Tambahkan sentuhan kemewahan ke rumah Anda dengan memasang tangga melayang. Hal ini akan menciptakan transformasi yang dramatis dan membuat ruangan terbuka yang luas. Perpaduan sempurna antara keanggunan dan fungsionalitas, yang dirancang untuk meningkatkan nilai rumah Anda.

Ucapkan selamat tinggal pada desain tangga biasa, dan beralihlah ke model tangga melayang yang akan memikat hati siapa saja yang datang berkunjung ke rumah Anda. Mulai dar desain tangga minimalis  hingga mewah, bisa Anda temukan di artikel bawah ini.

Desain Tangga Melayang yang Estetik

Sesuai namanya, desain ini menciptakan ilusi tangga mengambang tanpa alat penyangga yang terlihat. Tangga melayang dapat membuka rumah Anda, membiarkan cahaya masuk, dan menciptakan fitur yang menakjubkan. Untungnya, desain ini bisa disesuaikan dengan gaya dan selera Anda. Mau yang minimalis, industrial, rustic, atau mewah sekalipun, bisa disesuaikan.

Berikut beberapa desain tangga melayang yang estetik. Di antaranya adalah:

1. Tangga Melayang Ganda yang Megah

Tangga Melayang Ganda yang Megah

Desain yang pertama cocok bagi Anda yang sedang mencari tampilan mewah dari tangga. Desain ini memancarkan keanggunan dan menciptakan kesan mewah di dalam rumah. Langkan atau pinggiran tangganya dibuat dengan besi tempat hitam dan pegangan kayu yang menambah kemegahan. Pastikan tangga mewah ini berhadapan dengan pintu utama, agar ketika tamu datang berkunjung mereka akan langsung merasa kemegahan dari rumah rumah Anda.

Tangga Kontemporer Minimalis

Desain Tangga Melayang yang Estetik

Berikutnya ada desain yang paling umum dan sering digunakan terbuat dari beton putih dan railing kaca. Desain yang satu ini bisa diaplikasikan jika Anda menginginkan tampilan tangga yang ramping dan kontemporer. Menggabungkan keindahan minimalis dengan transparansi kaca, membuat cahaya matahari yang masuk bisa bebas mengalir. Tangga melayang yang satu ini juga bisa menciptakan suasana terbuka dan lapang. Kelebihannya, bisa diaplikasikan di rumah yang memiliki area terbatas.

S-Shape Floating Stairs

S-Shape Floating Stairs

Tambahkan sentuhan artistik dan mewah di rumah Anda dengan menggunakan tangga berbentuk huruf S. Sesuai namanya, tangga ini dibuat melingkar seperti huruf S. Untuk menciptakan kesan mewahnya, Anda bisa menggunakan marmer dan besi tempa untuk langkannya. Manfaatkan area kosong dibawah tangga untuk menyimpan koleksi buku atau dekorasi tertentu agar terlihat berisi.

Lengkungan Mewah dari Sebuah Tangga

Lengkungan Mewah dari Sebuah Tangga

Selain tangga melayang ganda, Anda juga bisa membuat tangga mewah yang melengkung. Terutama jika Anda memiliki ruang yang cukup, Anda bisa membuat tangga melengkung yang bisa menjadi pusat perhatian di dalam rumah. Apalagi dengan tambahan tiga jendela besar yang dipasang di sepanjang alur tangga. Desain ini memungkinkan cahaya alami dari sinar matahari membanjiri seluruh ruangan di rumah, sehingga bisa menciptakan efek visual yang menakjubkan. Gunakan area kosong di bawah tangga untuk ruang bersantai atau pojok baca yang nyaman.

Tangga Kayu Melayang

Tangga Kayu Melayang

Tangga kayu melayang yang satu ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin menambahkan estetika yang bersih dan minimalis. Dengan penyangga tersembunyi, anak tangga akan terlihat mengambang. Desainnya yang sederhana dan anggun ini menyatu sempurna dengan dinding dan suasana rumah. Anda bisa menggunakan palet warna yang sesuai dengan cat dinding agar tidak terjadi kontras warna yang berlebihan.

Rustic Steel Stairs

Rustic Steel Stairs

Anda juga bisa menciptakan suasana seperti rumah di pedesaan dengan tangga melayang konsep rustic yang terbuat dari baja. Dengan gaya kantilever atau kaku, tangga logam hitam dengan pegangan baja ini menampilkan pesona kontemporer namun kokoh di dalam rumah Anda. Balok logam yang panjang digunakan untuk menopang struktur besi tangganya. Jadikan ruangan di bawah tangga sebagai tempat penyimpanan atau untuk meja pajang.

Tangga Melayang L-Shape

Tangga Melayang L-Shape

Ada kesan unik dan menawan dari tangga melayang berbentuk L ini. Tangga ini dibuat menikung 90° atau 180° di sudut ruangan. Hal ini menciptakan ruang besar di bawah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk area bersantai atau menonton TV. Seperti yang terlihat pada gambar, kabel baja digunakan untuk menopang anak tangga yang seolah tergantung seperti ayunan. Menciptakan ilusi tanpa bobot dan menambahkan sentuhan modern di dalam rumah.

Tangga Melayang Industrial

Tangga Melayang Industrial

Penggemar konsep industrial bisa mencoba desain tangga melayang yang satu ini. Pada gambar, arsiteknya menggunakan desain sawtooth atau gigi gergaji. Menggabungan anak tangga baja yang menyerupai pola gigi gergaji dan pagar jala, untuk menciptakan visual yang berani dan edgy.

Tangga Spiral Kayu

Tangga Spiral Kayu

Untuk rumah dengan konsep modern, Anda bisa mencoba tangga spiral kayu ini yang memberikan kesan anggun dan modern. Uniknya, tangga melayang ini hanya ditopang oleh pagar beton di samping tangga saja. Jadi, Anda perlu memperhatikan kaki saat menaiki atau turun dari tangga ini. Desain spiral membuat tampilan tangga yang canggih, modern, dan unik.

Tangga Double-Stringer Tertutup

Tangga Double-Stringer Tertutup

Satu lagi desain tangga melayang yang bisa Anda aplikasikan di rumah adalah double-stringer tertutup. Dirancang untuk mempertahankan kesan terbuka pada bangunan yang luas. Keunggulan dari desain ini adalah tidak menghalangi cahaya sinar matahari yang masuk melalui jendela yang dipasang di sekitarnya. Cocok untuk rumah dengan konsep urban, minimalis, atau kontemporer.

Itulah beberapa desain tangga melayang yang estetik dan juga fungsionalis untuk diaplikasikan di rumah Anda. Dari beberapa gambar di atas dapat disimpulkan bahwa tangga bukan hanya sekedar alat untuk membantu kita pergi ke lantai atas, tetapi juga bisa menjadi sebuah karya seni yang memberi nilai tambah di rumah Anda.

Jadi, Anda suka desain yang mana? Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.