Menjaga area dapur Anda tetap bersih dan teratur memang bukan tugas yang mudah, terlebih jika Anda adalah orang yang sangat sibuk. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih? Sesibuk apapun Anda, cara ini bisa membuat kegiatan masak memasak di dapur menjadi menyenangkan dan tentunya nyaman.

Meskipun tidak dapat dihindari jika terkadang saat memasak dapur menjadi berantakan dan kotor. Bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya menjadi tempat yang nyaman untuk digunakan. Kali ini, kami akan membagikan beberapa cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih yang bisa Anda ikuti. Penasaran? Simak terus penjelasannya sampai habis di bawah ini, ya!

Tips dan Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih

Memasak di dapur yang kotor dan berantakan, bisa membuat mood menjadi tidak karuan. Lebih buruk lagi, hal ini bisa menguras energi Anda. Jadi, dengan kata lain area masak ini harus selalu dalam keadaan bersih dan teratur. Sebagai salah satu ruangan yang paling banyak bekerja di rumah dan tempat dimana kekacauan paling sering terjadi, prinsip dapur bersih harus dipegang teguh,

Berikut beberapa tips dan cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih. Di antaranya:

Prinsip Clean As You Go

Hal yang pertama kali Anda lakukan adalah menerapkan prinsip clean as you go. Prinsip ini mengharuskan Anda untuk membersihkan sambil melakukan kegiatan masak. Tujuannya adalah untuk menjaga agar dapur tetap bersih. Contohnya adalah ketika Anda selesai menggunakan bumbu-bumbu masak, langsung kembalikan lagi ke raknya. Atau sambil nunggu masakan matang yang bisa ditinggal, Anda bisa mencuci beberapa peralatan masak kotor lainnya.

Jangan Pernah Meletakkan Peralatan Kotor Di Atas Meja

Jangan membuat kekacauan yang tidak perlu. Misalnya dengan meletakkan peralatan kotor di atas meja. Sebaiknya, gunakanlah piring kecil atau alas kecil untuk meletakkan peralatan masak yang Anda gunakan agar tidak mengotori meja. Jika sudah terlanjur kotor, jangan lupa untuk segera membersihkannya agar tidak menumpuk pekerjaan.

Langsung Cuci Alat Masak Setelah Digunakan

Sebaiknya, Anda langsung segera mencuci alat masak setelah digunakan agar tidak menumpuk. Terutama pisau dan talenan. Atau alat masak lainnya yang memerlukan waktu lama untuk dicuci. Misalnya parutan dan saringan. Jadi Anda tidak perlu repot-repot menggosok sisa makanan yang sudah mengering dan menempel di alat-alat tersebut.

Buat Zona Konter Dapur untuk Aktivitas Tertentu

Cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih selanjutnya adalah dengan membuat zona konter dapur untuk aktivitas tertentu. Hal ini bermaksud untuk mencegah semua area dapur menjadi kotor. Ketika Anda hanya menggunakan area untuk menanak nasi di rice cooker, maka Anda hanya perlu membersihkan area tersebut. Lalu ketika Anda hanya menggunakan konter untuk memotong-motong buah, Anda juga hanya perlu merapikan kembali konter tersebut dan area sekitar sink.

Atur Kabinet Di Bawah Sink

Tentunya Anda memiliki beberapa persediaan sabun cuci piring dan produk pembersih lainnya, bukan? Nah, Anda bisa menyimpannya di dalam kabinet di bawah sink. Cara menata agar dapur terlihat rapi dan bersih ini bisa membantu menjaga barang agar tetap terorganisir. Sehingga bisa mempermudah Anda untuk mengambil apa yang dibutuhkan dalam waktu cepat.

Cuci Tumpukan Piring Kotor Sebelum Menumpuk

Biasanya, kita menunggu tumpukan piring kotor banyak baru dicuci. Padahal, langkah ini bisa membuat area dapur terlihat kotor, lho. Tipsnya adalah dengan segera mencuci piring-piring tersebut sebelum menumpuk. Terutama ketika Anda selesai masak yang pastinya menggunakan banyak wadah untuk menaruh bahan masakan. Cucilah segera setelah selesai digunakan, dan usahakan agar sink selalu dalam keadaan kosong dan kering.

