Umumnya, orang-orang membuat taman itu di bagian depan atau belakang rumah. Tapi bagaimana dengan ruang sempit di samping rumah? Dari pada dibiarkan kosong begitu saja, coba bikin taman samping rumah sempit yang bisa menambah keindahan dan kesejukan tempat tinggal Anda.

Mau itu dipenuhi oleh bunga warna-warni, tanaman hijau, atau tanaman sayur sekalipun, Anda bisa loh menyulap lahan sempit di samping rumah ini menjadi area yang cantik. Tidak hanya akan meningkatkan visual rumah Anda, tetapi juga fungsionalitas. Penasaran bagaimana desain cantik dari taman ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

Solusi Taman Samping Rumah Sempit yang Pintar

Tanpa disadari keberadaan tanaman memiliki banyak fungsi untuk rumah Anda. Mulai dari memberikan udara segar dan sejuk, menghalau debu masuk ke dalam rumah, hingga meningkatkan nilai rumah Anda. Sesederhana memilih tanaman atau memasang paving block di samping rumah untuk menciptakan taman yang indah dan menyejukkan.

Berikut beberapa desain taman samping rumah sempit yang estetik dan fungsional. Seperti:

Sandstone Paving

Sandstone Paving

Buka jalan menuju taman samping rumah Anda dengan memasang sandstone paving. Lalu tanam rumput di antara batu paving dan beberapa tanaman hijau di sekitarnya. Biarkan mereka tumbuh dengan sendirinya. Anda akan melihat indahnya warna hijau di samping rumah dan udara sejuk yang dibawanya.

Vertical Garden

Vertical Garden

Tidak ada banyak ruang di samping rumah Anda? Jangan khawatir, Anda bisa membuat vertical garden. Ada banyak opsi tanaman yang bisa digunakan. Mulai dari tanaman merambat, bunga warna-warni, tanaman hijau, tanaman sukulen, sayuran, hingga tanaman herbal. Anda bisa menggunakan sistem hidroponik atau membuat pagar untuk tempat menggantungkan pot.

Pot Bunga Di Jendela

Pot Bunga Di Jendela

Hiasi taman samping rumah sempit Anda dengan memasang beberapa pot tanaman dan bunga dekat jendela. Anda bisa memilih untuk menggunakan pot yang bisa ditempel di dinding atau dengan menggunakan pot gantung. Pilih bentuk pot yang unik untuk kesan seni artistik. Sementara itu, di bawahnya Anda bisa memasang rumput dan paving block untuk mendukung keindahan dari pot tanaman.

Taman Samping Rumah Sempit untuk Bersantai

Taman Samping Rumah Sempit untuk Bersantai

Berikan halaman samping rumah Anda nuansa taman yang berbeda dari landscape depan atau belakang. Anda dapat membuat taman pondok yang rimbun dan ramah privasi. Desain taman ini memberikan kesan santai dan kontemplatif. Gunakan pagar untuk menjaga privasi dan menjadi pembatas dengan lanskap lainnya. Tambahkan kursi dan meja untuk menikmati waktu bersantai di sore hari sambil minum kopi atau teh. Jika masih ada budget lebih, Anda bisa membuat kolam ikan kecil untuk menyelaraskan suasananya.

Kebun Mini Di Samping Rumah

Kebun Mini Di Samping Rumah

Saat ini bercocok tanam dengan sistem hidroponik sedang menjadi tren. Anda bisa menanam sayuran, buah, dan tanaman herbal di rumah sendiri. Apabila Anda tidak ingin menggunakan sistem hidroponik, pastikan area samping rumah Anda memiliki akses sinar matahari yang cukup karena tanaman ini perlu disinari setidaknya delapan jam dalam satu hari agar bisa tumbuh dengan maksimal dan baik.

Membuat Dry Stream

Membuat Dry Stream

Dry stream adalah salah satu desain taman samping rumah sempit yang bisa Anda aplikasikan selanjutnya. Tidak hanya menampilkan visual estetika saja, tetapi juga fungsional. Aliran kering ini bisa membantu untuk mencegah terkumpulnya air di halaman samping rumah. Terlebih kalau sedang hujan deras. Aliran yang dibuat seperti sungai kering ini bisa membantu mengalirkan air ke area yang lebih rendah.

Wheelbarrow Garden

Wheelbarrow Garden

Kalau Anda memiliki gerobak tangan sorong yang sudah tidak terpakai, ada baiknya untuk didaur ulang menjadi pot bunga yang besar. Bagian bawahnya bisa dibor dan buat beberapa lubang untuk drainase. Keunggulan dari penataan taman kecil ini adalah Anda bisa memindahkannya sesuai dengan kebutuhan.

Tanaman Merambat Di Taman Samping Rumah Sempit

Tanaman Merambat Di Taman Samping Rumah Sempit

Tanaman merambat adalah salah satu solusi pintar bagi Anda yang bingung memilih jenis tanaman untuk taman samping. Tanamlah beberapa tanaman merambat di area samping rumah. Berikan penopang atau seperti pagar agar arah rambatannya teratur. Biarkan tumbuh dan lihat hasil akhirnya nanti.

Kolam Ikan Mini dari Tong Bekas

Kolam Ikan Mini dari Tong Bekas

Jika Anda memiliki tong bekas, ubahlah menjadi sebuah kolam ikan mini. Selain hemat tempat, perawatannya pun mudah. Tambahkan tanaman air di kolam seperti lily pads dan lainnya. Jangan lupa pelihara beberapa ikan kecil sesuai dengan ukuran kolam. Anda juga bisa menambahkan beberapa pot tanaman di sekitar kolam untuk menyegarkan suasana.

Taman Samping Rumah Sempit dengan Konsep Floral Archway

Taman Samping Rumah Sempit dengan Konsep Floral Archway

Jadikan floral archway sebagai pintu masuk menuju taman bunga di samping rumah Anda. Meskipun konsepnya bunga warna-warni yang cantik, Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hijau yang selaras. Tanami rumput yang lembut untuk menutup tanah dan sebagai jalan setapak. Lebih cantik lagi jika Anda memberikan beberapa batu kecil untuk menemani rumputnya.

Itulah beberapa desain taman samping rumah sempit yang estetik dan juga fungsional. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa area sempit di samping rumah bisa dijadikan taman kecil yang indah dan menyegarkan. Jadi, kapan mau menyulap area tersebut?

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.