Ketika sedang mencari tempat tinggal baru, sebagian besar orang pasti memilih rumah minimalis modern. Selain harga jualnya yang masih ramah di dompet, hunian dengan tema minimalis modern ini juga bisa menjawab apa yang dicari oleh para pembeli rumah.

Selain mengedepankan visualnya, rumah minimalis modern juga memiliki banyak fungsi yang seolah bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Mulai dari desain interior hingga eksterior, semuanya sudah diperhitungkan untuk menonjolkan kesan minimalis modern. Lalu apa saja karakteristik rumah dengan tipe ini? Cari tahu jawaban selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Rumah Minimalis Modern?

Rumah minimalis modern adalah sebuah tempat tinggal yang didesain dengan lebih baik melalui kesederhanaan. Baik dalam bentuk, ruang, material, detail, dan warna yang digunakan.

Konsep ini menonjolkan image terbuka, bersih, rapi, dan juga bercahaya. Sebuah rumah bisa dikatakan mengadopsi konsep minimalis modern apabila memiliki ruangan terbuka di dalamnya dan dekorasi yang sederhana namun bisa memberikan kehangatan, ketenangan, keindahan, dan bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Bisa dikatakan apabila ciri khas dari rumah minimalis modern adalah sederhana dan rapi, serta memiliki tampilan modern dari luarnya.

Meskipun mengusung konsep minimalis, sejatinya rumah fasad rumah ini tidaklah selalu sederhana atau kecil. Bahkan sebagian besar rumah dibuat besar dengan kesan luas, walaupun berdiri di atas lahan terbatas.

Ciri-ciri Rumah Minimalis Modern

Ciri-ciri Rumah Minimalis Modern

Dalam dunia desain interior, rumah minimalis modern sudah menjadi tren yang dominan. Tidak hanya menawarkan kesederhanaan visual saja, tetapi juga dibuat untuk memaksimalkan penggunaan lahan terbatas. Dengan penggunaan perabotan dan dekorasi yang tepat serta desain yang sesuai, rumah dengan konsep minimalis modern ini bisa memberikan kenyamanan bagi penghuninya tanpa kesan berlebihan.

Berikut ciri-ciri rumah minimalis modern yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah:

Kesederhanaan dalam Bentuk dan Fungsi

Sesuai namanya, ciri-ciri yang pertama adalah sederhana. Biasanya rumah minimalis modern memiliki denah yang sederhana, lugas, dan efisien dengan volume ruang yang bertumpuk. Kemudian ada denah untuk ruang terbuka, dinding interior yang minimal, hingga area penyimpanan yang sederhana. 

Hal yang tidak kalah menarik adalah penekanan pada pemandangan dan memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Sehingga jika diperhatikan, banyak rumah dengan konsep ini menggunakan jendela kaca besar di area tertentu yang bisa membiaskan sinar matahari ke dalam rumah.

Finishing Touch yang Sederhana dan Tidak Rumit

Rumah minimalis modern menggunakan finishing touch yang sederhana dan tidak rumit. Meskipun sederhana, material yang digunakan bisa memberikan daya tarik visual tersendiri. Kebanyakan rumah minimalis modern ini menggunakan panel kayu untuk menghias dinding luar rumah. Atau dibiarkan polos namun menggunakan warna cat yang berkarakter. Seperti abu-abu gelap, putih, krem, dan/atau hitam.

Ruangan yang Bersih, Terbuka, dan Penuh Cahaya

Kebanyakan rumah dengan konsep ini tidak memiliki sekat. Desainnya dibiarkan terbuka begitu saja. Sehingga dalam satu ruang, Anda bisa membuat tiga area berbeda. Mulai dari ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Dikarenakan tidak ada sekat, cahaya matahari yang masuk pun bisa dengan maksimal. Rumah pun akan selalu dipenuhi cahaya pada pagi hari.

Menggunakan Dekorasi yang Sederhana

Dekorasi dan furniture yang digunakan pun juga sederhana. Semua yang digunakan harus benar-benar memperhatikan fungsi dan visualnya. Umumnya, orang-orang hanya menggunakan perabotan yang benar-benar digunakan saja. Misalnya meja makan, sofa, kulkas, tv, dan lainnya.

Rumah Minimalis Modern Menggunakan Palet Warna Sederhana

Jika diperhatikan, sebagian besar rumah minimalis modern menggunakan palet warna sederhana namun terlihat mewah dan berkelas. Bisa dengan warna putih, coklat, abu-abu gelap, hitam, krem, atau warna-warna soft dan tenang lainnya. Jarang sekali menggunakan ornamen tambahan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesan sederhana dan minimalisnya.

Fasad Rumah Geometris

Satu lagi ciri-ciri rumah minimalis modern adalah memiliki fasad geometris. Umumnya, rumah ini dibangun dengan desain berbentuk kotak atau persegi panjang. Atapnya pun mengikuti bentuk rumahnya.

Konsep Desain Rumah Minimalis Modern

Konsep Desain Rumah Minimalis Modern

Setiap elemen yang digunakan untuk membangun dan memperindah rumah ini haruslah disesuaikan dengan fungsinya. Sebab karakteristik utamanya adalah kesederhanaan yang fungsional. Seperti beberapa konsep desain rumah minimalis modern di bawah ini:

Rumah Minimalis Modern dengan Gaya Jepang

Sesuai namanya, konsep desain rumahnya mengusung gaya Jepang. Mulai dari desain interiornya hingga eksteriornya. Konsep ini juga menjadi tren dan populer karena karakteristiknya yang rapi dan sederhana. Biasanya, di depan rumah ditambahkan zen garden untuk memperkuat kesan Jepangnya.

Gaya Scandinavian

Selain gaya Jepang, rumah dengan gaya Scandinavian juga menampilkan sisi sederhana dan rapi. Palet warna yang digunakan pun juga cenderung lebih soft, seperti putih, krem, atau coklat muda. Hal yang menarik dari gaya ini adalah tidak menggunakan fasad berbentuk kotak. Melainkan fasad rumah pada umumnya dengan bentuk atap segitiga. Di halaman depannya juga dibuat area untuk taman kecil.

Gaya Natural

Lalu ada rumah minimalis modern dengan gaya natural. Artinya, rumah ini memiliki elemen alam seperti tanaman, penggunaan kaca jendela yang besar, hingga menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Sebagian besar rumah dengan gaya natural dibuat dengan fasad berbentuk kotak atau persegi panjang.

Seperti perumahan dengan tipe Oakwood dan Verdant yang berlokasi di Shila at Sawangan. Rumah minimalis modern dari developer Vasanta Group yang mengutamakan keharmonisan alam. Setiap halaman rumah diberikan satu area untuk taman. Dimana Anda bisa menanam berbagai tanaman dan/atau bunga favorit.

Bagian dalamnya sudah mengusung konsep area terbuka. Sehingga Anda bisa melihat ada tiga area dalam satu ruangan yang sama. Hal inilah yang menjadikan rumah tipe Oakwood dan Verdant terlihat rapi, sederhana, dan dipenuhi cahaya. Palet warna yang digunakan pun juga tidak terlalu kontras. Lebih banyak menggunakan warna kalem dan soft untuk menonjolkan kesan minimalisnya.

Percayakan hunian Anda bersama Shila at Sawangan. Tidak hanya mengedepankan kesederhanaan rumahnya saja, tetapi Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan dan area pemukiman yang luar biasa nyaman. Segera hubungi tim marketing kami untuk mencari tahu lebih lanjut!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.