Dalam merancang teras rumah modern, pemilihan keramik lantai menjadi salah satu elemen kunci yang mempengaruhi keseluruhan estetika dan suasana. Motif dan model keramik yang dipilih tidak hanya harus mencerminkan gaya arsitektur rumah, tetapi juga harus sesuai dengan konsep rumah yang diusung. Berbagai pilihan motif dan model keramik lantai tersedia untuk menciptakan tampilan yang elegan dan menawan di teras rumah modern, memberikan sentuhan kesan visual yang memikat bagi setiap penghuni dan tamu yang melangkah ke dalamnya.

Rekomendasi Model Keramik untuk Lantai Teras Rumah

1. Keramik Teras Rumah Motif Kayu

Teras Rumah Motif Kayu

Penggunaan lantai bahan keramik dengan motif kayu untuk teras rumah adalah pilihan yang sangat populer. Ini memberikan kesan alami dan hangat seperti kayu asli, tetapi dengan keunggulan tahan lama dan perawatan yang lebih mudah. Dengan memilih motif kayu pada keramik, Anda bisa mendapatkan estetika yang diinginkan tanpa perlu khawatir akan masalah seperti pengembangan atau kerusakan yang sering terjadi pada kayu asli.

Salah satu keuntungan utama lantai keramik dengan motif kayu adalah kemampuannya untuk meniru tekstur dan warna kayu dengan sangat baik. Anda dapat memilih dari berbagai jenis kayu, mulai dari yang lebih terang hingga yang lebih gelap, serta variasi pola serat kayu yang berbeda-beda, sesuai dengan preferensi dan gaya desain Anda.

Baca Juga : Lantai Vinyl Vs Lantai Parket, Mana Yang Lebih Bagus?

2. Keramik Teras Rumah Simetris

lantai teras model simetris

Salah satu motif keramik teras yang diminati adalah penggunaan motif dan model simetris dalam desainnya. Motif dan model keramik lantai teras yang simetris tidak hanya menciptakan tampilan yang rapi dan terstruktur, tetapi juga menambahkan sentuhan elegan dan modern yang cocok untuk berbagai gaya arsitektur.

Dengan mengadopsi motif dan model simetris pada lantai keramik teras rumah modern, Anda dapat menciptakan kesan visual yang konsisten dan harmonis. Penggunaan pola simetris, seperti garis-garis tegak lurus atau motif geometris yang teratur, dapat memberikan kesan yang lebih formal dan elegan, sesuai dengan estetika modern yang seringkali mengutamakan ketegasan garis dan bentuk.

3. Keramik Teras Rumah Klasik

Teras Rumah Klasik

Lantai keramik dengan model klasik untuk teras rumah menawarkan keindahan yang abadi dan gaya yang tak lekang oleh waktu. Dalam pemilihan bahan dan model keramik untuk teras rumah yang mengusung gaya klasik, penting untuk memperhatikan detail-detail yang mencerminkan keanggunan dan kemewahan yang khas dari era klasik.

Salah satu pilihan yang populer adalah menggunakan keramik dengan motif floral, motif floral juga sering dipilih untuk lantai keramik teras rumah dengan gaya klasik. Motif floral menampilkan desain bunga-bunga atau tanaman hias yang indah dan romantis, menciptakan suasana yang hangat di teras rumah. Pilihan warna yang lembut dan nuansa yang cerah pada motif floral dapat memberikan kesan yang menyegarkan dan menghidupkan suasana klasik teras rumah Anda.

4. Keramik Teras Rumah Motif Hexagonal

Teras Rumah Motif Hexagonal

Lantai keramik dengan model hexagonal memberikan sentuhan yang unik dan menarik bagi teras rumah Anda. Penggunaan model hexagonal memberikan variasi yang menarik dari lantai keramik konvensional dan dapat menciptakan tampilan yang modern namun tetap elegan untuk teras rumah Anda.

Model hexagonal menawarkan estetika yang menarik dengan garis-garis yang simetris dan sudut-sudut yang tajam. Pola hexagonal menciptakan kesan visual yang dinamis dan menarik perhatian tanpa terlalu mencolok.

