One gate system adalah salah satu kriteria yang dicari oleh banyak orang ketika ingin membeli rumah. Sebab, sistem keamanan ini diklaim lebih aman dibandingkan yang lainnya. Sistem satu pintu ini juga diklaim lebih efektif dan efisien dalam menjaga keamanan komplek perumahan.

Namun, benarkah demikian? Kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan dari one gate system ini? Temukan jawabannya di artikel bawah ini.

One Gate System Adalah

Sesuai namanya, one gate system adalah sistem satu pintu. Dimana untuk akses keluar dan masuk para penghuni kawasan perumahan melalui dari satu pintu yang sama. Sehingga keamanan pun lebih terjaga karena petugas keamanan bisa mengenali siapa saja yang masuk dan keluar area perumahan.

Sistem keamanan ini umumnya diterapkan di perumahan cluster dan/atau townhouse. Di beberapa kota, kawasan perumahan elite juga sudah menggunakan one gate system untuk keamanan mereka. Seperti yang diketahui bersama, kasus pencurian dan perampokan masih marak terjadi.

Adanya sistem keamanan ini juga untuk membantu petugas keamanan dalam menjalankan tugasnya selama 24 jam. Sebagian besar kawasan perumahan yang menggunakan sistem ini juga dilengkapi dengan CCTV, kartu akses khusus penghuni, kawat berduri di dinding pembatas, hingga sistem pengenalan wajah.

Tidak hanya itu, penghuni perumahan juga bisa merasa tenang dan aman selama tinggal di kawasan tersebut. Sebab tidak sembarang orang bisa masuk dengan bebas. Bahkan jika ada orang dari luar komplek perumahan ingin masuk, mereka harus mendapatkan izin dulu dan menjelaskan keperluannya kepada petugas keamanan.

Kelebihan One Gate System

Kawasan perumahan yang menggunakan one gate system ini sudah bisa dipastikan keamanannya. Sekarang, mari kita jabarkan apa saja kelebihan dari sistem keamanan satu pintu ini. Di antaranya adalah:

Bebas Dari Kendaraan Umum atau Jalur Alternatif

Beberapa area perumahan biasanya bisa dilalui oleh kendaraan umum atau kendaraan lainnya yang bukan penghuni. Hal ini bisa meningkatkan kemungkinan adanya tindak kriminal. Namun dengan adanya one gate system, kawasan perumahan tidak akan dimasuki oleh kendaraan umum dan terhindar dari orang-orang yang memiliki niat jahat.

Lingkungan Perumahan yang Aman dan Nyaman

Kelebihan one gate system adalah bisa menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Akses terbatas yang hanya berlaku untuk para penghuni komplek, bisa meminimalisir adanya tindak kejahatan. Sehingga para penghuni bisa merasa aman, nyaman, dan tenang. Terutama ketika rumah sedang ditinggal dalam waktu yang lama. Selain itu, anak-anak juga bisa bebas bermain dengan senang di sekitar area perumahan.

Pengawasan Lebih Ketat dan Efisien

Seperti yang disebutkan di atas, sistem keamanan ini juga menggunakan CCTV yang dipasang di setiap titik penjuru komplek. Hal ini bisa membantu petugas keamanan dalam mengamati gerak-gerik setiap orang yang ada secara ketat dan efisien. Apabila terlihat ada hal yang mencurigakan, maka petugas keamanan bisa langsung cepat bertindak.

Menjaga Kepercayaan Penghuni

Lingkungan yang terjamin keamanannya, membuat para penghuni kawasan perumahan mempercayai developer dan petugas keamanan yang bertugas. Para penghuni juga tidak menjadi khawatir karena tahu lingkungan tempat tinggalnya selalu terjaga dengan baik.

Biaya Operasional yang Rendah

Biasanya setiap kawasan perumahan memiliki biaya operasional untuk keamanan. Namun dengan one gate system ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk membawa pemeliharaan gerbang dan upah petugas keamanan. Karena biasanya dengan sistem satu pintu ini, petugas keamanan yang ditempatkan tidak terlalu banyak.

Kekurangan One Gate System

pintu keluar one gate system

Keterbatasan akses yang dimiliki sistem keamanan satu pintu ini bisa menjadi kekurangannya. Misalnya jika hampir semua penghuni berangkat kerja di jam yang sama, maka besar kemungkinan akan ada antrian di pintu akses.

Kekurangan one gate system lainnya adalah jika sewaktu-waktu terjadi masalah teknis pada gerbang aksesnya. Hal ini bisa menyulitkan penghuninya untuk masuk ke kawasan perumahan karena hanya ada satu jalan masuk dan keluar. Dan tentunya akan memakan waktu lama jika tidak segera diselesaikan.

Rekomendasi Perumahan yang Memiliki One Gate System

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, one gate system adalah salah satu kriteria keamanan yang paling dicari dan dinilai lebih aman dibandingkan lainnya. Keberadaan sistem satu pintu ini juga bisa membuat para penghuninya nyaman, aman, dan tenang dalam beraktivitas di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini juga menjadi kriteria lainnya yang dicari ketika ingin membeli rumah. 

Nah ada satu kawasan perumahan elite yang menggunakan sistem keamanan satu pintu ini dan bisa mewujudkan kriteria keamanan serta rumah impian Anda. Adalah Shila at Sawangan yang menggunakan one gate system demi keamanan dan kenyamanan para penghuninya.

Shila at Sawangan menawarkan hunian modern dan mewah di kawasan Jakarta Selatan bagi mereka yang ingin memiliki rumah dengan nilai investasi tinggi. Setiap unit rumah yang ada di Shila at Sawangan memiliki ciri khas masing-masing dan dibangun dengan desain yang kekinian serta modern.

Memiliki banyak fasilitas yang bisa menguntungkan penghuninya. Seperti akses tol, dekat dengan stasiun Pondok Cabe, pusat perbelanjaan, rumah sakit, restoran dan kafe, bukit golf, dan SPBU.Jika Anda penasaran, bisa langsung mengunjungi gallery marketing yang berada di Jalan Raya Bojongsari No. 53, Bojongsari Lama, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16517.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.