Atap rumah tidak hanya berfungsi untuk melindungi penghuni dari panas terik dan air hujan saja. Tetapi juga bisa menjadi fitur arsitektural yang bisa menambah nilai visual rumah Anda. Ada banyak model atap rumah memanjang yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Sebab, atap adalah hal pertama yang sering kali dilihat oleh orang lain dari sebuah rumah. Selain pagar dan warna cat dinding, tentunya. Tapi tenang saja, Anda bisa mengintip beberapa model atap rumah yang ada di artikel ini. Siapa tahu ada yang cocok dengan gaya Anda. Selengkapnya di bawah ini, ya!

Ide Model Atap Rumah Memanjang Kekinian

Terlepas dari apakah Anda sedang merancang sebuah rumah dengan gaya kontemporer, minimalis, atau sedang merenovasi gaya tradisional menjadi modern, Anda tetap harus memperhatikan fungsi visual dari sebuah atap rumah. Tampilan yang mencolok dan kuat bisa meninggalkan kesan pada orang-orang yang melihatnya.

Jika Anda ingin menarik perhatian sebanyak mungkin pada desain eksterior rumah, maka berikut beberapa ide model atap rumah memanjang kekinian yang bisa Anda contoh. Di antaranya adalah:

Model Atap Rumah Memanjang Ala Pertanian yang Klasik

Model Atap Rumah Memanjang Ala Pertanian yang Klasik

Ide desain model atap rumah memanjang yang pertama adalah ala rumah pertanian klasik di negara Amerika dan Eropa. Genteng berwarna terakota tersebut dipasang memanjang dengan model cross hipped roof. Kesan klasiknya diperkuat dengan deretan batu bata merah yang menghiasi seluruh dinding rumah. Kesan modern bisa terlihat dari penggunaan jendela kaca yang besar di beberapa area dinding. Hal ini bisa membuat sinar matahari masuk dengan maksimal ke dalam rumah.

A Butterfly Roof

A Butterfly Roof

Dinamakan demikian karena atap panjangnya dibuat seperti sayap kupu-kupu yang sedang menekuk. Ciri khas dari atap ini adalah bentuknya tidak simetris. Tujuan dari penggunaan jenis atap ini adalah agar salah satu sisi rumah yang panjang masih bisa mendapatkan manfaat sinar matahari dan untuk memaksimalkan pemandangan.

Atap Memanjang yang Terbelah

Atap Memanjang yang Terbelah

Atap rumahnya memang dibuat memanjang, tapi rupanya arsitektur ingin menambahkan kesan unik sehingga membuatnya menjadi dua bagian atap mono pitch dan membentuk sudut yang kuat. Meskipun terbelah, masing-masing dari atap ini memanjang ke belakang. Desain ini cocok dipadukan dengan material dari alam. Seperti material kayu, palet warna earth tone atau netral, dan juga aksen alami dari pepohonan yang berada di sekitarnya.

Atap Origami

Atap Origami

Rumah dengan konsep kontemporer mungkin cocok dengan model atap rumah memanjang yang satu ini. Dibalut dengan warna putih yang dominan, batu alam untuk pembatas rumah, serta kayu pada dinding rumah, memberikan kesan keindahan alam yang hangat. Flat roof dibuat menyerupai desain origami dengan kemiringan yang bervariasi di setiap sudut untuk menampilkan bentuk dinamis di sepanjang garis rumah.

Model Atap Melengkung

Model Atap Melengkung

Jika Anda menginginkan model atap rumah memanjang yang unik, mungkin bisa mencoba desain yang satu ini. Sebenarnya, model atap melengkung ini biasa digunakan oleh lumbung pertanian. Namun Anda bisa membuatnya dengan gaya sendiri agar terlihat lebih modern. Hal yang harus Anda lakukan adalah memperhalus garis-garis tegas pada rumah untuk membuatnya mirip dengan hunian modern. Jika fasad lumbung pertanian terbuat dari kayu, Anda bisa membuatnya dari beton dan mengecatnya sesuai dengan selera.

Model Atap Rumah Memanjang Ala Modern Jepang

Model Atap Rumah Memanjang Ala Modern Jepang

Seorang arsitek bernama Yuji Tanabe, membuat rumah dengan model atap memanjang yang modern. Selain bentuk rumahnya yang memanjang ke belakang, hampir seluruh rumahnya dipasangi jendela kaca. Tujuannya agar sinar matahari bisa masuk dengan maksimal. Jika dilihat dari fasadnya, rumah ini menyerupai bentuk kapal dengan dua lantai. Dengan konsep terbuka dan mendekat ke alam, rumah ini cocok untuk Anda yang menginginkan rumah dengan penuh ketenangan, kenyamanan, dan kesegaran dari alam.

The Parapet Roof

The Parapet Roof

The parapet roof merupakan perpaduan antara atap datar dengan atap miring yang tersembunyi di balik dinding tembok pembatas. Sekilas kalau dilihat dari depan memang atapnya rata, tapi ternyata ada kemiringan tertentu. Jika ingin mencontoh desain ini, disarankan untuk membuat sudut kemiringan atap yang lebih curam agar air tidak masuk ke dalam saat sedang hujan lebat. Jangan lupa juga untuk menempatkan talang kotak khusus untuk menampung air hujan yang mengalir.

The Green Roof

The Green Roof

Di atas atap rumah yang panjang ini, ada area khusus yang merupakan perpaduan antara vegetasi dan atap rumah. Dinamakan green roof, karena area ini bisa membawa tanaman favorit Anda ke ruang yang lebih tinggi. Salah satu kelemahan dari flat roof adalah rentan dengan kebocoran karena bidangnya yang datar dan tidak ada kemiringan. Jadi ada baiknya jika Anda menambahkan lapisan kedap air pada beton.

Atap Panjang Di Rumah Kabin

Atap Panjang Di Rumah Kabin

Salah satu desain model atap rumah memanjang yang paling banyak digunakan adalah rumah kabin. Memang karena bentuk rumahnya sendiri yang memanjang, model atap front gable ini juga mudah diaplikasikan. Model atap ini dibuat sejajar dengan pintu masuk rumah. Dulu, beberapa rumah bergaya kolonial menggunakan desain ini. Tetapi sekarang sudah banyak hunian modern yang menggunakan atap pelana depan atau front gable.

Model Atap Rumah Memanjang Gabled Roof Klasik

Model Atap Rumah Memanjang Gabled Roof Klasik

Satu lagi desain gabled roof tapi dengan gaya arsitektur Eropa klasik. Seperti terlihat pada gambar, arsitektur menggunakan atap runcing yang memanjang dari sebuah rumah dua lantai. Sebenarnya, gaya fasad rumah ini seperti rumah klasik Eropa pada zaman dulu. Namun warna abu-abu dan metalik-nya memberikan kesan modern yang sempurna.

Demikian beberapa ide desain model atap rumah memanjang yang bisa menginspirasi Anda. Atap ini dibuat memanjang juga karena bentuk bangunan rumahnya yang memanjang. Baik itu ke samping maupun ke belakang. Atap memanjang juga tidak selamanya terlihat kuno, tetapi juga bisa terlihat modern dengan desain yang tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.