Dalam beberapa tahun terakhir, membawa kenyamanan dari dalam ke luar ruangan telah menjadi tren. Termasuk membuat teras tertutup untuk ruang tamu. Suasana santai di luar rumah, bisa membuat semua orang merasa nyaman dan betah. 

Terlepas dari apakah Anda memiliki area kosong yang lebih atau area terbatas di rumah, teras tertutup untuk ruang tamu bisa menjadi solusi yang dibutuhkan semua penghuni rumah. Seperti apa desainnya? Selengkapnya ada di artikel bawah ini.

Desain Teras Tertutup untuk Ruang Tamu

Sebelum Anda membuat ruang tamu di luar ruangan, pastikan Anda memiliki penutupnya untuk melindungi semua dekorasi dan orang-orang yang ada. Sehingga siapapun bisa menikmati waktunya tanpa harus terganggu oleh hujan atau teriknya sinar matahari.

Dapatkan inspirasi desain teras tertutup untuk ruang tamu yang bisa Anda buat di rumah seperti di bawah ini. Di antaranya adalah:

1. Teras Lesehan Di Dekat Kolam

model lantai teras depan rumah

Ruang tamu tidak selalu identik dengan sofa. Duduk lesehan secara outdoor di dekat taman dan kolam ikan menjadikan suasana ruang tamu lebih nyaman. Desain teras dari project Verdant by Shila at Sawangan ini memberikan nuansa alam yang nyaman dengan lesehan pada kayu dan batu alam di sebelahnya. Suara gemericik air membuat ngobrol di teras ini menjadi lebih santai. Cek project ini selengkapnya di sini.

2. Teras Tertutup untuk Ruang Tamu Full Kayu

Teras Tertutup untuk Ruang Tamu Full Kayu

Desain pertama teras tertutup untuk ruang tamu menggunakan material kayu. Baik untuk atap, dinding, dan juga tiang penyangganya. Tambahkan tanaman merambat di setiap tiang untuk memperkuat kesan nature-nya. Untuk menyesuaikan tema, gunakan dekorasi dan perabotan yang terbuat dari kayu atau anyaman rotan. Lantainya bisa menggunakan panel kayu atau keramik marmer dengan motif menyerupai batu alam.

3. Tertutup Tanaman

Tertutup Tanaman

Desain yang tampak pada gambar menyerupai ruang tamu yang dikelilingi oleh tanaman merambat di sekitarnya. Tidak hanya itu, arsitek yang mendesainnya juga menambahkan sentuhan kebun sayur kecil di sekitar ruang tamu. Agar suasana lebih terasa seperti di kebun, tambahkan kursi yang terbuat dari anyaman rotan atau anyaman besi. Tempat ini cocok untuk menikmati teh di sore hari atau bersantai sejenak setelah memanen hasil kebun.

4. Landscape Frontyard

Landscape Frontyard

Jika sebelumnya dikelilingi tanaman merambat, desain teras tertutup untuk ruang tamu berikut ini memiliki konsep landscape frontyard atau oasis. Dimana teras sepenuhnya ditutupi oleh banyak tanaman. Baik itu tanaman hijau atau bunga yang cantik. Lebih baik lagi apabila di tengah-tengah tanaman ada kolam ikan kecil. Suara kucuran air dari kolam akan menambah syahdu suasana sore hari Anda.

5. Ruang Tamu di Teras Belakang

Ruang Tamu di Teras Belakang

Menerima tamu juga bisa dilakukan di teras belakang rumah, lho. Apalagi jika jumlahnya banyak. Jadikan teras belakang rumah Anda menjadi ruang tamu yang asyik untuk berkumpul. Tambahkan kursi gantung dan soda berbentuk letter L. Ruang tamu ini tertutup dengan adanya tembok pembatas belakang rumah, namun disaat yang bersamaan juga terbuka karena berada di teras belakang.

