Keberadaan mushola menjadi salah satu elemen penting di dalam rumah, terutama bagi umat muslim. Sebagai tempat ibadah, banyak orang yang membuat mushola dalam rumah unik, nyaman, dan terlihat rapi. Tapi sayangnya, karena keterbatasan lahan, tidak sedikit orang yang membangun tempat ibadah ini.

Padahal untuk bisa membangun mushola dalam rumah unik ini tidak perlu lahan yang luas, lho. Anda juga bisa membangunnya di lahan terbatas atau memanfaatkan sisa yang ada. Kira-kira seperti apa rupanya? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini, ya!

Desain Konsep Mushola dalam Rumah Unik

Membangun mushola dalam rumah unik tidak perlu terlalu luas. Terlebih jika anggota keluarga di rumah tidak terlalu banyak. Hal yang harus ditekankan adalah kenyamanan, kebersihan, kesucian, dan rapi agar bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk. Di bawah ini ada beberapa desain konsep mushola minimalis yang bisa menjadi inspirasi Anda. Di antaranya adalah:

Mushola dalam Rumah Unik Di Bawah Tangga

Mushola dalam Rumah Unik Di Bawah Tangga

Jika Anda memiliki area yang cukup luas di bawah tangga, mungkin Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat mushola. Untuk panjang dan lebarnya bisa mengikuti area yang ada. Kelebihannya, mushola ini juga bisa digunakan empat sampai lima orang sekaligus, jadi bisa berjamaah tanpa terhalang luas. Pastikan Anda menempatkan dekorasi yang tidak terlalu memakan tempat agar bisa terlihat luas dan lega.

Sudut Lorong Rumah

Tampilan Pintu Kubah Masjid

Sudut lorong rumah yang jarang digunakan untuk lalu lintas orang juga bisa Anda jadikan sebagai mushola.mini. Namun konsep desain ini hanya cukup untuk satu sampai dua orang saja karena terletak di lorong. Sebagai alas sajadah, Anda bisa menaruh karpet. Lalu untuk menyimpan alat sholat seperti mukena, sarung, dan baju koko, Anda bisa gunakan ladder hanger atau lemari kecil yang tidak memakan banyak tempat.

Mushola Mezzanine

Mushola Mezzanine

Konsep desain mushola dalam rumah unik selanjutnya berada di atas mezzanine. Jika biasanya ruangan ini digunakan untuk area tidur atau bersantai, kali ini gunakan untuk membuat mushola mini. Jangan lupa pasang pagar pengaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Cukup gunakan dekorasi minimalis yang dibutuhkan saja.

Mushola dalam Rumah Unik Di Balik Bilik

Mushola dalam Rumah Unik Di Balik Bilik

Bilik yang dimaksud adalah partisi atau sekat untuk membatasi area mushola dan area lainnya. Anda bisa membuat partisi yang bisa digeser untuk penutup ruangan atau membiarkannya terbuka setengah. Gunakan material kayu untuk membuat tampilan mushola Anda terlihat elegan dan nyaman. Konsep tempat ibadah mini ini juga bisa digunakan untuk salat berjamaah hingga lima orang, jika ruangannya cukup luas.

Gaya Industrial

Gaya Industrial

Tahukah Anda bahwa, gaya industrial bisa memberikan sentuhan kontemporer dan urban di dalam mushola? Perpaduan beton ekspos dan elemen lainnya seperti logam, batu bata, dan kayu akan membuat mushola dalam rumah unik dan terlihat old school. Hanya saja, jangan gunakan dekorasi yang berlebihan agar kesan minimalisnya tidak kalah imbang, ya!

Di Dalam Gazebo

Di Dalam Gazebo

Kalau Anda memiliki gazebo di area belakang rumah, Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai mushola. Selain konsepnya yang unik, waktu salat pun menjadi lebih khusuk karena terpisah dengan ruangan lainnya. Ditambah nuansa sejuk dari angin sepoi-sepoi dan udara segar dari tanaman di sekitarnya. Dijamin suasana salat pun akan lebih syahdu.

