Warna cat dapur yang tepat bisa mengubah seluruh ruangan ini sepenuhnya. Baik itu warna netral, earth tone, pastel, dark and gloom, atau kontras sekalipun. Sebaiknya jangan pilih warna berdasarkan tren populer saja. Tetapi juga pertimbangkan selera, warna favorit, dan kesesuaian dengan kegiatan Anda selama di dapur.

Sebab warna tidak hanya untuk memperindah ruangan, tetapi juga bisa mempengaruhi mood seseorang. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memilih warna yang tepat untuk ruangan ini. Jika Anda tidak memiliki panduannya, kami sudah menyediakan beberapa pilihan warna cat dapur yang sempurna sesuai dengan gaya Anda.

Skema Warna Cat Dapur untuk Mengubah Ruang Anda

Sebagai jantung dan perut dari setiap rumah, dapur menyatukan lebih banyak hal dari pada sekedar resep-resep yang diolah. Area ini merupakan salah satu tempat berkumpulnya teman dan/atau keluarga untuk saling terhubung sambil menikmati makanan yang enak dan hangat.

Namun sayangnya, dapur bisa terasa bosan seiring dengan berjalannya waktu. Untungnya, ada tren warna yang bisa membantu Anda untuk mengubah suasana dapur menjadi menyenangkan dan terlihat estetik. Seperti apa pilihan warnanya? Berikut warna cat dapur pilihan yang bisa mengubah tampilan ruangan masak ini. Di antaranya adalah:

Warna Cat Dapur Pastel Blue

Warna Cat Dapur Pastel Blue

Pilihan yang pertama adalah pastel blue. Palet warna ini bisa memberikan kesan dapur yang cerah, tenang, dan juga sejuk. Lalu padukan dengan aksen kayu pada lemari kabinet dan pegangan lemari serta laci berwarna emas. Dijamin Anda tidak akan merasa terlalu panas ketika memasak karena pengaruh dari warna lembut ini.

Wine Red

Wine Red

Tahukah Anda bahwa, palet warna rusty red populer di tahun 2024? Termasuk warna wine red, burgundy, coklat kemerahan, dan muted mauve. Jika Anda menginginkan tampilan dapur yang klasik, vintage, dan timeless, coba gunakan warna wine red. Merah tua yang gelap ini akan cocok dipadukan dengan putih, coklat muda, abu-abu gelap, dan sedikit sentuhan emas.

Perpaduan Light Blue dan Dark Woods

Perpaduan Light Blue dan Dark Woods

Perpaduan dua warna ini cocok apabila Anda memiliki dapur yang terhubung dengan halaman belakang terbuka. Dipercantik dengan jendela kaca besar yang akan membiaskan sinar matahari ke seluruh ruangan. Gunakan warna light blue untuk lemari kabinet dan langit-langit dengan panel dark wood. Dua warna ini menciptakan drama dan kehangatan di dalam dapur.

Warna Cerah Sunny Yellow dan Bright Blue

Warna Cerah Sunny Yellow dan Bright Blue

Pada roda warna, posisi kedua warna ini saling bersebrangan. Artinya, warna sunny yellow cocok dengan warna bright blue. Terapkan warna kuning cerah pada lemari kabinet. Lalu gunakan warna biru terang untuk backsplash. Lebih unik lagi jika Anda menggunakan material backsplash dengan motif tertentu. Hal ini akan menambah dimensi tertentu dalam dapur Anda.

Warna Cat Dapur Dark Blue dan Motif

Warna Cat Dapur Dark Blue dan Motif

Coba sebutkan warna apa yang selalu jadi favorit semua orang! Ya, jawabannya adalah warna dengan shade yang gelap. Salah satunya adalah dark blue. Sejatinya, biru gelap ini adalah warna yang kaya, berani, dan timeles. Kesan yang diciptakan juga cenderung sejuk, elegan, rapi, dan terlihat modern. Untuk warna kontrasnya Anda bisa menggunakan keramik dengan motif berwarna putih.

Warna Dramatis dari Teal Green dan Bright Coral

Warna Dramatis dari Teal Green dan Bright Coral

Anda bisa bereksperimen dengan warna cat dapur, lho. Misalnya kombinasi warna dramatis seperti pada gambar. Warna teal green pada lemari penyimpanan bawah, dan bright coral terakota di bagian atas. Sebagai penetral ruangan, Anda bisa menggunakan warna putih atau motif untuk backsplash-nya.

Kombinasi Warna Rustic

Kombinasi Warna Rustic

Kalau Anda bosan dengan tampilan warna dapur yang serba putih, Anda bisa mencoba kombinasi palet warna rustic. Yaitu crisp white dan warm woods. Berikan sentuhan aksen natural dari palet kayu di dapur Anda mulai dari langit-langit, lantai, lemari, kusen jendela, hingga kursi dan meja makan. Sisanya, biarkan dicat dengan warna crisp white agar dapur Anda terlihat cerah dan hangat ketika sinar matahari datang menyapa.

Monokrom Abu-abu

Monokrom Abu-abu

Warna monokrom tidak selamanya harus hitam dan putih. Contohnya seperti pada gambar di atas yang menggunakan palet warna abu-abu dengan shade yang berbeda. Ada dark grey dan light grey yang keduanya memberikan sentuhan lembut, rapi, dan homey. Berikan sentuhan warna cerah dengan menaruh bunga favorit di dalam vas.

Beige dan Olive Brown

Beige dan Olive Brown

Warna cat dapur klasik bisa Anda terapkan dengan menggunakan palet earth tone ini. Sentuhan warna olive brown pada sisi atas dapur, dan warna beige pada sisi bawahnya. Tampilan ini memberikan kesan pedesaan yang hangat dan juga homey. Sehingga kegiatan masak memasak serta makan keluarga menjadi penuh dengan suasana kekeluargaan.

Warna Cat Dapur yang Menyegarkan dan Modern

Warna Cat Dapur yang Menyegarkan dan Modern

Apa kesan pertama yang Anda dapatkan ketika melihat gambar di atas? Terlihat rapi, menyegarkan, dan modern, bukan? Nah untuk mendapatkan tampilan dapur seperti ini Anda bisa menggunakan warna hunter green yang dipadukan dengan backsplash bermotif batu bata, serta lantai keramik motif bunga monokrom.

Shade of Gray

Shade of Gray

Selain hitam dan dark blue, warna gelap yang menjadi favorit semua orang adalah dark grey. Terapkan warna ini pada dapur Anda untuk kesan dramatis yang gloomy. Meskipun temanya gelap, palet shade of grey ini bisa menciptakan kesan modern, berkelas, dan mewah di dapur Anda. Tambahkan dekorasi lampu gantung dan kursi tinggi pada meja makan kitchen island.

Monokrom Klasik

Monokrom Klasik

Satu lagi warna cat dapur yang bisa Anda terapkan di rumah adalah monokrom klasik. Ya, dua warna hitam dan putih ini akan menyatu dengan semua dekorasi dan perabotan di dapur Anda. Gunakan backsplash berwarna hitam untuk kesan dramatis. Lalu warna putih pada dinding untuk membiaskan sinar matahari ketika masuk menyinari ruangan tersebut. Anda tidak akan pernah salah ketika menggunakan palet monokrom ini.

Itulah beberapa skema warna cat dapur yang bisa mengubah ruang Anda. Dari sekian banyak pilihan palet warna di atas, Anda suka yang mana? Atau Anda memiliki preferensi warna sendiri? Silakan untuk berkreasi.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.