Apakah Anda memiliki banyak buku di rumah? Tapi bingung mau baca dimana? Coba perhatikan, apakah ada satu sudut di rumah yang kosong dan bisa dimanfaatkan? Jika ada, coba buat pojok baca aesthetic di area kosong tersebut. Dijamin aktivitas membaca buku akan menjadi lebih menyenangkan dan tentunya membuat Anda nyaman serta betah berlama-lama.

Lalu seperti apa desain pojok baca aesthetic tersebut? Anda bisa menengok contoh desainnya di artikel bawah ini, ya!

Ide Pojok Baca Aesthetic

Kegiatan membaca buku itu harus dibuat menyenangkan dan senyaman mungkin. Bahkan membaca buku bisa dilakukan dimanapun. Kalau di rumah, biasanya tempat favorit untuk membaca buku itu di kamar tidur. Nah, sebaiknya Anda membuat pojok baca aesthetic di rumah agar semua anggota keluarga bisa menikmati kegiatan membaca ini.

Berikut beberapa desain pojok baca aesthetic di  rumah yang bisa Anda tiru, di antaranya adalah:

Pojok Baca Aesthetic Ala Fairytale

Pojok Baca Aesthetic Ala Fairytale

Ada pojok jendela besar yang kosong di rumah? Ubah menjadi pojok baca aesthetic ala negeri dongeng. Buatlah rak buku di samping jendela lalu tempatkan sofa di bawah jendela. Hias pojok tersebut dengan lampu gantung kecil berwarna kuning dan beberapa tanaman rambat palsu. Anda juga bisa menempatkan meja kecil dekat sofa untuk menaruh barang. Jangan lupa meletakkan beberapa bantal kecil dan selimut untuk kenyamanan.

Suasana Klasik

Suasana Klasik

Anda penggemar gaya klasik? Coba buat rak buku dengan desain arched-top. Lalu tempatkan sofa di depan rak buku atau karpet untuk alas baca. Gunakan warna palet putih, coklat, dan krem untuk memperkuat gaya klasiknya. Anda juga bisa menempatkan pot tanaman untuk menyegarkan pojok bacanya.

Membaca Buku Di Hutan

Membaca Buku Di Hutan

Mata Anda tidak akan merasa lelah jika membaca di pojok baca aesthetic ini. Pasalnya, ada banyak tanaman hijau yang ditempatkan sehingga suasananya seperti sedang berada di hutan. Ditambah dengan pancaran sinar matahari dari jendela dan kursi ayun, dijamin kegiatan membaca Anda semakin menyenangkan dan nyaman.

Pojok Baca Aesthetic Di Balkon

Pojok Baca Aesthetic Di Balkon

Bagi Anda yang tinggal di apartemen dan tidak memiliki area kosong untuk dijadikan pojok baca, tidak perlu khawatir. Anda bisa meniru ruang baca yang ditempatkan di balkon. Gunakan rak buku yang tinggi untuk menaruh semua koleksi buku. Lalu di depannya tempatkan sofa kecil atau kasur lantai untuk tempat membaca. Namun harus diperhatikan jika sewaktu-waktu turun hujan dan balkon Anda tidak tertutup.

Sudut Kamar Tidur

Sudut Kamar Tidur

Selain membaca buku di kasur, Anda juga bisa memanfaatkan sudut kamar tidur untuk tempat baca, lho. Pasang rak buku siku-siku secara bertingkat untuk menaruh koleksi buku. Di bawahnya, Anda bisa menyempilkan sofa letter L. Taruh beberapa bantal kecil untuk kenyamanan Anda saat membaca.

Gaya Klasik & Retro Boho

Gaya Klasik & Retro Boho

Palet warna earth tone dipercaya bisa memberikan energi tersendiri bagi penghuninya. Anda bisa menerapkan palet warna tersebut di pojok baca aesthetic gaya klasik dan retro boho ini. Buatlah dinding galeri dengan berbagai sampul buku favorit Anda untuk mendapatkan inspirasi. Padukan dengan kursi berlengan yang nyaman sehingga bisa membuat kegiatan membaca Anda menjadi lebih asyik.

Cozy Corner

Cozy Corner

Setelah seharian beraktivitas dengan cepat dan padat, tentu Anda menginginkan adanya tempat yang nyaman ketika pulang ke rumah, bukan? Bagi Anda para pecinta buku, tempat nyaman ini adalah pojok baca dimana Anda bisa membenamkan diri membaca lembar demi lembaran buku. Perpaduan rak buku, koleksi buku, kursi berlengan, dan lampu baca menjadikan pojok ternyaman untuk membaca buku dan melepas penat.

Home Office

Home Office

Ruang kerja juga bisa dijadikan pojok baca aesthetic. Anda hanya perlu membagi beberapa area untuk meletakkan laptop dan lainnya, serta area lain untuk membaca. Berikan penerangan dengan lampu baca dan sebuah kursi yang nyaman. Hal ini bisa memudahkan Anda ketika membutuhkan inspirasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pojok Baca Aesthetic dan Elegan

Pojok Baca Aesthetic dan Elegan

Ubah salah satu sudut di ruang tamu Anda menjadi pojok baca aesthetic dan elegan yang bisa meningkatkan suasana dan fungsionalitas rumah secara keseluruhan. Perkuat kesan elegan dari pojok baca ini dengan menempatkan beberapa pot tanaman gantung, sofa berlengan yang empuk, serta lampu LED di setiap rak buku. Gunakan perpaduan palet warna coklat dan putih agar terlihat semakin estetik.

Baca Di Samping Laut

Baca Di Samping Laut

Apabila rumah Anda berhadapan langsung dengan laut, buatlah pojok baca aesthetic yang menghadap ke arahnya. Rasakan sapuan angin laut ketika Anda sedang membaca sambil ditemani suara deburan ombak dan burung camar. Akan tetapi jika rumah Anda tidak berhadapan dengan laut, Anda bisa membuat lukisan laut untuk menyegarkan suasana. Warna biru lautnya dijamin akan membuat kegiatan membaca Anda semakin menyenangkan dan menginspirasi.

Sudut Bawah Tangga

Sudut Bawah Tangga

Manfaatkan ruangan kosong dibawah tangga sebagai pojok baca aesthetic. Meskipun kecil, Anda bisa membuatnya senyaman mungkin. Seperti yang tampak pada gambar, tempatkan rak buku di atas sofa baca. Anda juga bisa membuat suasananya hangat dengan menggunakan perpaduan warna coklat dan putih. Gunakan lampu berwarna kuning untuk menambah kehangatannya.

Tempat Baca untuk Anak

Tempat Baca untuk Anak

Anak-anak juga harus diajarkan rajin membaca sejak usia dini. Buatlah ruang baca untuk mereka yang nyaman, menarik, dan interaktif. Selain memenuhi rak dengan buku, Anda juga bisa menempatkan beberapa mainan kesukaan mereka. Untuk penghias ruangan, Anda bisa menggunakan wallpaper bergambar hewan atau lainnya.

Itulah beberapa ide konsep dan desain pojok baca aesthetic yang bisa Anda tiru dan buat di rumah. Perlu diperhatikan bahwa selain menonjolkan kesan estetik, Anda juga harus memperhatikan fungsionalitasnya agar tidak terkesan menyia-nyiakan area kosong.

Semoga kegiatan membaca Anda menjadi menyenangkan! Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.