Salah satu tantangan dalam mengecat rumah adalah memilih warna cat kamar tidur. Mengapa? Sebab pilihan warna yang tepat bisa membawa suasana tenang dan memberikan mood yang sesuai. Sehingga hal ini bisa memberikan Anda kualitas tidur yang nyaman.

Memilih warna cat kamar tepat juga bisa membantu Anda menjadi lebih segar ketika bangun di pagi hari dan mengembalikan semangat. Maka dari itu, Anda harus memilih warna yang sesuai dengan kepribadian atau mood, Yuk, simak pilihan warnanya di bawah ini!

Pilihan Warna Cat Kamar untuk Anda

Terlepas dari siapa pemilik kamar tidur, baik dewasa maupun anak kecil, pemilihan warna cat kamar bisa mempengaruhi mood dan semangat Anda secara tidak langsung. Terlebih saat ini ada banyak pilihan warna yang bisa dijadikan sebagai inspirasi. Jadi Anda tidak perlu khawatir atau bingung saat menentukannya.

Berikut berbagai pilihan warna cat kamar yang bisa Anda aplikasikan, meliputi:

1. Si Lembut Lilac

cat kamar minimalis

Ada lagi warna cat kamar yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan mood dan membangkitkan semangat, yaitu lilac atau disebut juga dengan ungu muda. Sebenarnya, warna ini merupakan kombinasi antara merah muda dan ungu muda. Sehingga menghasilkan warna yang lembut dan feminim. Cocok digunakan untuk kamar anak gadis.

2. Lavender Cerah

Lavender Cerah

Jika lilac merupakan warna ungu muda yang lembut, maka lavender merupakan warna ungu cerah yang mewah dan elegan. Dalam filosofinya, warna ini sering kali dikaitkan dengan pertumbuhan seorang wanita muda yang berubah menjadi lebih anggun. Tidak heran jika pilihan warna cat kamar ini sering kali digunakan untuk kamar anak perempuan yang beranjak dewasa.

3. Merah Muda yang Chic

warna cat kamar pink

Selain ungu, warna merah muda juga sering kali digunakan sebagai pilihan warna cat kamar anak perempuan. Kesan yang ditampilkan adalah feminin dan chic. Penggunaan warna ini cocok untuk anak perempuan yang beranjak dewasa. Misalnya seperti masa peralihan dari SD ke SMP atau SMA. Padukan dengan dekorasi furniture berwarna senada atau putih untuk mempercantik ruangan.

4. Kesegaran dari Warna Biru

warna cat kamar biru

Warna biru merupakan salah satu warna yang memiliki banyak gradasinya. Ada biru laut, biru langit, biru tua, biru muda, dan lainnya. Disamping itu, warna biru juga diklaim bisa membantu meningkatkan kreativitas karena memberikan kesan tenang dan rileks. Biasanya, warna cat kamar biru itu digunakan untuk kamar anak laki-laki. Dimana di dindingnya bisa dihiasi dengan dekorasi yang bisa membantu imajinasi dan daya kreativitasnya.

5. Si Minimalis Coklat Muda

warna cat kamar coklat

Tahukah Anda bahwa, warna coklat muda bisa memberikan kesan teduh kepada siapa saja yang melihatnya? Tidak hanya itu, salah satu warna elemen bumi ini juga memberikan kesan anggun, elegan, serta minimalis. Bahkan, menurut feng shui, warna ini sangat disarankan sebagai warna cat kamar atau ruangan lainnya karena bisa membuat tubuh rileks.

6. Sage Grey yang Menenangkan

Sage Grey yang Menenangkan

Pilihan warna cat kamar selanjutnya adalah sage grey, atau abu-abu sage. Secara umum, warna dasarnya adalah abu-abu dengan sentuhan gradasi kehijauan. Perpaduan warna ini membuat hasilnya terlihat cantik dan menenangkan ketika diaplikasikan di kamar tidur.

7. Warna Hijau Daun

Warna Hijau Daun

Bagi Anda yang menyukai warna alam, warna hijau daun bisa menjadi alternatifnya. Penggunaan warna ini bisa memberikan kesan segar dan sejuk pada sebuah ruangan. Selain itu, warna hijau juga bagus untuk kesehatan mata. Terutama bagi Anda yang selalu menatap layar gadget. Untuk mempercantik ruangan, Anda bisa menambahkan pot tanaman palsu di sudut meja.

