Memilih kombinasi warna kusen pintu dan jendela yang bagus dan cantik bisa menjadi daya tarik tersendiri dari rumah Anda. Kendati demikian ada banyak warna bagus dan menarik yang bisa dipilih. Mulai dari warna yang paling populer, kontras, gelap, pop, dan lainnya.

Saat Anda memilih warna, lebih baik pertimbangkan dulu bagaimana kondisi pelapis dinding, trim jendela, dan elemen lainnya. Sehingga nantinya Anda bisa menemukan kombinasi warna kusen pintu dan jendela yang menarik dan estetik. Penasaran dengan pilihan warna-warnanya? Anda bisa langsung cek selengkapnya di bawah ini!

Kombinasi Warna Kusen Pintu dan Jendela yang Ciamik

Warna pintu dan jendela rumah Anda tidak hanya membuatnya terlihat indah dan menarik saja, tetapi juga bisa memberi karakteristik. Umumnya, kombinasi warna kusen pintu dan jendela adalah putih, hitam, abu-abu, dan/atau coklat. Tapi bagaimana jika kita memadukan warna kontras dengan warna lembut, warna kontras dengan kontras, atau monokrom? Ingin lihat seperti apa hasilnya?

Berikut beberapa pilihan kombinasi warna kusen pintu dan jendela yang ciamik. Di antaranya adalah:

Biru Tosca dan Putih

Biru Tosca dan Putih

Tidak ada yang mengalahkan kombinasi warna biru dan putih. Dalam gambar, desainer menggunakan warna biru tosca pada kusen pintu, dan putih pada jendela. Sementara itu untuk membuat tampilannya semakin sempurna, warna biru navy digunakan sebagai cat dinding dan latar belakang yang memberi sentuhan ramah dan menenangkan.

Skema Alam Kehijauan

Skema Alam Kehijauan

Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun dan punya banyak tanaman di depan rumah, coba perpaduan warna dark olive dan hitam. Warna hijau zaitun ini akan melengkapi landscape atau taman kecil yang Anda buat di depan rumah. Sedangkan warna hitam memberikan sedikit kontras di tengah-tengah rimbunnya hijau.

Kombinasi Warna Kusen Pintu dan Jendela yang Cerah Modern

Kombinasi Warna Kusen Pintu dan Jendela yang Cerah Modern

Kombinasi warna modern yang cerah bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan warna hijau jeruk nipis (key lime) pada pintu rumah. Lalu gunakan warna hitam di trim jendela untuk memperkuat kesan modernnya. Warna putih pada dinding rumah dijadikan sebagai penetral dari kombinasi dua warna tersebut.

Hijau Pir yang Menyegarkan

Hijau Pir yang Menyegarkan

Masih bermain dengan warna hijau, kali ini ada kombinasi warna kusen pintu dan jendela hijau pir dan kuning. Menariknya, desainer menambahkan elemen tenda rumah yang dipasang di di setiap jendela dan pintu depan dengan aksen garis kuning hijau. Dengan sentuhan bunga berwarna-warni, rumah Anda akan terlihat lebih hidup, segar, dan cantik.

Dark Charcoal dan Biru

Dark Charcoal dan Biru

Selain hitam, warna gelap lainnya yang populer adalah dark charcoal. Warnanya hitam gelap seperti arang, namun dengan sedikit tambahan abu-abu gelap. Anda bisa memilih untuk mengecat keseluruhan dinding dengan warna gelap ini atau hanya trim jendelanya saja. Untuk menambahkan warna kontras pada rumah Anda, gunakan warna biru tua pada kusen pintu.

Warna Kuno yang Menarik

Warna Kuno yang Menarik

Tahukah Anda bahwa, kombinasi warna abu-abu gelap dan merah merupakan warna kuno? Tapi tenang, kuno di sini bukan berarti tidak menarik dan sudah tua. Melainkan warna yang tradisional yang memiliki sentuhan hangat. Berikan sedikit sentuhan warna putih untuk menghadirkan dimensi dan menetralkan dua warna lainnya. Ditambah dengan bunga warna-warni atau tanaman hijau untuk menyegarkan suasana.