6. Dinding Kayu dan Lantai Batu

Dinding Kayu dan Lantai Batu

Perpaduan dinding kayu dan lantai batu untuk ruang tamu di teras yang tertutup menjadi perpaduan yang sempurna dengan tekstur alaminya. Tambahkan perabotan dan dekorasi warna-warni agar terlihat ceria dan kontras. Gunakan warna biru, merah, kuning, coklat muda, atau hijau untuk menghidupkan suasana.

7. Teras Tertutup untuk Ruang Tamu dengan Gaya Klasik

Teras Tertutup untuk Ruang Tamu dengan Gaya Klasik

Kelebihan dari memiliki teras yang tertutup adalah terjaganya privasi. Untuk membuat suasana menjadi sejuk dan segar, manfaatkan bukaan teras yang melengkung. Desain arched-top ini cocok sekali untuk Anda yang menyukai gaya klasik. Tambahkan tirai gorden untuk menutupi teriknya sinar matahari.

8. Ruang Tamu yang Nyaman

Ruang Tamu yang Nyaman

Membawa ruang tamu ke area luar bukan berarti berubah menjadi tidak nyaman. Justru, Anda bisa membawa semua yang ada di ruang tamu keluar. Seperti sofa yang nyaman, meja kopi, lampu lantai, dekorasi lainnya, hingga kipas angin yang dipasang di langit-langit. Jadikan teras tertutup untuk ruang tamu ini tempat ternyaman untuk menjamu tamu.

9. Teras Tertutup untuk Ruang Tamu Ala Farmhouse

Teras Tertutup untuk Ruang Tamu Ala Farmhouse

Ciri utama dari desain ini adalah perpaduan kaca dan material kayu yang digunakan untuk tiang penyangga serta atapnya. Teras tertutup untuk ruang tamu ini menggabungkan dunia dari dalam dan luar ruangan menjadi satu. Batu alam pilihan menghiasi lantai ruang tamu ini. Kehangatan akan terasa ketika sinar matahari terpancar dari kaca-kaca yang ada di bagian atas.

10. Atap Tenda Bergaris

Atap Tenda Bergaris

Jika bagian teras rumah Anda tidak memiliki atap yang cukup untuk menutupi ruang tamu, cobalah menggunakan atap tenda. Atap dengan gaya klasik ini akan cocok dengan segala gaya rumah. Apabila warna cat dinding teras rumah Anda putih, gunakan atap tenda bergaris dengan warna monokrom. Warna ini akan mengeluarkan kesan klasik, kasual, dan minimalis dari rumah Anda. Tambahkan dekorasi dan perabotan sederhana yang terlihat modern dengan warna yang senada.

11. Ruang Tamu Konsep Rustic

Ruang Tamu Konsep Rustic

Seperti yang kita ketahui, konsep rustic menggunakan material full kayu. Perbedaan dengan desain-desain lainnya adalah suasana yang dibuatnya. Rustic menggambarkan suasana seperti rumah-rumah yang berada di pedesaan atau peternakan Eropa. Semua dekorasi dan perabotan yang digunakan pun menggunakan konsep yang sama untuk mendapatkan kesan country.

Hanya saja jika Anda ingin menggunakan konsep ini, pastikan fasad rumah Anda juga memiliki konsep yang serupa. Tujuannya adalah untuk menghindari beda gaya atau jomplang.

Itulah beberapa desain teras tertutup untuk ruang tamu rumah yang bisa Anda buat. Ketika Anda hendak membuat ruang tamu dengan salah satu konsep di atas, pastikan Anda memperhatikan dua hal. Yaitu fungsi dan visual.

Pastikan area yang digunakan benar-benar berfungsi untuk ruang tamu yang bisa melindungi Anda dan tamu dari hujan atau sinar matahari. Untuk membuat visual yang cantik, Anda bisa menambahkan tanaman, dekorasi warna-warni, atau perabotan unik dan modern.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.