Sawangan, Depok, adalah kawasan yang kaya akan potensi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Dari keindahan alam hingga wisata religi, tempat-tempat wisata di Sawangan menawarkan pengalaman yang beragam dan tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Mulai dari hamparan hijau, setu dan pantai putih, hingga destinasi religi. Sawangan memiliki segala sesuatu yang dapat memenuhi keinginan para wisatawan yang haus akan petualangan dan pengetahuan baru.

Dengan atmosfer yang menenangkan dan keindahan alam yang memukau, Sawangan, Depok, siap menyambut para pengunjungnya untuk menjelajahi keajaiban-keajaiban yang ditawarkan oleh kawasan ini. Berikut review tempat-tempat wisata di Sawangan, Depok, beserta keterangan lengkap tentang fasilitas, lokasi dan biaya masuk yang dapat menjadi referensi anda:

7 Tempat Wisata di Sawangan Depok 

1. Taman Wisata Pasir Putih

Taman Wisata Pasir Putih

Taman Wisata Pasir Putih adalah salah satu tujuan wisata yang paling populer di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Terkenal dengan pantai pasir putihnya yang indah, taman air, dan kolam renangnya. Pantai dengan pasir putih yang memukau adalah daya tarik utama dari Taman Wisata Pasir Putih. Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan di pantai seperti berenang, berjemur, dan berbagai aktivitas lainnya. 

Terdapat banyak fasilitas yang dapat anda temui di Taman Wisata Pasir Putih ini, diantaranya: 

Wisata air; berupa kolam renang, water boom, taman bermain air. 

Outbond yang disesuaikan dengan umur; 9 tahun kebawah bisa mencoba menangkap ikan, playground, hingga Flying fox dan circuit games, untuk dewasa ada wahana triangle hingga galon bocor.

wahana ATV yang  menantang, jalanannya yang berbatu dan curam memberikan pengalaman yang akan memacu adrenalin anda. 

Bungalow tersedia sebagai penginapan yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Terdapat berbagai jenis bungalow dengan berbagai kapasitas, mulai dari kamar yang mampu menampung 7, 20, 30, hingga 150 orang.

Beberapa bungalow bahkan dilengkapi dengan fasilitas futsal dan billiard. Hal ini menjadikannya sangat cocok untuk acara keluarga, kantor, atau bahkan acara sekolah.

Karaoke dan organ tunggal, bagi pengunjung yang ingin bermain musik sendiri, bersama teman, hingga komunitas.

Lapangan Futsal & Area Pemancingan yang menyenangkan untuk melepas penat bersama rekan dan keluarga.

Food court yang menyediakan berbagai makanan lokal khas Indonesia.

Taman Wisata Pasir Putih ini terletak di Sawangan, Depok, yang mudah diakses dari Jakarta dan kota-kota terdekat lainnya. Tepatnya berlokasi di Jl. Garuda Raya No.1, RT.01/RW.07, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519.

Anda dan keluarga dapat berkunjung ke Pasir Putih Sawangan kapanpun, karena taman wisata ini buka setiap hari, Senin-Kamis dari pagi pukul 09.00 hingga sore hari pukul 17.00, kecuali tutup hari jum’at, dan untuk Sabtu-Minggu buka lebih awal pada pukul 08.00 hingga 17.30 sore hari.

Harga tiket masuk wisata ini pun tak akan membuat anda merogoh kocek dalam-dalam, karena tempat wisata ini cukup terjangkau malah cenderung murah menimbang dari berbagai wahana dan fasilitas yang dapat anda nikmati di sana. Harga terupdate awal tahun  2024 Pasir Putih Depok yaitu Senin-Kamis : Rp. 20.000 (anak-anak) & Rp. 25.000 (dewasa) sedangkan Sabtu & Minggu: Rp. 25.000 (anak-anak) & Rp. 30.000 (dewasa). Harga tersebut belum termasuk tiket wahana dan fasilitas yang perlu disewa. Untuk harga tiket wahana berkisar Rp. 5000 sampai Rp. Rp. 20.000 per orang.

2. D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm merupakan tempat wisata berkonsep edukasi tentang pertanian dan peternakan di alam hijau nan asri, cocok menjadi destinasi liburan bersama keluarga di Sawangan, Depok. D’Kandang Amazing Farm, tempat wisata alam edukatif, menawarkan berbagai wahana dan area yang beragam untuk pengunjungnya. Selain area peternakan dan pertanian, tempat ini juga menyediakan kegiatan outbond. Dengan luas sekitar 8 hektar, pengunjung dapat memperoleh pengetahuan baru sambil bersenang-senang. 

Di sini, kamu dapat memberi makan hewan, mengikuti proses pemerahan susu sapi, menikmati yoghurt segar, naik delman, berfoto di berbagai spot menarik, serta belajar tentang pertanian. Tidak hanya itu, terdapat juga area rumput hijau yang ramah bagi anak-anak dan taman bermain anak yang unik dengan suasana asri. 

