Penggunaan warna cat ruang tamu agar terlihat mewah tentu harus diperhatikan dengan baik. Jika salah memilih warna, bisa-bisa malam memberi kesan lain di rumah Anda. Sebagian besar orang memilih warna yang senada dengan furniture yang mereka gunakan agar terlihat serasi dan enak dipandang.

Ada yang memilih warna kalem, warna kontras, warna cerah, atau gabungan dari beberapa warna. Lalu, kira-kira warna cat ruamg tamu agar terlihat mewah itu seperti apa? Yuk, cari tahu beberapa pilihan warnanya di bawah ini!

Pilihan Warna Cat Ruang Tamu Agar Terlihat Mewah

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pemilihan warna cat tembok pada rumah bisa memberikan kesan tersendiri. Termasuk salah satunya adalah ruang tamu. Pemilihan warna yang tepat bisa membuat suasana rumah menjadi berbeda. Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkannya dengan seksama.

1. Warna Krem yang Polos

keramik lantai dapur

Pemilihan krem sebagai warna cat ruang tamu agar terlihat mewah tidak pernah salah. Mengapa? Sebab krem merupakan warna netral yang bisa dipadukan dengan warna lainnya. Dengan kata lain, warna krem ini akan mengikuti warna yang dipadukan. Misalnya, Anda memadukan dengan warna cerah, maka ruang tamu Anda akan terlihat terang, ceria, dan bersemangat.

2. Putih Minimalis yang Bersih

Dinding Ruang Tamu

Sama seperti warna krem, pemilihan warna putih tidak pernah salah. Hampir seluruh rumah menggunakan putih sebagai warna cat dindingnya. Baik untuk di ruang tamu, kamar, dapur, dan area rumah lainnya. Selain menampilkan kesan bersih dan luas, putih bisa dengan mudah dipadukan dengan warna lainnya. Agar tidak terlihat membosankan, Anda bisa menggunakan warna cerah sebagai temannya.

3. Broken White yang Tidak Membosankan

warna dinding ruang tamu broken white

Apabila menurut Anda warna putih terlalu bersih dan takut cepat kotor, Anda bisa menggunakan warna broken white. Kesan yang ditonjolkan dari penggunaan warna ini adalah hangat dan nyaman. Terutama jika terkena pancaran sinar matahari di pagi hari. Tidak hanya itu, broken white juga cocok untuk Anda yang menyukai konsep minimalis dan sederhana.

4. Kuning Lemon Si Ceria

Kuning Lemon Si Ceria

Mungkin warna kuning lemon jarang digunakan oleh sebagian besar orang. Tapi siapa sangka jika warna ini bisa membantu memantulkan cahaya sinar matahari yang masuk. Hasilnya tentu akan membuat ruangan menjadi terang, dan Anda tidak memerlukan bantuan lampu di siang hari. Nah, untuk menambah kesan cantik dan mewah, Anda bisa memadukan dengan warna hijau. Persis seperti pohon lemon yang cantik. Atau bisa juga menggunakan warna pastel yang kalem.

5. Peach yang Menyenangkan

Peach yang Menyenangkan

Warna cat ruang tamu agar terlihat mewah selanjutnya adalah peach. Warna yang digunakan sama dengan buahnya, yaitu pink kemerahan. Kelebihan dari warna ini adalah bisa menjadikan ruang tamu terlihat sejuk dan cerah. Anda bisa memadukannya dengan furniture berawarna pastel atau koral untuk menonjolkan kesan vintage.

6. Hijau Sage yang Sejuk

Hijau Sage yang Sejuk

Tahukah Anda bahwa, pemilihan warna hijau sage sedang menjadi tren akhir-akhir ini? Hal ini karena penggunaan warna hijau sage bisa membuat ruangan terlihat sejuk, adem, elegan, ceria, dan juga bersemangat. Ditambah, warna ini bisa dipadukan dengan warna lainnya. Baik warna cerah maupun warna gelap atau kalem. Kalau mau terlihat elegan, Anda bisa memadukan warna putih, broken white, atau krem.

7. Si Hitam yang Elegan

Si Hitam yang Elegan

Sepertinya warna hitam tidak boleh luput dari pilihan warna cat ruang tamu agar terlhat mewah yang bisa Anda pertimbangkan. Meskipun termasuk dalam kategori warna gelap, penggunaan warna ini bisa membuat ruang tamu Anda terlihat elegan. Terutama jika Anda bisa menggabungkan beberapa warna cantik yang mendukung. Seperti merah, coklat tua, abu-abu, dan putih. Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan warna ini, sebaiknya gunakan di satu area dinding saja. Agar tidak menimbulkan kesan ruangan yang gelap. Tapi tidak ada salahnya jika Anda mau mengecat semua dinding ruang tamu dengan warna elegan ini.

