Pengaplikasian wall moulding sebagai dekorasi rumah kini kian populer. Jika Anda perhatikan, rumah-rumah dengan konsep minimalis dan kontemporer banyak menggunakan desain ini untuk mempercantik tampilan ruangan. Salah satu kelebihannya adalah mudah beradaptasi dengan segala jenis warna ruangan.

Penasaran seperti apa inspirasi wall moulding yang menarik? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini, ya!

Apa itu Wall Moulding?

Sebelumnya, apakah Anda sudah mengetahui arti dari istilah yang akan kita bahas kali ini? Pada dasarnya, wall moulding merupakan bentuk dekorasi yang ditempelkan di dinding untuk melengkapi estetika desain interior rumah. Ciri khasnya adalah dengan menonjolkan bagian dinding tertentu saja.

Kelebihan lainnya dari wall moulding adalah bisa digunakan di semua jenis ruangan. Seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan area lainnya. Lalu pengaplikasiannya juga tidak membutuhkan banyak ruang.Sebab dekorasi ini hanya ditempelkan di dinding. Jadi Anda bisa menambahkan dekorasi dan perabotan rumah lainnya.

Lebih baik lagi, wall moulding bisa menutupi kerusakan pada dinding. Dengan kata lain, dekorasi ini bisa menjadi solusi murah untuk mengembalikan keindahan dinding rumah Anda.

Lalu, apa saja contoh desain wall moulding yang bisa menjadi inspirasi?

Contoh Desain Wall Moulding

Selain membuat tampilan rumah terlihat rapi dan cantik, penggunaan wall moulding bisa menambah kesan estetika di rumah Anda. Saat ini ada banyak desain yang bisa menjadi inspirasi Anda jika ingin menerapkan dekorasi tembok ini. Seperti:

1. Desain Dot Unik Dengan Lampu

Dinding Ruang Tamu

Salah satu desain wall moulding ruang tamu by Shila at Sawangan ini sangat menarik untuk ditiru. Tampilan minimalis dengan sofa & meja kecil menjadi lebih elegan dengan wall moulding bentuk titik – titik kecil yang bisa dipadukan dengan pajangan dan juga cermin atau lukisan.

Desain kayu di belakang kursi bisa dibuat dengan bahan PVC atau sejenisnya, dan dapat ditambahkan lampu untuk membuat tampilan malam lebih estetik. Untuk explore lebih lanjut tentang desain produk Tudor, Anda bisa lihat selengkapnya di sini.

2. Wall Moulding ala Hotel Mewah

Ala Hotel Berbintang

Wall moulding yang satu ii sangat umum ada di hotel mewah dan sedang tren. Konsep ini menggabungkan desain abstrak dan desain klasik pada dinding. Sangat cocok dan elegan jika dipasang di kamar dekat kasur utama.

3. Wall Moulding Asimetris

Wall Moulding Asimetris

Motif asimetris bisa menjadi pilihan alternatif ketika Anda sudah merasa bosan dengan motif yang itu-itu saja. Kelebihan dari motif ini adalah Anda bisa menggunakan semua area dinding dan mengatur garisnya sesuai selera. Kuncinya hanya satu, yaitu kreativitas untuk membuat tampilannya terlihat menarik.

4. Dekorasi Wainscoting

Dekorasi Wainscoting

Dekorasi wainscoting merupakan salah satu contoh desain wall moulding yang sudah ada sejak lama. Ciri khas dari dekorasi ini adalah hanya dipasang di sepertiga area dinding. Biasanya dekorasi ini ditempel di area bawah dinding, sejajar dengan tinggi sofa. Kemudian sisa area dinding lainnya dibiarkan polos dengan warna cat pilihan.

5. Motif Shiplap

Motif Shiplap

Sesuai namanya, motif shiplap dibuat seperti dinding kapal laut. Desain seperti kayu-kayu panjang yang dipasang dengan paku. Awalnya, penggunaan motif ini ditujukan untuk bagian luar rumah. Tapi semenjak dekorasi cetakan dinding menjadi populer, motif ini juga digunakan untuk bagian dalam rumah.

6. Garis Zig Zag

Garis Zig Zag

Penerapan garis zig zag pada dekorasi tembok bisa menonjolkan kesan kasual, dinamis, dan unik. Dekorasi ini cocok untuk Anda yang tidak menyukai motif biasa dan menginginkan motif unik. Untuk menambah kesan minimalis, Anda bisa menggunakan warna netral, pastel, atau earth tone.