Fasilitas yang disediakan di D’Kandang Amazing Farm juga cukup lengkap, mulai dari toilet, gazebo, restoran, musala, hingga area merokok, sehingga liburan menjadi lebih nyaman.

Tempat wisata ini terletak di Jalan Penarikan Sawangan, Depok, tepatnya di Jl. Penarikan No.RT 01 / 02, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519.

Beroperasi setiap hari kecuali di hari Jum’at, Senin-Kamis mulai pukul 08.00- 16.00 WIB, Sabtu 08.00 – 16.00 WIB dan buka lebih awal di hari MInggu pukul 06.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket masuk wisata ini menyesuaikan golongannya, berkisar Rp. 20 ribu per orang hingga Rp. 120 ribu dan Rp. 150 ribu per orang dengan paket wisata lengkap, yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati berbagai kegiatan menarik dengan satu pembayaran saja.

3. Pondok Zidane

Pondok Zidane

Pondok Zidane adalah destinasi wisata yang memikat, menawarkan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang, kegiatan outbound, akomodasi, dan agrowisata. Terletak di Kecamatan Sawangan, Depok, tempat wisata ini telah diinisiasi sejak tahun 2000 dengan visi menciptakan lingkungan wisata yang nyaman, aman, berorientasi pada nilai-nilai edukatif, kebudayaan, dan islami. Pondok Zidane menjadi pilihan yang menarik bagi wisatawan di Depok karena berbagai keseruan yang ditawarkannya.

Fasilitas yang ada di kawasan Pondok Zidane diantaranya: Area parkir, Lapangan luas, Aula pertemuan, Kantin, Wahana permainan anak, Mushola, Kolam renang, Area playground, Arena outbound, Camping ground, hingga Penginapan dengan berbagai tipe dan fasilitas.

Untuk mencapai Pondok Zidane dari kota Depok, arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Garuda Raya. Kemudian, melanjutkan perjalanan melalui Jalan Kekupu hingga Anda mencapai destinasi, Pondok Zidane. Tepatnya di Jalan Kekupu Blok, Blok Porek 1, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519.

Pondok Zidane buka setiap hari Senin hingga Minggu kecuali di hari Jum’at. Tempat wisata ini mulai beroperasi pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. 

Untuk harga tiket wisata ini anda dapat memilih paket wisata yang akan anda lakukan, seperti paket lengkap Outbound mulai Rp. 110 ribu hingga Rp. 275 ribu dan tiket kolam renang Rp. 20 ribu (anak-anak) dan Rp. 25 ribu (dewasa).

4. Putri Duyung Waterboom

Putri Duyung Waterboom

Kolam renang Putri Duyung di Sawangan, Depok, ini juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menyenangkan bersama anak dan keluarga diakhir pekan. Diresmikan di atas area yang cukup besar, melebihi 30.000 meter persegi, memberikan pengalaman yang memuaskan bagi para pengunjung yang ingin berenang di wisata ini.

Salah satu keunggulan dari kolam renang di Depok adalah bahwa suhu di sekitar kolam tidak terlalu panas saat siang hari. karena adanya pohon kelapa yang tumbuh di sekitar kolam menghalau terik matahari langsung, sehingga menambah kenyamanan para pengunjung ketika berada di sini.

Tipe kolam renang ini terbilang lengkap dan dapat dinikmati oleh beragam usia, mulai dari kolam renang balita, kolam renang anak dan kolam dewasa. Adapun tipe kolam renang di Waterboom Putri Duyung adalah; 

  • Kolam ombak, anda dapat merasakan sensasi ombak layaknya berada di pantai atau laut lepas. 
  • Kolam arus, kolam arus ini mengelilingi kolam anak dengan kedalaman 90 cm, sehingga aman untuk anak bermain. 
  • Kolam anak, dengan kedalaman kolam kurang lebih 80 cm, kolam ini dapat menjadi tempat favorit anak-anak anda. Dilengkapi wahana seluncuran, ember tumpah, panggung air, patung badut, putri duyung, katak, gurita dan sebagainya, sehingga benar-benar menarik bagi anak-anak. 
  • Kolam balita, diperuntukkan untuk bayi bawah lima tahun, dengan kedalaman kolam kurang lebih 60 cm. Dilengkapi seluncuran khusus balita dan air mancur yang melingkari kolam renang ini.

Fasilitas yang dapat anda nikmati diantaranya, Minimarket yang menyediakan perlengkapan renang hingga makanan, Area parkir yang luas, Ruang ganti wanita dan pria yang terpisah, Kantin UKM dengan harga bersahabat, dan Mushola yang bersih dan nyaman.

Kolam renang Putri Duyung di Sawangan, Depok, ini beralamat di Jl. Bungsan No.50, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519

Harga tiket masuk kawasan kolam renang ini berkisar Rp. 20.000 hingga Rp. 60.000 rupiah.

