Bagaimana cara Anda menciptakan suasana hangat di rumah secara instan? Jawabannya adalah dengan membuat warna cat rumah yang bagus dan cerah. Palet warna cerah dipercaya bisa membawa suasana hangat, menyenangkan, dan rasa semangat untuk para penghuninya.

Dari warna cat rumah yang cerah, Anda bisa menciptakan dekorasi dan interior rumah yang positif dan nyaman. Warna cerah juga bisa mengembalikan mood yang suram menjadi ceria karena bisa membangkitkan suasana energik, menyenangkan, kreatif, dan nyaman. Cari tahu warna cat rumah yang bagus dan cerah di bawah ini!

Kumpulan Warna Cat Rumah yang Bagus dan Cerah

Biasanya, warna cerah itu identik dengan kuning terang. Tetapi, warna pastel dan earth tone pun juga termasuk ke dalam warna cerah, lho. Ketika Anda memadukan warna cerah, maka rumah Anda akan terlihat ramah dan nyaman. Bahkan penghuninya pun akan betah berlama-lama di rumah.

Berikut beberapa warna cat rumah yang bagus dan cerah, seperti:

1. Cream dan Ungu yang Soft

Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding untuk Setiap Ruangan

Warna cat yang soft memberikan kesan tersendiri pada rumah. Seperti pada gambar project Shila at Sawangan tipe pavilion di atas. Konsep soft dipadukan dengan warna – warna furniture cerah membuat rumah terlihat cerah dan memberikan kesan yang ceria. Cek selengkapnya tipe pavilion di sini!

2. Warna Cat Biru dengan Downlight

desain kamar untuk pria

Anak laki – laki biasanya suka dengan warna biru. Namun, warna biru bisa terkesan gelap jika tidak digunakan dengan baik. Warna kamar anak laki – laki pada project Tudor by Shila at Sawangan di atas bisa menjadi referensi sebagai warna cat yang bagus dan cerah.

3. Terakota Oranye yang Energik

Terakota Oranye yang Energik

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba warna cerah, terakota oranye mungkin terlihat sangat mengintimidasi. Tapi Anda tidak perlu mewarnai seluruh dinding di ruangan. Cukup satu atau dua area saja, lalu kombinasikan dengan warna netral. Palet warna ini akan menambah kesan hangat dan bersemangat pada ruangan yang dipenuhi dengan pola campuran, tekstil, dan beberapa dekorasi unik.

4. Sorotan Kuning Di Ujung Ruangan

Sorotan Kuning Di Ujung Ruangan

Selanjutnya ada perpaduan warna kuning dan putih yang membuat ruangan Anda terlihat eye-catching. Untuk membuat tampilan warna seperti gambar diatas, Anda harus mengambil warna di luar batas pintu yang bisa menarik perhatian. Untuk mendukung tampilan unik ini, Anda bisa menempatkan furnitur dengan gaya modern dan kontemporer. Letakkan beberapa pot tanaman di setiap sudut agar terlihat lebih alami.

5. Emerald Green

Emerald Green, Warna Cat Rumah yang Bagus dan Cerah

Apabila Anda menginginkan tampilan ruangan yang serius dan menyenangkan, coba gunakan warna emerald green. Warna hijau zamrud ini menampilkan kesan terang dan segar, namun di sisi lain menyimpan sebuah kesan misterius, elegan, dan berkelas. Padukan dengan warna hijau sage muda atau putih agar tidak terlalu mencolok.

6. Alternating Pink and Coral

Alternating Pink and Coral

Berani tampil beda dan unik? Coba aplikasikan warna alternating pink di ruang tamu Anda. Palet warna ini berkaitan dengan suasana yang ceria dan romantis. Padukan dengan warna coral dan dekorasi yang memiliki warna senada. Perpaduan dua warna ini akan terlihat lebih cantik ketika terkena sinar matahari di pagi hari. Tidak percaya?

7. Biru Tosca yang Menenangkan

Biru Tosca yang Menenangkan

Siapa bilang kalau warna cerah itu tidak bisa membuat suasana terlihat tenang. Pasti Anda belum mencoba warna biru tosca ini. Palet ini cocok digunakan di kamar tidur. Padukan dengan dekorasi berwarna hitam, kuning, dan warna senada. Kombinasi tersebut akan membuat kamar tidur Anda terlihat hangat dan menenangkan disaat yang bersamaan.