7. Pola Bingkai Foto

Pola Bingkai Foto

Jika Anda memiliki satu area dinding yang panjang dan bingung mau dihias apa, Anda bisa menggunakan pola bingkai foto. Seperti namanya, Anda memasang empat pola potongan trim yang masing-masing berukuran 2,5 sampai 5 cm. Tempelkan dekorasi ini dari bagian atas dinding sampai ke bagian tengah atau sepertiga dari bawah dinding. Setelah selesai, Anda bisa menggantungkan beberapa foto atau lukisan untuk menghias dinding.

8. Sisik Ikan di Dinding Rumah

Sisik Ikan di Dinding Rumah

Ingin contoh desain wall moulding yang unik? Anda bisa mencoba pola sisik ikan. Hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin menggunakan pola ini adalah hanya menempelkannya di sepertiga area dinding saja. Baik itu di bagian kanan atau kiri dinding. Tujuannya agar bisa menonjolkan dekorasi unik ini. Untuk mempercantik ruangan, Anda bisa menggunakan dekorasi atau furniture dengan warna cerah yang senada.

9. Wall Moulding Abstrak

Berada Dalam Satu Ruangan Panjang

Bagi Anda yang memiliki jiwa seni tinggi, contoh desain wall moulding abstrak sepertinya bisa menjadi pilihan alternatif. Kelebihan dari motif abstrak ini, Anda bisa bebas mengkreasikan polanya. Sehingga nantinya bisa membentuk sebuah karya seni yang estetik dan unik.

Baca Juga : Inspirasi Dinding Ruang Tamu Elegan Untuk Rumah Minimalis

10. Setengah Dinding

wall moulding setengah dinding

Sebenarnya, dekorasi setengah dinding ini adalah gaya klasik yang umum digunakan di rumah-rumah. Sama seperti pemasangan dengan desain wainscoting. Hanya saja, cetakan dinding ini menutupi setengah areanya. Anda bisa memasangnya di bagian bawah atau atas. Gunakan cat berwarna putih atau cream untuk membuat ruangan terlihat luas.

11. Minimalis dengan Sentuhan Kayu

wall moulding minimalis dengan sentuhan kayu

Anda juga bisa menggunakan material kayu sebagai bahan wall moulding. Kesan yang ditonjolkan adalah homey, hangat, dan artistik. Anda bisa memasangnya di semua area dinding atau hanya di bagian kanan dan kirinya saja. Penambahan dekorasi seperti lukisan, pot bunga, dan standing lamp bisa mempercantik ruangan.

12. Desain Berlian

Desain Berlian

Rumah minimalis Anda bisa terlihat cantik dan modern dengan desain berlian. Bukan berarti Anda harus menempelkan berlian di dinding, ya. Tapi bikin dekorasi cetakan dinding dengan motif berlian. Seperti contoh gambar di atas, ya! Agar ruangan terlihat lebih luas, ada baiknya jika Anda memberikan jarak yang lebar di antara motif.

13. Percantik dengan Sentuhan Kaca

Percantik dengan Sentuhan Kaca

Pemasangan kaca di area dinding juga kini sedang populer. Nah, Anda juga bisa menggabungkan wall moulding dengan kaca. Tahukah Anda bahwa, ilusi optik yang diciptakan dari kaca bisa membuat ruangan terlihat luas? Oleh karena itu, Anda harus menempatkan posisi kaca dengan pas.

14. Vintage and Classy

Vintage and Classy

Selanjutnya ada desain vintage and classy. Konsep ini menggabungkan gaya abstrak dengan asimetris, yang dicat dengan warna gelap seperti hitam atau dark grey. Desain ini bisa memberikan sentuhan klasik dan sekaligus memberikan kesan sejuk di dalam ruangan. Cocok digunakan untuk rumah dengan konsep minimalis dan klasik.

15. Crown and Baseboard Moulding

Crown and Baseboard Moulding

Satu lagi contoh desain wall moulding yang bisa menginspirasi, yaitu crown and baseboard. Ciri khas dari desain ini adalah ditempel pada bagian langit-langit dan bawah dinding dekat lantai. Jadi di tengah-tengah dinding kosong, tidak diberi cetakan apapun. Tujuan dari desain ini adalah untuk menutupi bagian-bagian yang sudah retak, tidak rata, atau warna cat yang sudah pudar di area langit-langit dan bawah dinding. Cetakan ini juga bisa melindungi dinding dari kerusakan yang disebabkan oleh air atau hal lainnya.

Itulah beberapa contoh desain wall moulding yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Semua desainnya terlihat unik, berbeda dari yang lain, dan tentunya juga estetik. Desain mana yang paling Anda suka? Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.