Selain itu, penggunaan lantai keramik dengan model hexagonal juga memungkinkan Anda untuk berkreasi dengan berbagai kombinasi warna yang menarik. Anda dapat menciptakan pola-pola yang unik dan menarik dengan menggabungkan beberapa warna yang berbeda, atau Anda dapat memilih satu warna untuk tampilan yang lebih minimalis namun tetap menarik.

5. Keramik Teras Rumah Motif Bunga

Teras Rumah Motif Bunga

Lantai keramik dengan motif bunga untuk teras rumah merupakan pilihan yang indah dan memikat untuk menambahkan nuansa alami dan keindahan pada ruang outdoor Anda. 

Dengan memilih lantai keramik dengan motif bunga, Anda dapat menciptakan tampilan yang cerah dan bersemangat di teras rumah Anda. Motif bunga menawarkan berbagai pilihan desain, mulai dari bunga-bunga yang besar dan mencolok hingga motif bunga yang lebih kecil dan terperinci

Selain estetika yang menarik, motif bunga pada lantai keramik juga dapat memberikan kesan yang segar dan alami pada teras rumah Anda.

6. Keramik Teras Rumah Motif Industrial

Teras Rumah Motif Industrial

Lantai keramik dengan model industrial memberikan sentuhan yang kasual namun berkelas. Gaya industrial cenderung menonjolkan elemen-elemen seperti beton, logam, dan tekstur kasar, yang bisa diwujudkan dalam desain lantai keramik untuk teras rumah.

Salah satu opsi yang populer dalam lantai keramik dengan model industrial adalah memilih pola yang meniru tekstur beton. Keramik dengan tampilan beton memberikan kesan urban dan modern yang cocok untuk teras rumah dengan gaya industrial. Pola beton ini seringkali memiliki warna netral seperti abu-abu atau cokelat, yang dapat memberikan kesan yang tenang dan serbaguna.

7. Keramik Teras Rumah Batu Alam

Teras Rumah Batu Alam

Lantai keramik dengan motif batu alam adalah pilihan yang populer untuk teras rumah, karena menciptakan kesan alami dan organik yang cocok untuk lingkungan outdoor. 

Motif batu alam pada lantai keramik teras rumah dapat mencakup berbagai jenis batu, seperti granit, slate, atau travertine. Setiap jenis batu memiliki karakteristik uniknya sendiri, termasuk pola, warna, dan tekstur yang berbeda. Anda dapat memilih motif batu alam yang sesuai dengan gaya dan preferensi desain Anda, apakah itu lebih bersifat rustik atau modern.

Selain itu, lantai keramik dengan motif batu alam memberikan keunggulan dalam hal keawetan dan ketahanan. Keramik umumnya lebih tahan terhadap cuaca ekstrem, kerusakan, dan noda dibandingkan dengan batu alam asli. Ini membuatnya menjadi pilihan praktis untuk teras rumah yang sering terpapar oleh elemen-elemen alam seperti sinar matahari, hujan, dan angin.

8. Keramik Teras Rumah Motif Diagonal

Teras Rumah Motif Diagonal

Penggunaan lantai bahan keramik dengan motif diagonal untuk teras rumah adalah pilihan desain yang menarik dan dapat menciptakan tampilan yang unik serta dinamis.

Motif diagonal pada lantai keramik teras rumah menambah dimensi visual yang menarik dan memberikan kesan ruang yang lebih besar. Dibandingkan dengan penataan lurus konvensional, membuatnya terlihat lebih luas dan terbuka.

Pemilihan warna dan tekstur yang tepat juga dapat memperkuat efek motif diagonal pada lantai keramik. Anda dapat memilih warna-warna yang kontras untuk menonjolkan pola diagonal, atau memilih tekstur yang memberikan kesan yang berbeda di setiap sudut diagonal.

9. Keramik Teras Rumah Motif Geometri

Teras Rumah Motif Geometri

Penggunaan lantai bahan keramik dengan motif geometri untuk teras rumah adalah pilihan desain yang modern, berani, dan menarik. 