Letakkan Hanya Barang-barang Tertentu Di Atas Konter

Salah satu kebiasaan buruk orang Indonesia adalah suka menumpuk barang pada satu area. Faktanya, hal ini bisa membuat ruangan terlihat sesak dan cenderung menimbulkan kekacauan. Terutama untuk area dapur. Maka dari itu, ada baiknya untuk meletakkan barang-barang tertentu saja. Misalnya seperti rice cooker, rak piring, atau barang lainnya yang sering digunakan. Sisanya bisa Anda simpan di dalam lemari kabinet untuk menjaga agar tetap rapi.

Jangan Biarkan Lemari Anda Penuh

Percayalah bahwa lemari yang penuh dan sesak sangat tidak menyenangkan. Terutama ketika Anda ingin mencari barang tertentu yang ternyata mengharuskan Anda membongkar semua isinya. Coba periksa lemari kabinet Anda sekarang. Cukup simpan beberapa barang yang memang dibutuhkan dan digunakan di dapur saja. Jika perlu, gunakan kitchen organizer agar lebih teratur dan bisa memudahkan Anda dalam mengambil barang.

Bersihkan Kulkas Anda Secara Berkala

Membersihkan kulkas secara berkala merupakan salah satu cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih. Sebab di dalam mesin elektronik inilah Anda menyimpan bahan makanan dan lainnya. Anda juga harus memeriksa jika ada bahan makanan dan produk yang sudah basi atau kadaluarsa sebelum meninggalkan jejak dan menciptakan bau yang tidak sedap. Dengan begitu Anda juga bisa meminimalisir pertumbuhan bakteri dan jamur di makanan.

Bersihkan dan Desinfeksi Sink Secara Teratur

Mungkin cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih yang satu ini belum dilakukan oleh semua orang. Padahal sink yang kotor bisa membuat dapur terlihat kotor juga. Oleh karena itu, Anda harus rajin menggosoknya setiap malam sebelum menutup dapur. Lalu semprotkan cairan desinfektan untuk mencegah perkembangan bakteri dan kuman.

Beri Label Pada Semua Barang yang Ada Di Dapur

Berikutnya, Anda bisa memberi label pada semua barang ada di dapur. Bisa ditempel di lemari kabinet, di kulkas, atau beberapa tempat penyimpanan lainnya. Selain untuk memudahkan Anda dalam mengambil barang, Anda juga bisa menjaga barang tersebut selalu kembali ke tempatnya setelah selesai digunakan. Cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih ini dijamin bisa menjaga kewarasan para ibu rumah tangga.

Lakukan Kegiatan “Tutup” Dapur

Kegiatan “tutup” dapur yang dimaksud adalah membersihkan seluruh area sebelum tidur. Contohnya dengan membuang sampah, membersihkan sink, mengelap konter, menyapu dan mengepel lantai, menaruh makanan yang tidak habis ke dalam kulkas, dan lainnya. Pastikan dapur selalu dalam keadaan bersih dan bebas dari makanan yang ada di luar sebelum Anda tidur. Dengan begitu Anda bisa mencegah adanya tamu tak diundang pada malam hari ketika sedang terlelap.

Jadikan Rutinitas dan Lakukan Secara Teratur

Satu lagi cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih adalah dengan menjadikannya sebagai rutinitas dan lakukan secara teratur. Mencuci piring sebelum menumpuk, membersihkan meja makan setelah selesai makan, membuang sisa makanan langsung ke tempat sampah, hingga menutup dapur sebelum tidur. Anda bisa melakukan deep cleaning dapur setiap satu minggu sekali.

Itulah beberapa tips dan cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih yang bisa Anda ikuti. Dapur yang bersih dan rapi bisa membuat kegiatan masak menjadi nyaman dan menyenangkan. Hal ini juga bisa meminimalisir adanya bakteri, kuman, dan jamur yang tumbuh. Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.