Menentukan skema warna cat tembok tentu bukan tugas yang mudah. Dengan begitu adanya banyak warna dan gaya rumah yang menjadi pertimbangan, tentu mengecat ulang dinding rumah Anda bisa memusingkan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab ada banyak perpaduan dua warna cat tembok yang bisa menjadi inspirasi.

Temukan semua kombinasi warna yang sempurna untuk tampilan baru hunian Anda, di bawah ini.

Contoh Perpaduan Dua Warna Cat Tembok

Warna yang Anda gunakan pada tembok rumah tentu harus disesuaikan dengan gaya arsitektur dan karakteristik dari penghuninya. Dan tentunya warna cat tembok yang sempurna harus menampilkan kesan hangat dan welcoming. Tidak hanya bagi para penghuninya, tetapi juga bagi para tamu yang datang berkunjung.

Seperti beberapa contoh perpaduan dua warna cat tembok yang bisa menjadi inspirasi Anda. Di antaranya adalah:

Perpaduan Dua Warna Cat Tembok Biru dan Putih

Perpaduan Dua Warna Cat Tembok Biru dan Putih

Nuansa biru berpadu sempurna dengan warna putih, yang bisa menjadi perpaduan warna terbaik untuk dinding rumah bagian luar. Biru dipercaya sebagai warna yang menyejukkan, menenangkan, dan bisa mengurangi stres. Sedangkan warna putih merupakan warna netral yang bisa membantu menyempurnakan kesan dari warna lain. Terlebih di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini, warna biru bisa membuat rumah terasa sejuk dan adem.

Sky Blue and Light Green

Sky Blue and Light Green

Apakah Anda menyukai palet warna laut? Jika jawabannya iya, maka Anda harus menggunakan perpaduan dua warna cat tembok yang satu ini. Warna biru langit yang memberikan kesan langit cerah, serta warna hijau muda yang mempresentasikan air laut. Kedua warna ini menghasilkan efek aksen alami dan natural yang memikat untuk tampilan ruang tamu Anda. Dilengkapi dengan beberapa dekorasi dan perabotan tema laut lainnya, ruangan ini akan terasa sempurna.

Monokromatik Abu-abu

Monokromatik Abu-abu

Salah satu palet warna monokrom yang tidak pernah salah adalah dark grey dan light grey. Dengan shade yang berbeda, palet warna ini akan memberikan kesan modern dan chic di kamar tidur Anda. Contoh warna ini cocok bagi Anda yang menginginkan kamar tidur dengan nuansa netral dan normal tanpa ada banyak kekacauan.

Palet Warna Earth Tone

Palet Warna Earth Tone

Selain palet warna laut, Anda juga bisa memilih warna earth tone lainnya. Misalnya seperti palet warna hutan yang didominasi oleh hijau dan coklat. Untuk lebih terlihat artistik, Anda bisa mengkombinasikan warna hijau dan dibuat dengan gaya mural. Berikan sedikit warna putih untuk membuat ruangan terlihat lega. Perabotan warna coklat kayu atau coklat tua bisa menjadi pilihan untuk menyempurnakan palet warna hutan ini.

Ruang Keluarga Tema Rustic

Ruang Keluarga Tema Rustic

Tahukah Anda bahwa, cat bukanlah satu-satunya bahan untuk menghasilkan perpaduan dua warna yang cantik? Selain cat, ada bahan lainnya yang bisa Anda gunakan. Mulai dari wallpaper, batu alam, lantai keramik, dan panel dinding. Tampilan pada gambar di atas menggunakan batu bata merah yang dipasangkan pada satu area tertentu. Lalu sisa temboknya diberi warna broken white. Perpaduan warna ini membuat ruang keluarga Anda bertema rustic. Selain batu bata merah, Anda juga bisa menggunakan panel dinding dengan aksen kayu.

Geometris Merah dan Teal

Geometris Merah dan Teal

Penggunaan geometris pada dinding rumah berfungsi untuk menambah kedalaman atau dimensi visual pada area tertentu. Cara ini bisa digunakan jika Anda bosan dengan tampilan tembok yang terlihat datar. Seperti gambar di atas, warna merah dan teal digunakan pada skema geometris untuk menciptakan ilusi spasial dari ujung ruangan ke ujung lainnya.

Shades of Blue

Shades of Blue

Color blocking bisa menjadi solusi alternatif disaat Anda bingung mau menempatkan perpaduan dua warna cat tembok yang seperti apa. Teknik ini menggunakan dua warna yang diatur berlawan secara diametris pada dinding dan/atau antara dinding dan perabotan. Anda bisa menggunakan warna light blue untuk bagian atas tembok dan dark blue untuk bagian bawah. Penggunaan warna putih pada plafon bisa membuat ruangan terlihat luas. Kemudian tempatkan beberapa perabotan atau dekorasi pendukung yang selaras.

Perpaduan Dua Warna Cat Tembok Ala Industrial

Perpaduan Dua Warna Cat Tembok Ala Industrial

Jika Anda penggemar tema industrial, mungkin contoh perpaduan dua warna cat tembok yang satu ini adalah jawabannya. Gunakan putih atau warna netral lainnya pada satu area dinding. Lalu area lainnya biarkan dengan konsep semen ekspos. Tambahkan dekorasi yang terbuat dari material logam atau kayu untuk menguatkan kesan industrialnya. Berikan sedikit sentuhan warna kontras pada perabotan untuk menghidupkan ruangan.

Timeless Monochromatic

Timeless Monochromatic

Duo warna hitam dan putih selalu terlihat klasik dan timeless. Perpaduan dua warna cat tembok ini tidak pernah salah bagi Anda yang menginginkan tampilan ruangan estetik, modern, minimalis, elegan, dan lapang. Jika Anda tidak mau ruangannya terlalu gelap, lebih baik gunakan warna putih lebih banyak. Namun jika Anda menginginkan drama yang terlihat anggun dan berkelas, Anda bisa menggunakan warna hitam lebih banyak.

Warna Dapur dan Ruang Makan yang Segar

Warna Dapur dan Ruang Makan yang Segar

Ingin membuat tampilan dapur dan ruang makan Anda terlihat segar? Coba gunakan wallpaper atau membuat gambar sendiri dengan motif bunga. Untuk aksen natural, jangan lupa sematkan warna hijau pada gambar bunga tersebut. Lalu untuk mendukung motif ini, Anda bisa menggunakan cat berwarna muted pink. Kombinasi ini akan terlihat begitu indah ketika sinar matahari pagi masuk menyinari.

Tampilan Abstrak Pada Ruang Tamu

Tampilan Abstrak Pada Ruang Tamu

Keunggulan dari penggunaan dua warna cat tembok adalah Anda bisa mengkreasikannya sebebas dan sesuai dengan karakteristik. Seperti contoh tampilan abstrak pada ruang tamu di gambar atas. Warna merah digunakan untuk latar belakang yang dominan. Sementara warna teal digunakan untuk mengisi bagian berbentuk archtop. Tempatkan karpet dengan desain abstrak untuk memperkuat kesan ruang tamu. Jika ada, Anda juga bisa menggunakan dekorasi dan perabotan abstrak atau gaya kontemporer.

Demikianlah beberapa contoh perpaduan dua warna cat tembok yang bisa menjadi inspirasi Anda. Bisa digunakan untuk tampilan depan rumah, kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, kamar mandi, bahkan di dapur sekalipun. Tentukan warna yang Anda suka dan kreasikan sebebas mungkin. Ingat, pemilihan warna yang tepat bisa membuat tampilannya menjadi cantik dan estetik.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.