga kelembaban ruangan adalah dengan menggunakan pengatur kelembaban udara seperti dehumidifier atau humidifier sesuai kebutuhan. Dengan menjaga kelembaban ruangan pada tingkat yang stabil, Anda dapat mencegah terjadinya perubahan suhu dan kelembaban yang dapat mempengaruhi kondisi lantai granit.

2. Gunakan Pelindung di Bawah Furniture

Merawat lantai granit dengan menggunakan pelindung bawah furnitur adalah langkah tepat untuk mencegah terjadinya goresan atau kerusakan pada permukaan granit. Pelindung bawah furnitur dapat berupa karet, kain, atau bahan lain yang lembut dan tidak akan merusak lantai. Anda dapat meletakkan pelindung ini di bawah kaki furnitur seperti kursi, meja, atau lemari untuk melindungi lantai granit dari tekanan atau gesekan yang dapat merusak permukaannya.

Selain melindungi dari goresan, pelindung bawah furniture juga membantu mendistribusikan beban secara merata sehingga mengurangi risiko terjadinya retakan atau pecah pada lantai granit akibat tekanan yang tidak merata. Pastikan untuk memeriksa dan mengganti pelindung bawah furniture secara berkala agar tetap efektif dalam melindungi lantai granit.

Dengan menggunakan pelindung bawah furniture, Anda dapat memastikan bahwa lantai granit tetap terlindungi dan terawat dengan baik, sehingga menjaga keindahannya dalam jangka waktu yang lebih lama.

3. Hindari Bahan Abrasif

Merawat lantai granit dengan menghindari penggunaan pembersih yang mengandung bahan abrasif adalah langkah yang penting untuk menjaga keindahannya. Bahan abrasif seperti serbuk kasar atau bahan kimia yang keras dapat merusak permukaan granit, menyebabkan goresan atau bahkan merusak pola dan warnanya.

Sebagai gantinya, gunakanlah pembersih yang lembut dan tidak mengandung bahan abrasif. Anda dapat menggunakan larutan air hangat dicampur dengan deterjen ringan atau pembersih khusus untuk lantai granit yang direkomendasikan oleh produsen. Pastikan untuk membilas lantai dengan air bersih setelah membersihkannya untuk menghilangkan residu pembersih.

Selain itu, hindarilah penggunaan alat pembersih yang kasar seperti sikat berbulu keras atau spons yang kasar, karena hal ini juga dapat merusak permukaan granit. Sebagai gantinya, gunakanlah spons atau kain yang lembut untuk membersihkan lantai dengan lembut dan hati-hati.

4. Lakukan Pemolesan Berkala

Merawat lantai granit dengan melakukan pemolesan berkala adalah cara efektif untuk menjaga keindahan dan kilau alami permukaannya. Proses pemolesan ini dapat dilakukan dengan menggunakan produk pemoles khusus yang dirancang untuk lantai granit. Langkah-langkahnya termasuk mengaplikasikan pemoles dengan menggunakan kain microfiber bersih dan lembut, lalu menggosok permukaan lantai dengan gerakan melingkar untuk meratakan produk.

Selain memberikan kilau tambahan, pemolesan berkala juga membantu melindungi lantai granit dari noda dan memperpanjang umur permukaannya. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk pemoles dan melakukan pemolesan dengan frekuensi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Menjaga kebersihan dan merawat lantai granit secara rutin sangatlah penting untuk memastikan penampilannya tetap memukau. Dengan begitu, interior rumah Anda akan selalu terlihat memukau setiap saat. Perawatan yang baik akan memperpanjang umur lantai granit Anda, memastikan keindahannya bertahan lama.

Author Profile

Muhammad Fikri
Sarjana teknologi yang menyukai menulis & travelling. Mempelajari secara mendalam tentang perkembangan teknologi dan sistem informasi.