Area dapur memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah tempat tinggal. Selain berfungsi sebagai ruang untuk memasak, biasanya dapur juga berfungsi sebagai tempat untuk menyantap hidangan bersama keluarga. Oleh karena itu, penting bagi dapur untuk memiliki tata letak dan desain yang nyaman. Salah satu cara untuk meningkatkan keindahan dapur adalah dengan memilih jenis keramik lantai dapur yang menarik dan sesuai dengan estetika interior dapur.

Pemilihan lantai dapur yang tepat memegang peranan penting dalam mewujudkan keharmonisan rumah secara keseluruhan. Sebagai fondasi utama, lantai dapur tidak hanya harus estetis, tetapi juga harus tahan terhadap berbagai tantangan seperti kelembaban, noda, dan keausan akibat aktivitas memasak sehari-hari. Dengan memilih lantai yang sesuai, tidak hanya akan menambah nilai estetika rumah, tetapi juga memastikan kepraktisan dan kenyamanan dalam penggunaannya sehari-hari.

Rekomendasi Motif Lantai Keramik untuk Dapur

1. Area Dapur dengan Lantai Granit

Area Dapur dengan Lantai Granit

Area dapur dengan lantai granit yang menyatu dengan ruang keluarga adalah konsep rumah minimalis yang kekinian. Dengan lantai granit yang tidak licin, area dapur dan area ruang tengah bisa disatukan dengan estetika dan fungsi yang sesuai.

Contohnya adalah project Verdant Shila at Sawangan pada gambar di atas. Tertarik untuk melihat konsep rumahnya? Yuk ikuti tour virtual project Verdant di sini!

2. Motif Lantai Batu Alam

Dapur dengan nuansa tradisional akan cocok ditemani oleh lantai keramik yang kasar dengan motif batu alam. Motif ini memberikan kesan natural yang menyejukkan. Kombinasikan dengan banyak furnitur atau dinding berwarna putih, maka dapur anda akan terlihat nyaman namun tetap elegan.

Saat memilih keramik batu alam, disarankan untuk memilih finishing yang sesuai, seperti finishing tumbled. Permukaan keramik batu alam ini memiliki tekstur yang alami dan tidak licin karena dibuat dengan bekas pahatan, sehingga memberikan daya cengkram yang baik saat digunakan.

3. Motif Kayu

lantai keramik dapur Motif Kayu

Lantai dapur yang terbuat dari keramik juga bisa menggunakan material dasar kayu. Pemakaian kayu pada lantai dapur mampu menciptakan suasana yang segar dan menenangkan, cocok digunakan untuk rumah berkonsep minimalis dan Japandi.

Namun, perawatan yang teliti dibutuhkan untuk mencegah kerusakan dan keropos. Salah satu alternatif yang sering digunakan adalah lantai vinyl. Anda dapat membersihkan lantai ini dengan menggunakan vacuum cleaner saja.

4. Motif Keramik Geometri

lantai keramik dapur Motif Keramik Geometri

Keramik motif geometri adalah jenis keramik yang menampilkan beragam pola bentuk dan ukuran, seperti segitiga, jajar genjang, atau belah ketupat, yang disusun secara teratur untuk melapisi seluruh lantai dapur.

Motif ini sedang populer belakangan ini karena memberikan kesan artistik yang khas. Penggunaan keramik dengan motif seperti ini dapat menambah kesan elegan dan kemewahan pada ruangan.

5. Motif Keramik Matte Hitam

lantai keramik dapur Motif Keramik Matte Hitam

Keramik dengan finishing matte yang umumnya dipakai untuk kamar mandi juga sesuai untuk digunakan di dapur Anda. Gaya matte ini sangat cocok untuk dapur yang memiliki sentuhan industrial. Kombinasikan dengan kitchen set berwarna hitam atau aluminium untuk menambahkan kesan industrial yang lebih kuat.

6. Motif Keramik Kerikil

lantai keramik dapur Motif Keramik Kerikil

Keramik yang memiliki motif kerikil terkenal akan sifatnya yang tidak licin. Anda bisa mengaplikasikan keramik dengan motif kerikil timbul di area dapur Anda untuk mencegah kemungkinan licin. Meskipun demikian, disarankan untuk tidak menggunakan keramik jenis ini untuk seluruh lantai dapur, melainkan gunakan sebagai aksen yang dikombinasikan dengan keramik lainnya.