8. Hijau Mint

Hijau Mint

Hijau mint sering kali dikaitkan sebagai warna seimbang antara biru dan hijau. Warna ini akan memberikan kesan lembut, sejuk, menenangkan, dan segar. Kelebihan dari penggunaan warna hijau mint adalah bisa dikombinasikan dengan banyak warna dan tidak akan pernah over. Bahkan warna ini akan mengikuti atau beradaptasi dengan warna-warna di sekitarnya.

9. Hijau Lumut

Hijau Lumut

Sesuai namanya, warna ini menyerupai lumut. Kendati demikian, pemilihan warna ini bisa memberikan tampilan segar di kamar Anda, lho. Warna earth tone ini juga bisa dipadukan dengan warna cerah lainnya seperti kuning, terakota, lavender, dan lime green.

10. Si Cerah Kuning

Si Cerah Kuning

Fakta menarik dari warna cerah ini adalah merupakan salah satu dari tiga warna dasar yang bukan merupakan hasil dari kombinasi warna. Selanjutnya, warna kuning sering kali dikaitkan dengan keceriaan, kegembiraan, kebahagiaan, dan hal-hal positif lainnya. Sehingga sangat cocok digunakan untuk warna cat kamar tidur, karena bisa mempengaruhi suasana hati seseorang.

11. Si Hitam Elegan

Si Hitam Elegan

Pemilihan warna hitam sangat cocok digunakan di kamar yang sudah berpasangan. Pasalnya, warna ini sering dikaitkan dengan keintiman dan misteri. Kesan yang ditampilkan warna ini adalah gelap nan mempesona. Tidak heran jika warna cat kamar tidur yang satu ini bisa menciptakan suasana misterius yang memikat.

12. Terakota Warna Bumi

Terakota Warna Bumi

Salah satu warna earth tone popular lainnya adalah terakota. Tahukah Anda bahwa warna vintage ini merupakan perpaduan antara coklat gelap dan merah? Warna ini bisa menggambarkan rasa kepercayaan diri, keseimbangan, dan juga kekuatan. Jika Anda menyukai suasana vintage, maka Anda bisa mempertimbangkan penggunaan warna ini.

13. Burnt Sienna

Burnt Sienna

Burnt sienna adalah warna terang dari terakota. Warna ini sering dikaitkan dengan warna merah bata dan api yang membara. Jika Anda ingin menggunakan warna ini, coba padukan dengan dekorasi berwarna putih, kuning, coral, hijau, biru, atau oranye.

14. Si Putih yang Bersih

Si Putih yang Bersih

Putih merupakan warna umum yang sering digunakan dalam berbagai ruangan. Baik kamar tidur, ruang tamu, dapur, garasi, teras, dan lainnya. Warna ini dipilih karena bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Sebagai salah satu warna netral, Anda bisa dengan bebas memadukan berbagai warna dekorasi dan furniture untuk mempercantik ruangan.

15. Natural Krem

warna cat kamar cream

Sebagai warna yang natural, ternyata krem bisa memberikan kesan klasik, mewah, dan tidak termakan oleh zaman, lho. Pilihan warna cat kamar krem juga bisa memberikan tampilan yang estetik , hangat, dan sejuk. Kendati demikian, warna krem termasuk warna yang pucat. Jadi Anda harus memadukannya dengan warna perabotan yang netral, senada, atau earth tone.

16. Netral Greige 

Netral Greige

Mungkin sebagian dari Anda belum familiar dengan warna ini. Greige merupakan perpaduan antara abu-abu dan beige. Warna ini cocok untuk Anda yang ingin warna netral namun tidak terlihat membosankan. Terutama jika fasad rumah Anda adalah tipe industrial. Maka pemilihan warna ini adalah solusinya. Tambahkan juga perabotan dan dekorasi ala industrial untuk memperlengkap tampilan kamar.

17. Merah Menyala

Merah Menyala

Merah menyala cocok untuk Anda yang menyukai warna cerah dan mencolok. Kesan yang diberikan adalah kuat, berani, dan menonjol. Fakta menariknya, warna cat kamar ini merupakan warna terkuat dan menarik perhatian. Merah diklaim sebagai warna yang bisa memancarkan energi positif bagi penggunanya. Sebab, arti dari warna ini adalah perjuangan dan semangat.

Bagaimana? Apakah ada warna yang sesuai dengan kepribadian Anda? Kalau ada, jangan ragu untuk menggunakan pilihan warna di atas, ya! Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.