8. Warna Orange yang Membuat Suasana Hidup

Warna Orange yang Membuat Suasana Hidup

Mungkin orange merupakan warna yang jarang digunakan bahkan dihindari oleh sebagian besar orang. Padahal warna ini bisa membuat suasana ruang tamu terlihat ceria dan hidup, lho. Tidak hanya itu, ruangan juga akan tampak berisi. Agar terlihat mewah, gunakan kombinasi warna dekorasi yang kalem dan tidak terlalu over.

9. Merah Si Berani

Merah Si Berani

Selanjutnya, Anda bisa memilih merah sebagai warna cat ruang tamu agar terlihat mewah. Penggunaan warna ini bisa menonjolkan kesan ceria, aktif, menyala, dan bersemangat. Karena warnanya yang cerah, sebaiknya hindari penggunaan warna dekorasi yang cerah juga. Lebih baik jika Anda menggunakan warna kalem, pastel, atau netral untuk perpaduannya.

10. Biru Segar

Biru Segar

Biru bisa menjadi pemilihan warna yang membuat ruang tamu Anda terlihat segar, sejuk, dan adem. Terlebih warna ini merupakan warna alam dan ada banyak pilihannya. Seperti biru langit, biru laut, dan biru lainnya.Perpaduan dengan warna senada juga akan menambah kesan elegan dan mewah pada ruang tamu Anda.

11. Abu-abu Netral

Abu-abu Netral

Warna abu-abu cocok untuk Anda yang memiliki gaya rumah industrial. Selain menyesuaikan dengan jenis fasadnya, warna ini juga merupakan salah satu warna netral yang kalem dan bisa dipadukan dengan warna lain. Biasanya orang memadukannya dengan warna coklat tua, putih, hitam, krem, atau warna cerah yang tidak terlalu over. Sehingga, selain menawarkan kesan mewah, warna ini juga akan membuat tampilan ruang tamu Anda terlihat unik.

12. Warna Olive yang Membumi

Warna Olive yang Membumi

Jika Anda menyukai warna-warna dengan tone earthy, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan warna olive. Seperti warna buah zaitun. Warna cat ruang tamu agar terlihat mewah, Anda bisa memilih perabotan dengan warna senada atau motif kayu. Warna lainnya yang cocok adalah warna abu-abu, putih, dan broken white.

13. Perpaduan Warna Hitam dan Emas

Peprpaduan Warna Hitam dan Emas

Sudah mencoba perpaduan warna hitam dan emas sebagai cat dinding? Kombinasi warna cat ruang tamu agar terlihat mewah yang satu ini merupakan juaranya. Terutama bagi Anda yang menginginkan konsep elegan, berkelas, mahal, modern, dan mewah. Sebaiknya, tempatkan perabotan yang memiliki warna senada agar semakin menambah kesan mewah dan elegan.

14. Terakota Vintage

Terakota Vintage

Terakota merupakan pilihan warna yang tepat jika Anda ingin menonjolkan suasana vintage di rumah. Warna unik ini biasanya digunakan di rumah-rumah dengan gaya tropical modern atau mediterania. Kendati terlihat unik dan vintage, rumah yang menggunakan warna ini tidak ada banyak. Apakah Anda mau mencobanya dan berani tampil beda?

15. Warna Teal yang Terlihat Mahal

Warna Teal yang Terlihat Mahal

Satu lagi warna cat ruang tamu agar terlihat mewah yang bisa Anda pilih adalah teal. Sejatinya, penggunaan warna ini juga tidak banyak di Indonesia. Padahal, warna teal bisa menonjolkan kesan mahal, mewah, berkelas, modern, dan elegan. Jika dipadukan dengan furniture yang warnanya sesuai, ruang tamu Anda akan memancarkan aura semangat.

Demikianlah penjelasan terkait beberapa pilihan warna cat ruang tamu agar terlihat mewah yang bisa Anda pilih. Jadi, mau menggunakan warna yang mana? Perlu diingat dan diperhatikan bahwa, penggunaan warna cat yang tepat bisa memberikan nuansa berbeda dan hidup di rumah Anda.

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.