Tampilan cantik depan rumah Anda tidak hanya terlihat dari teras atau eksterior rumah saja. Tetapi juga dari tampilan taman minimalis depan rumah. Tidak hanya mempercantik, keberadaan taman ini juga bisa membuat rumah Anda terlihat segar, sejuk, dan indah.

Sesuai namanya, taman minimalis depan rumah ini tidak memerlukan lahan yang banyak. Cukup gunakan sisa lahan yang ada dan konsep yang sesuai. Seperti yang akan kita bahas di artikel kali ini. Simak terus sampai selesai, ya!

Pilihan Inspirasi Taman Minimalis Depan Rumah

Banyak orang beranggapan bahwa untuk membuat taman di area depan rumah membutuhkan lahan yang luas karena butuh banyak pohon dan tanaman yang diperlukan. Padahal, Anda bisa memanfaatkan tanaman kecil dan dekorasi seadanya, lho. Jika Anda masih bingung, berikut kami berikan beberapa konsep yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat taman mini impian, yaitu:

1. Taman Minimalis Depan Rumah dengan Hammock

Taman Minimalis Depan Rumah dengan Hammock

Inspirasi pertama adalah taman yang diberikan hammock untuk bersantai. Konsep ini cocok untuk rumah yang memiliki pagar tinggi untuk menjaga privasi. Untuk tanamannya sendiri, Anda bisa menggunakan pohon yang tumbuh menjulang tinggi dan rimbun, rumput gajah untuk alas jalan, standing lamp untuk penerangan, dan beberapa pot bunga favorit Anda. Agar mempercantik tampilan, Anda bisa menambahkan beberapa batu koral atau batu alam yang dipadukan dengan rumput gajah.

2. Ala Hutan Tropis

Ala Hutan Tropis

Dikarenakan kita tinggal di Indonesia, tidak sulit rasanya untuk menemukan tanaman tropis. Nah jika Anda salah satu penggemar tanaman tropis, Anda bisa membuat taman minimalis depan rumah ala hutan tropis. Anda bisa menata pohon paling besar di paling belakang atau menempel dengan tembok, lalu tanaman berukuran sedang, dan di barisan terdepan adalah tanaman yang paling kecil. Selain membuat tampilan rumah terlihat sejuk, semua tanaman ini bisa membantu untuk memperbaiki sirkulasi udara yang masuk ke rumah.

3. Minimalis dengan Pot Gantung

Minimalis dengan Pot Gantung

Konsep minimalis dengan pot gantung ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki sisa lahan yang bisa dijadikan taman. Keunggulan dari konsep ini adalah Anda bisa memiliki banyak tanaman hias gantung untuk mempercantik teras rumah. Padukan dengan desain pot yang unik dan estetik agar terlihat segar. Selain pot gantung, Anda juga bisa menempatkan pot tanaman biasa di atas rak kecil khusus. Pastikan tata letaknya tidak menghalangi jalan masuk, ya!

4. Kaktus di Taman Minimalis Depan Rumah

Kaktus di Taman Minimalis Depan Rumah

Kaktus merupakan salah satu tanaman tropis yang kini populer. Selain mudah perawatannya, kaktus yang tumbuh dengan baik juga bisa menjadi penghias rumah yang cantik dan estetik. Dengan penataan yang apik, rapi, dan cantik, tanaman hias yang satu ini bisa membantu menghijaukan taman minimalis depan rumah Anda. Dekorasi yang dibutuhkan pun tidak terlalu rumit. Cukup berikan rumput pendek di sekitar kaktus, batuan, dan sisa tanah yang tidak ditanam rumput.

5. Taman Warna-warni dengan Bunga Favorit

Taman Warna-warni dengan Bunga Favorit

Bagi Anda yang menyukai bunga hias, coba penuhi area depan rumah dengan bunga favorit Anda. Seperti bunga mawar, bunga bugenvil, kembang sepatu, anggrek, bunga matahari, dan lainnya. Tipsnya adalah pilih jenis bunga yang memiliki daya tahan tinggi terhadap sinar matahari dan cuaca ekstrem. Lalu pastikan perpaduan warnanya saling melengkapi agar terlihat cantik dan serasi.

6. Sentuhan Kolam Ikan

Sentuhan Kolam Ikan

Anda menyukai ikan dan tanaman? Kenapa tidak digabungkan saja dan buat taman minimalis depan rumah? Tidak perlu membuat kolam yang terlalu besar, sesuaikan dengan lahan yang ada karena perlu dibagi dengan beberapa tanaman. Perpaduan suara kucuran air dan udara segar yang dihasilkan dari tanaman akan membuat rumah Anda terasa sejuk, adem, dan tenang. Cocok untuk menemani waktu minum kopi di sore hari.

7. Ala Zen Garden Jepang

Ala Zen Garden Jepang

Taman minimalis depan rumah selanjutnya adalah ala zen garden Jepang. Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat taman ini. Dikarenakan unsur dari zen garden adalah pasir, Anda harus pastikan area taman terhindar dari cipratan air hujan atau lainnya. Lebih baik lagi jika Anda memberikan atap di atas taman ini. Lalu gunakan taman khas Jepang seperti bonsai, bambu Jepang, pinus Jepang, bunga hydrangea, dan lainnya. Jangan lupa berikan sentuhan stepping stone untuk jalur orang berjalan yang dipadukan dengan batu alam.

8. Taman Vertikal

Taman Vertikal

Taman vertikal juga bisa dijadikan solusi untuk Anda yang tidak memiliki sisa lahan untuk membuat taman minimalis depan rumah. Kelebihan dari konsep taman ini adalah bisa menciptakan iklim mikro yang spesifik untuk area di sekitarnya. Selain untuk mempercantik tampilan area depan rumah Anda, pembuatan taman vertikal ini juga cenderung mudah. Sebagian besar orang menggunakan sistem teralis, pot, atau hidroponik untuk membuatnya. Lalu tempatkan tanaman pilihan dan tata secantik mungkin.

9. Taman dengan Pola Tertentu

Taman dengan Pola Tertentu

Siapa bilang taman tidak bisa dibikin pola tersendiri? Anda bisa membuat pola pada penyusunan tanaman, lho. Misalnya Anda ingin membuat pola lingkaran, maka tanaman disusun mengikuti pola tersebut. Berikan batu alam sebagai pembatas antara pola yang satu dan yang lainnya. Lalu tambahkan rumput Jepang, rumput Swiss, atau rumput untuk lapangan golf untuk mempercantik tampilan taman.

10. Minimalis Sederhana dengan Rumput

Minimalis Sederhana dengan Rumput

Inspirasi konsep yang satu ini lebih menekankan pada keberadaan rumput yang digunakan dibandingkan dengan tanamannya. Sebagian besar area taman akan ditutupi oleh rumput, lalu tanaman akan ditempatkan di setiap sudut atau satu sudut saja. Anda juga bisa menambahkan lampu downlight untuk menerangi setiap sudut taman agar terlihat hangat. Lebih baik lagi jika Anda menambahkan stepping stone untuk jalur jalan orang agar tidak merusak rumput.

Demikianlah beberapa konsep taman minimalis depan rumah yang bisa menjadi inspirasi Anda. Satu hal yang perlu diperhatikan, jika Anda tidak ingin area taman cepat rusak atau berantakan, ada baiknya untuk membuat jalur jalan sendiri yang tidak melewati akses taman. Jangan lupa untuk terus merawat tanaman kesayangan agar bisa tumbuh dengan baik dan tetap terlihat asri.

Jadi, mau coba konsep yang mana? Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.