Berikut adalah harga tiket masuk (HTM) untuk berbagai jenis pengunjung di tempat tersebut:

Senin-Kamis:

– Umum: Rp. 35.000,-

– Turis Asing: Rp. 60.000,-

– Rombongan Keluarga (>10 orang): Rp. 32.000,-

– Rombongan Sekolah (>30 orang, termasuk Bonus Guru): Rp. 23.000,-

– Rombongan Yatim Piatu (>30 orang): Rp. 20.000,-

Jumat:

– Umum: Rp. 35.000,-

– Turis Asing: Rp. 50.000,-

– Rombongan Keluarga (>10 orang): Rp. 23.000,-

– Rombongan Sekolah (>30 orang, termasuk Bonus Guru): Rp. 23.000,-

– Rombongan Yatim Piatu (>30 orang): Rp. 20.000,-

Sabtu & Minggu:

– Umum: Rp. 40.000,-

– Turis Asing: Rp. 75.000,-

– Rombongan Keluarga (>10 orang): Rp. 35.000,-

– Rombongan Sekolah (>30 orang, termasuk Bonus Guru): Rp. 28.000,-

– Rombongan Yatim Piatu (>30 orang): Rp. 25.000,-

Putri Duyung Waterpark Depok beroperasi setiap hari, dari Senin hingga Minggu. Berikut adalah jam operasionalnya:

– Senin-Kamis: Buka dari jam 07.00 pagi hingga jam 16.00 sore.

– Jumat: Buka dari jam 13.00 siang hingga jam 16.00 sore.

– Sabtu-Minggu: Buka dari jam 07.00 pagi hingga jam 16.30 sore.

Disarankan untuk tidak datang terlalu sore agar tidak kehabisan waktu, karena taman akan ditutup.

5. Situ Pengasinan

Situ Pengasinan

Situ Pengasinan Depok, terletak di Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, merupakan destinasi wisata yang terletak agak jauh dari pusat Kota Depok. Meskipun jaraknya cukup jauh, Situ Pengasinan Depok sering dikunjungi oleh pengunjung setiap akhir pekan. Keindahan alamnya dan beragamnya wahana permainan menjadi daya tarik utama Situ Pengasinan Depok.

Di dalamnya, tersedia berbagai fasilitas seperti area parkir kendaraan, toilet, mushola, wahana permainan anak, serta warung makanan dan minuman.

Situ Pengasinan buka setiap hari Senin-Minggu, dari pukul 8.00 hingga 18.00 WIB. Pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir tanpa perlu membayar tiket masuk.

Setu Pengasinan ini terletak di Jl. Setu Pengasinan Indah No.27, Pengasinan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16518

6. Wisata Air Situ Bojongsari

Wisata Air Situ Bojongsari

Situ Bojongsari, yang terletak di Sawangan, Kota Depok, menawarkan pemandangan yang menakjubkan, yang sangat cocok untuk merilekskan pikiran.

Pengunjung dapat bersantai di bawah naungan pepohonan yang rimbun sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang menyegarkan. Banyak juga yang memanfaatkan Situ Bojongsari sebagai lokasi memancing dan hunting foto-foto ala pedesaan yang menarik, karena latar belakangnya langsung menghadap ke danau yang indah.

Situ Bojongsari dapat dikunjungi oleh pengunjung mulai pukul 9.00 hingga 16.00 WIB. Harga tiket masuk cukup terbilang murah, namun berbeda antara akhir pekan dan hari biasa. Akhir pekan tarif tiket sejumlah Rp20.000 sedangkan di hari biasa: Rp10.000.

Situ bojongsari ini terletak di Jalan H Kenan Rt 002 Rw 012 Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari Lama, Kedaung, Sawangan, Depok City, West Java 16516.

7. Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas

Untuk masuk ke Masjid Kubah Emas tidak diperlukan tiket masuk, jika datang dengan kendaraan pribadi, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir. Masjid Kubah Emas dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap, termasuk toilet, perpustakaan, dan area parkir yang luas.

Selain itu Terdapat juga kantin yang bersih dan nyaman. Di sekitarnya, juga terdapat taman-taman klaster yang menambah keindahan pemandangan dari berbagai sudut masjid. Taman-taman ini juga dapat dijadikan tempat untuk berfoto selfie. Di area yang sama, terdapat sebuah aula yang dapat digunakan untuk berbagai acara seperti pernikahan atau seminar, yang interior-nya juga sangat mewah.

Masjid ini buka setiap hari pada pukul 03.40-06.30 WIB dan 10.00-20.00 WIB. Namun, pada hari kamis, sesi kedua masjid ini buka mulai pukul 14.30-20.00 WIB. Untuk lokasinya, Masjid Kubah Emas atau Masjid Dian Al Mahri ini berlokasi di Jalan Meruyung Raya, Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat 16515.

Itulah 7 tempat wisata yang berada di Sawangan, Depok, yang dapat dijadikan pilihan. Dengan berbagai pilihan ini, Anda dapat menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan dan berkesan di Sawangan, Depok.

Author Profile

Muhammad Fikri
Sarjana teknologi yang menyukai menulis & travelling. Mempelajari secara mendalam tentang perkembangan teknologi dan sistem informasi.