Salah satu keuntungan utama dari lantai keramik dengan motif geometri adalah fleksibilitasnya dalam menciptakan berbagai pola dan kombinasi desain yang unik. Anda dapat memilih dari berbagai bentuk geometris seperti garis-garis, kotak-kotak, segitiga, atau pola hexagonal, dan menggabungkannya dalam pola yang berbeda-beda sesuai dengan preferensi dan gaya desain Anda.

Baca Juga : Rekomendasi Lantai Carport Terbaik Untuk Parkir Mobil

10. Keramik Teras Rumah Motif Bata

Teras Rumah Motif Bata

Penggunaan lantai bahan keramik dengan motif bata untuk teras rumah adalah pilihan desain yang klasik namun tetap memiliki daya tarik yang kuat. Motif bata pada lantai keramik memberikan kesan hangat dan rustik seperti bata asli.

Salah satu keuntungan utama lantai keramik dengan motif bata adalah kemampuannya untuk meniru tekstur dan warna bata dengan sangat baik. Anda dapat memilih dari berbagai variasi warna dan tekstur yang mencerminkan karakteristik bata asli, mulai dari warna merah bata yang klasik hingga warna abu-abu atau putih yang lebih modern.

Motif bata pada lantai keramik juga menambahkan elemen arsitektur yang menarik dan berkesan untuk teras rumah Anda. Pola bata yang teratur dan terstruktur memberikan tampilan yang rapi dan terorganisir, sementara tampilan rustiknya menambahkan karakter dan kehangatan ke ruang outdoor Anda.

11. Keramik Teras Rumah Motif Marmer putih

Teras Rumah Motif Marmer putih

Penggunaan lantai bahan keramik dengan motif marmer putih untuk teras rumah adalah pilihan desain yang elegan dan mewah. Marmer putih adalah simbol kemewahan dan keanggunan yang telah menjadi favorit dalam desain interior dan eksterior. Dengan menggunakan keramik yang meniru motif marmer putih, Anda bisa memberikan tampilan yang megah..

Motif marmer putih pada lantai keramik menciptakan tampilan yang bersih, terang, dan luas untuk teras rumah Anda. Warna putih yang cerah memberikan kesan lapang dan terbuka, sementara tekstur marmer menambahkan dimensi dan karakter yang menawan.

Selain itu, motif marmer putih juga memiliki fleksibilitas dalam hal gaya dan desain. Anda dapat memilih berbagai variasi marmer putih, mulai dari yang memiliki vena-vena abu-abu hingga yang lebih bersih dengan sedikit atau tanpa vena.

12. Keramik Teras Rumah Motif Marmer Hitam

Teras Rumah Motif Marmer Hitam

Penggunaan lantai bahan keramik dengan motif marmer hitam untuk teras rumah adalah pilihan desain yang elegan, dramatis, dan modern. Marmer hitam adalah simbol kemewahan dan keanggunan yang memberikan kesan yang sangat mencolok dan berkelas pada ruang teras Anda. 

Motif marmer hitam pada lantai keramik memberikan tampilan yang kuat, mewah, dan dramatis untuk teras rumah Anda. Warna hitam yang dalam menciptakan suasana yang intens dan elegan, sementara tekstur marmer menambahkan dimensi dan karakter yang menawan.

Selain itu, motif marmer hitam juga memberikan fleksibilitas dalam hal gaya dan desain. Anda dapat memilih dari berbagai variasi marmer hitam, mulai dari yang memiliki vena-vena putih kontras hingga yang lebih homogen dengan sedikit atau tanpa vena.

13. Keramik Teras Rumah Putih Polos

Teras Rumah Putih Polos

Penggunaan lantai bahan keramik dengan motif polos untuk teras rumah adalah pilihan yang sederhana namun elegan. Meskipun terlihat sederhana, lantai keramik dengan motif polos memiliki keindahan tersendiri dan dapat memberikan tampilan yang bersih dan modern untuk teras rumah Anda.