7. Motif Lantai Semen

lantai keramik dapur Motif Lantai Semen

Untuk rumah dengan desain industrial minimalis, menggunakan keramik yang menyerupai tekstur semen kasar dapat menjadi pilihan. Pilihan ini dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan elegan, sesuai dengan konsep dapur yang digunakan. Memadukannya dengan furniture dan meja dapur bergaya modern juga dapat mematangkan konsep dapur anda.

8. Motif Terrazzo

lantai keramik dapur Motif Terrazzo

Motif Terrazzo adalah gaya lantai keramik yang kaya akan corak abstrak dan palet warna yang beragam. Biasanya, motif ini dibuat dari campuran sisa-sisa keramik, pecahan marmer, dan batu alam yang dicampur dengan semen putih untuk menciptakan lantai keramik yang baru dengan keindahan yang memikat. Tidak hanya nyaman dipijak, keberagaman warna yang cerah pada lantai Terrazzo cocok untuk meningkatkan suasana hati Anda saat berada di dapur. Gunakan pula motif keramik serupa pada backsplash atau counter top apabila ingin matching.

9. Motif Paving

lantai keramik dapur Motif Paving

Susunan bata merah yang membentuk motif paving jalan, seperti lingkaran, diamond, atau motif bunga, ternyata dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk lantai dapur di rumah. Umumnya, lantai dengan motif seperti ini lebih sesuai untuk dapur yang memiliki tema outdoor.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Lantai Dapur?

Sebelum memilih ragam motif lantai yang ciamik untuk dapur, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips dalam memilih lantai dapur yang sesuai.

  1. Tahan Air: Pilihlah material lantai yang tahan terhadap air dan kelembapan, seperti keramik, porselen, atau vinyl. Material yang tahan air akan mengurangi risiko kerusakan akibat tumpahan cairan di dapur.
  2. Daya Tahan: Pastikan lantai yang dipilih memiliki daya tahan yang cukup untuk menahan aktivitas sehari-hari di dapur, termasuk pergerakan orang, peralatan dapur yang berat, serta tumpahan minyak dan goresan.
  3. Mudah Dibersihkan: Pilihlah lantai yang mudah dibersihkan dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Material yang non-poros dan mudah di lap seperti keramik atau vinyl dapat menjadi pilihan yang baik.
  4. Anti-Selip: Untuk mencegah kecelakaan, pastikan lantai dapur memiliki tekstur yang cukup untuk memberikan daya cengkeram, terutama saat lantai basah. Lantai dengan permukaan kasar harusnya menjadi pilihan dalam memilih keramik untuk area dapur. Karena dengan permukaan lantai yang kasar, penghuni rumah tidak akan khawatir tergelincir meski berjalan di area dapur dalam keadaan basah. Banyak orang tidak memperhatikan hal ini karena kondisi dapur yang menyatu dengan ruangan lain.
  5. Estetika: Sesuaikan pilihan lantai dengan desain dan gaya interior dapur yang digunakan. Pertimbangkan warna, pola, dan tekstur yang cocok dengan keseluruhan estetika ruangan.
  6. Anggaran: Tentukan anggaran yang sesuai untuk pemilihan lantai dapur. Berbagai jenis material memiliki harga yang bervariasi, jadi pastikan untuk memilih yang sesuai dengan anggaran yang ada.
  7. Konsultasi Profesional: Jika merasa kesulitan dalam memilih lantai dapur yang tepat, konsultasikan dengan profesional atau ahli desain interior untuk mendapatkan saran yang lebih terperinci.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, anda dapat memilih lantai dapur yang tidak hanya estetis tetapi juga praktis dan fungsional untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan demikian informasi dan rekomendasi seputar lantai dapur, pemilihan lantai dapur yang tepat bukan hanya sekedar keputusan desain, tetapi juga merupakan investasi dalam keseluruhan keamanan dan kenyamanan rumah anda. Memilih keramik dengan permukaan kasar tidak hanya meningkatkan aspek estetika, tetapi juga memberikan kepastian akan keselamatan bagi penghuni rumah, terutama di area dapur yang rentan terhadap kelembaban dan cipratan air. Dengan begitu, pastikan untuk mempertimbangkan dengan cermat pilihan lantai untuk menciptakan lingkungan dapur yang aman dan nyaman bagi seluruh keluarga.

Author Profile

Muhammad Fikri
Sarjana teknologi yang menyukai menulis & travelling. Mempelajari secara mendalam tentang perkembangan teknologi dan sistem informasi.