Minimalis nan Elegan

Minimalis nan Elegan

Konsep berikutnya menghadirkan tema minimalis nan elegan pada mushola dalam rumah unik. Dengan memadukan warna emas dan putih atau warna emas dan hitam sebagai warna cat tembok. Untuk menambah kesan mewah, Anda bisa menggunakan lantai keramik berwarna hitam. Ditambah dengan dekorasi warna senada, dijamin mushola Anda akan membuat siapapun yang beribadah di sana menjadi tenang.

Nuansa Biru yang Menenangkan

Nuansa Biru yang Menenangkan

Selanjutnya ada mushola dengan nuansa biru yang menenangkan. Sesuai namanya, seluruh ruangan mushola diberi warna biru. Mulai dari cat tembok, alat salat, dekorasi, dan lainnya. Agar tidak terlalu monoton dengan satu warna, Anda bisa memadukannya dengan dua warna biru. Misalnya biru muda dengan biru tua atau biru langit dengan biru laut atau memberikan sedikit sentuhan warna putih. Warna ini bisa membuat suasana mushola menjadi sejuk, adem, dan menenangkan.

Mushola dalam Rumah Unik dengan Dinding Roster

Mushola dalam Rumah Unik dengan Dinding Roster

Selain menggunakan material kayu sebagai partisi atau sekat pembatas, Anda juga bisa menggunakan dinding roster. Tidak hanya untuk pembatas saja, dinding roster ini juga bisa berguna untuk sirkulasi udara dan pembiasan cahaya sinar matahari. Sehingga Anda bisa nyaman dalam beribadah.

Bersanding dengan Taman Indoor

Bersanding dengan Taman Indoor

Anda punya taman indoor? Coba sandingkan dengan mushola dalam rumah unik. Ditambah dengan adanya air mancur untuk menambah kekhusyukan saat salat. Jika masih ada sisa ruang, lebih baik buat juga area wudhu untuk menjaga kesucian di area tempat ibadah.

Mushola dengan Aksen Kayu ala Jepang

Mushola dengan Aksen Kayu ala Jepang

Penggunaan material kayu dalam pembangunan rumah memang belum terkalahkan. Konsep desain yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin membuat mushola dalam rumah unik ala Jepang. Dekorasi yang digunakan pun sebaiknya juga terbuat dari material kayu untuk menyelaraskan tampilan. Berikan sentuhan cat tembok warna coklat untuk mempertegas kesan homey nan nyaman.

Minimalis dan Tertutup

Minimalis dan Tertutup

Apakah Anda membutuhkan privasi saat sedang beribadah? Kalau begitu, konsep desain yang satu ini bisa menjadi inspirasi Anda selanjutnya. Cukup manfaatkan satu area kecil di dalam rumah sebagai mushola. Tempat ibadah ini dikhususkan hanya untuk satu sampai dua orang saja, karena sifatnya yang tertutup. Gunakan gantungan baju atau ladder hanger untuk menaruh peralatan salat.

Tampilan Pintu Kubah Masjid

Tampilan Pintu Kubah Masjid

Satu lagi yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja adalah mushola dengan pintu kubah masjid. Tujuannya untuk membedakan tempat ibadah dengan area lain, sehingga jika ada tamu yang datang berkunjung bisa langsung menemukannya. Agar terlihat mewah, Anda bisa memadukan warna emas dan hitam, putih dan emas, atau silver dan beige. Tambahkan dekorasi kaligrafi islami untuk penunjuk arah kiblat.

Itulah beberapa konsep desain mushola dalam rumah unik yang bisa menjadi inspirasi Anda. Sebelum membuat tempat ibadah ini, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan luas areanya terlebih dulu. Lalu hitung berapa jumlah anggota keluarga yang akan salat di situ. Sesuaikan area dengan budget yang Anda miliki.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.