Motif polos pada lantai keramik memberikan tampilan yang minimalis dan netral, sehingga dapat dengan mudah dipadukan dengan berbagai gaya desain teras rumah, baik yang klasik maupun yang kontemporer. Walaupun polos, pilihan warna keramik dapat dimainkan untuk menciptakan suasana yang diinginkan, apakah itu lebih terang untuk tampilan yang bersih atau lebih gelap untuk suasana yang lebih hangat.

14. Keramik Teras Rumah Motif Mozaik

Teras Rumah Motif Mozaik

Penggunaan lantai bahan keramik dengan motif mozaik untuk teras rumah adalah pilihan yang artistik, berwarna, dan menarik. Mozaik merupakan seni dekoratif yang terdiri dari potongan-potongan kecil keramik, kaca, atau batu alam yang disusun secara artistik untuk membentuk pola atau gambar yang indah.

Motif mozaik pada lantai keramik memberikan tampilan yang unik, dinamis, dan penuh warna untuk teras rumah Anda. Kombinasi warna-warna cerah dan pola-pola yang rumit menciptakan kesan visual yang menarik dan mengundang. Mozaik juga memberikan fleksibilitas dalam menciptakan berbagai pola dan desain yang dapat disesuaikan dengan gaya dan preferensi desain Anda.

15. Keramik Teras Rumah Motif Vintage

Teras Rumah Motif Vintage

Penggunaan lantai bahan keramik dengan motif vintage untuk teras rumah adalah pilihan yang menghadirkan pesona nostalgia dan keanggunan era lampau ke dalam desain rumah Anda. Motif vintage pada lantai keramik menciptakan tampilan yang klasik, elegan, dan mengundang kenangan masa lalu yang hangat.

Motif vintage pada lantai keramik seringkali mencakup pola-pola yang terinspirasi dari desain tradisional yang populer pada zaman lampau, seperti pola-pola floral, paisley, atau motif geometris yang rumit. Penggunaan warna-warna lembut dan nuansa yang khas dari era vintage juga sering digunakan untuk menambahkan sentuhan autentisitas pada desain.

16. Keramik Teras Rumah Motif Garis Lurus

Teras Rumah Motif Garis Lurus

Penggunaan lantai bahan keramik dengan motif garis lurus untuk teras rumah adalah pilihan yang memberikan kesan yang rapi, modern, dan minimalis. Motif garis lurus pada lantai keramik menciptakan tampilan yang terstruktur dan teratur.

Motif garis lurus pada lantai keramik dapat bervariasi mulai dari garis-garis horizontal, vertikal, hingga diagonal. Penggunaan garis-garis yang lurus dan teratur menciptakan tampilan yang bersih dan rapi, sementara variasi orientasi garis dapat menambah dimensi dan dinamika pada desain lantai.

Teras Rumah Semakin Modern Bersama Shila at Sawangan

Tahukah Anda? Shila memberikan opsi teras rumah modern yang tidak hanya terpaku pada satu model saja. Perpaduan motif dan material – material unggulan telah dikombinasikan untuk mendapatkan tampilan maksimal. Contohnya adalah tampilan teras pada model Pavilion di bawah ini.

teras rumah Shila Pavilion

Perpaduan bahan kayu, bebatuan, dan tanaman – tanaman yang indah akan memanjakan mata. Ditambah dengan skylight yang menyejukkan mampu membuat Anda merasa nyaman untuk duduk di teras kapanpun, baik pagi, sore bahkan siang! Cek mewahnya Shila Pavilion di sini!

Demikianlah daftar motif dan model lantai teras rumah sebagai pilihan untuk Anda. Dengan kombinasi yang tepat antara motif dan model keramik lantai, teras rumah modern dapat menjadi pusat perhatian yang memikat dan memperkaya pengalaman tinggal bagi setiap penghuni rumah.

Author Profile

Muhammad Fikri
Sarjana teknologi yang menyukai menulis & travelling. Mempelajari secara mendalam tentang perkembangan teknologi dan sistem informasi.