Kombinasi Warna Kusen Pintu dan Jendela Pastel yang Elegan

Kombinasi Warna Kusen Pintu dan Jendela Pastel yang Elegan

Biasanya, warna pastel itu lebih menunjukkan kesan tenang, sejuk, dan ceria. Tapi bagaimana jika kesan yang ditunjukkan adalah elegan? Seperti kombinasi warna coklat pada kusen pintu, hijau jade pada jendela, dan pink salmon pada tembok rumah. Tambahkan pot bunga dengan warna selaras untuk membuatnya lebih hidup dan segar. Untuk hiasan dekorasinya, Anda bisa menempatkan dua lampu tembok di kedua sisi pintu.

Perpaduan Merah, Oranye, dan Coklat yang Hangat

Perpaduan Merah, Oranye, dan Coklat yang Hangat

Kalau rumah Anda menggunakan batu bata merah untuk dindingnya, maka warna kusen pintu yang cocok adalah coklat muda. Sedangkan untuk jendelanya adalah oranye. Kombinasi ketiga warna ini menghadirkan kesan hangat, homey, dan menenangkan. Lebih bagus lagi jika Anda memiliki tanaman hijau yang ditanam di halaman depan rumah. Pemandangannya akan jauh lebih cantik.

Kontras yang Penuh Drama

Kontras yang Penuh Drama

Hitam merupakan salah satu warna yang bisa disesuaikan dengan warna lainnya. Artinya, jika hitam dipadukan dengan warna pastel, maka ia akan menjadi warna yang lembut. Namun jika dipasangkan dengan warna kontras, maka ia akan terlihat tegas dan kuat. Hal inilah yang dilakukan oleh desainer pada gambar di atas. Untuk menciptakan kesan tegas, kuat, dan penuh drama dari sebuah rumah, ia memadukan warna merah pada kusen pintu dan hitam pada jendela serta dinding rumah. Menciptakan kesan pertama yang terlihat adalah elegan, berkelas, dan tegas.

Oranye dan Abu-abu Rustic

Oranye dan Abu-abu Rustic

Jika Anda menginginkan kesan rustic dan sekaligus modern, cobalah kombinasi warna kusen pintu dan jendela yang satu ini. Pasangkan warna brownish orange atau oranye kecoklatan dengan abu-abu muda. Agar bisa menonjolkan kesan rustic-nya, Anda bisa menggunakan cat warna biru tua atau blue navy untuk dinding rumah. Lebih bagus lagi jika Anda menggunakan wall moulding jenis shipyard seperti yang tampak pada gambar.

Kombinasi Warna Kusen Pintu dan Jendela Colorful Contrast

Kombinasi Warna Kusen Pintu dan Jendela Colorful Contrast

Kombinasi warna yang satu ini terinspirasi dari rumah warna-warni di Italia. Mereka menggunakan warna kontras untuk kusen pintu dan jendelanya. Perpaduan merah tua, biru tua, dan kuning, tampak begitu indah dan cerah ketika terkena sinar matahari. Untuk menghaluskan kontrasnya, Anda bisa menggunakan cat warna putih untuk area pinggiran kusen. Ditambah dengan bunga segar, tampilan rumah Anda akan lebih cantik lagi.

Monokrom Klasik

Monokrom Klasik

Berbicara tentang kombinasi warna, tidak lengkap tanpa monokrom. Perpaduan warna putih dan hitam yang selalu dicari dan populer karena memiliki karakteristik sendiri. Tambahkan warna abu-abu di tengahnya agar terlihat semakin serasi. Tiga warna netral ini akan memberikan kesan santai, minimalis, sederhana, dan tampak luas.

Itulah beberapa pilihan kombinasi warna kusen pintu dan jendela yang bisa diaplikasikan untuk hunian Anda. Sebelum memilih dua atau tiga warna, pastikan semua elemen di sekitarnya juga mendukung keluarnya warna tersebut. Sebab jika tidak, warna kontras sekalipun akan terlihat gelap jika diaplikasikan di tempat yang salah.

Selamat mencoba! Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.