8. Kombinasi Tiga Warna Cat Rumah yang Bagus dan Cerah

Kombinasi Tiga Warna Cat Rumah yang Bagus dan Cerah

Berikan sentuhan warna pop pada ruang tamu Anda agar terlihat lebih segar, ceria, dan penuh warna. Cukup dengan mengombinasikan tiga warna cerah seperti kuning, hijau zamrud, dan coral. Lebih seru lagi jika Anda membuat pola abstrak dari ketiga warna tersebut. Tempatkan dekorasi dan furnitur dengan warna senada. Sentuhan warna alami dari tanaman hijau akan membuat ruangan terlihat lebih hidup.

9. Perpaduan Warna Sunny Green dan Coral

Perpaduan Warna Sunny Green dan Coral

Jika Anda memiliki satu ruangan dengan ventilasi yang bagus, sebaiknya gunakan perpaduan warna sunny green dan coral. Pencahayaan alami dari sinar matahari yang masuk akan memberikan suasana hangat. Apalagi jika diberikan sedikit tanaman hijau yang hidup. Ruangan tersebut akan terasa lebih segar dan menenangkan. Cocok untuk menghabiskan waktu di pagi dan sore hari.

10. Thai Sapphire yang Bold

Thai Sapphire yang Bold

Thai sapphire merupakan warna yang diambil dari batu safir Thailand. Warnanya biru jenuh yang lebih gelap dari biru tua. Dalam gambar, desainer memadukan warna ini dengan warna pale lupin yang seperti warna bunga lilac, dan kuning trumpet. Dengan kata lain, warna ini cocok dikombinasikan dengan warna soft dan netral. Palet bold ini akan membuat rumah Anda terlihat berkelas, elegan, dan mewah.

11. Reddish Orange yang Menyala

Reddish Orange yang Menyala

Reddish orange merupakan warna oranye kemerahan yang sangat kontras. Sebenarnya, oranye merupakan warna retro yang populer di tahun 70-an. Akan tetapi warna ini bisa memberikan keceriaan, semangat, dan segar. Kalau Anda tidak ingin kesan bold-nya terlalu kuat, cukup kombinasikan dengan warna netral dan beri sedikit dekorasi atau ornamen yang memberikan kesan santai.

12. Warna Cat Rumah yang Bagus dan Cerah Di Pintu

Warna Cat Rumah yang Bagus dan Cerah Di Pintu

Rata-rata, warna pintu rumah pada umumnya adalah coklat. Tapi bagaimana jika Anda memberikan warna yang berbeda seolah-olah pintu juga merupakan bagian dari tembok rumah? Seperti pada gambar diatas, desainer memilih untuk mengecat pintu dengan skema warna yang sama dengan tembok. Hal ini dilakukan untuk membuat kesan tidak ada pintu pada dinding tersebut. Dijamin rumah Anda akan terlihat unik dan menyenangkan.

13. Warna Coral untuk Kamar Mandi

Warna Coral untuk Kamar Mandi

Berikan kesan segar dan energik pada kamar mandi Anda dengan sentuhan warna coral. Palet warna ini juga akan membuat kamar mandi Anda terlihat cantik jika terkena cahaya matahari langsung. Agar bisa mendapatkan tampilan yang sama seperti di gambar, Anda bisa mengombinasikannya dengan warna pastel atau netral. Perhatikan juga tata letak penempatan dekorasi agar ruangan terlihat rapi.

Demikianlah beberapa kumpulan warna cat rumah yang bagus dan cerah untuk rumah Anda. Manfaatkanlah cahaya alami atau lampu dengan cahaya lembut untuk menciptakan suasana yang menenangkan di rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan elemen hijau dengan menempatkan pot tanaman untuk memberikan kesan segar dan nuansa alami.

Bereksperimenlah dengan nuansa dan tekstur yang berbeda untuk menemukan keseimbangan sempurna yang sesuai dengan gaya Anda. Sebab warna cerah membutuhkan banyak elemen pendukung yang bersifat menenangkan agar tidak terlihat terlalu mencolok.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.