Perlu diketahui, warna hijau memiliki banyak shade. Mulai dari yang paling terang hingga yang paling gelap, dari yang warna cerah hingga warna murung dan berkelas. Skema warna hijau bisa Anda aplikasikan di ruangan manapun di rumah. Akan tetapi, kira-kira cata warna hijau cocok dengan warna apa?

Tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa pilihan warna yang cocok untuk dikombinasikan dengan hijau. Penasaran? Langsung lihat pilihan warnanya di bawah ini.

Cat Warna Hijau Cocok dengan Warna Apa?

Hijau merupakan warna yang paling dicari jika ingin memberikan kesan nuansa alami. Tapi seperti yang disebutkan di atas, hijau memiliki banyak shade. Ada hijau laut, hijau zamrud, dark olive, green lime, dan masih banyak lagi. Meskipun hijau termasuk warna yang cerah dan kontras, hijau ini bisa dipasangkan dengan warna apapun. Misalnya warna netral, warna pastel, bahkan warna kontras lainnya.

Untuk membantu menginspirasi Anda, berikut pilihan cat warna yang cocok dengan hijau. Di antaranya adalah:

1. Earthy Green

Earthy Green

Skema warna yang cocok dengan warna hijau pertama adalah hijau sage, burnt orange, hitam, dan coklat. Kumpulan warna ini membentuk sebuah skema yang terlihat bersahaja dan lembut. Anda bisa menggunakan warna oranye dan coklat pada hiasan dinding atau dekorasi pajangan. Sedangkan warna hitam bisa didapat dari perabotan seperti lemari penyimpanan atau rak, untuk menyelaraskan ruangan dan menciptakan kesan modern.

2. Skema Warna Netral

Skema Warna Netral

Tentu Anda pernah mendengar warna green jade, bukan? Warna yang diambil dari batu giok hijau ini cocok dipadukan dengan warna netral seperti putih dan abu-abu. Aplikasikan perpaduan warna ini di ruang tamu Anda. Warna hijaunya bisa Anda terapkan di sofa agar bisa menjadi titik fokus dari ruangan tersebut. Lalu Anda bisa memberikan dekorasi dan perabotan lainnya dengan warna netral dan/atau earth tone.

3. Suasana Hijau Perkebunan Di Dapur

Suasana Hijau Perkebunan Di Dapur

Hadirkan suasana segar di dapur Anda dengan menggunakan warna hijau muda daun. Anda bisa mengaplikasikannya di perabotan dapur seperti kabinet atau lemari penyimpanan. Untuk menghadirkan suasana segar seperti di perkebunan, Anda bisa menempatkan beberapa bunga segar dalam vas.

4. Modern Luxury Green

Modern Luxury Green

Kira-kira, warna hijau cocok dengan warna apa? Coba kombinasikan warna hijau tua dan hitam pada kamar mandi Anda. Kombinasi dua warna ini akan membuat kamar mandi Anda terlihat mewah, berkelas, dan modern. Seperti pada gambar di atas, warna hijaunya diaplikasikan pada dinding dan lantai yang menggunakan keramik. Bathtub berwarna hitam mengkilap dengan aksesoris dari logam kuningan memberikan sentuhan mewah di tengah warna kontras ini.

5. Dusty Green yang Nyaman

Dusty Green yang Nyaman

Perpaduan warna hijau selalu membuat ruangan menjadi nyaman dan sejuk. Anda bisa mengaplikasikan dusty green pada dinding ruang tamu atau kamar tidur. Sebagai pelengkap, pilihlah dekorasi atau perabotan dengan warna dark olive atau hijau zamrud. Berikan sedikit sentuhan warna kuning untuk membuat suasana di ruangan menjadi cerah dan hangat.

6. Hijau Sage yang Membuat Sejuk

Hijau Sage yang Membuat Sejuk

Salah satu kelebihan dari warna hijau sage adalah bisa dipadukan dengan warna pastel dan netral. Warna ini cocok diaplikasikan pada ruang kerja atau ruang baca. Tidak hanya membuat ruangan terlihat sejuk, tetapi juga bisa membuat penghuninya merasa tenang. Ditambah dengan semburat cahaya matahari, ruangan tersebut akan terlihat terang dan luas.

7. Merah dan Dark Olive

Merah dan Dark Olive

Kombinasi dari warna merah dan dark olive juga cocok diaplikasikan di ruang baca atau ruang kerja. Merah melambangkan semangat dan kreativitas, sementara hijau memberikan kesan tenang dan sejuk. Sebaiknya buat warna hijaunya lebih dominan dengan menjadikannya warna cat dinding. Kemudian aplikasikan warna merah pada dekorasi, perabotan, atau pada trim jendela.

8. Hijau Lumut yang Cantik

Hijau Lumut yang Cantik

Ketika kita membahas warna hijau cocok dengan warna apa, perpaduan hijau lumut, kuning mustard, dan oranye. Perpaduan warna yang cantik ini cocok digunakan pada ruang tamu atau kamar tidur. Pilihlah warna oranye yang soft untuk menetralkan kontras dari warna kuning.

9. Hijau Tosca dan Hijau Mint

Hijau Tosca dan Hijau Mint

Sebenarnya dua warna yang lembut dan sejuk ini tidak memiliki transisi yang mencolok, sehingga bisa menghasilkan kombinasi yang cantik. Lebih baik lagi, Anda tidak perlu memberikan dekorasi atau perabotan dengan warna yang mencolok. Jika ingin tampilan yang berkelas dan mewah, Anda bisa tambahkan sentuhan warna emas atau hitam.

10. Green Bottle and Red Cherry

Green Bottle and Red Cherry

Warna hijau cocok dengan warna apa? Coba perpaduan antara warna hijau botol dan merah cery seperti gambar di atas. Dua warna gelap ini bisa menjadikan suasana lebih tenang, rileks, dan intim. Cocok diaplikasikan pada kamar tidur atau ruang keluarga. Kombinasi dua warna ini juga bisa meningkatkan keakraban di antara para penghuni rumah dengan membuat percakapan menjadi menyenangkan.

11. Hijau dan Coklat

Hijau dan Coklat

Satu lagi perpaduan warna yang bisa membuat hunian Anda terlihat cantik adalah hijau dan coklat. Hijau merupakan warna abadi yang cocok dipadukan dengan coklat. Keduanya saling menyatu dan menciptakan suasana yang santai, tenang, dan membuat rileks. Kombinasi warna ini menghadirkan suasana alam di rumah Anda dengan palet earth tone. Jika Anda memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, sangat disarankan untuk mengaplikasikan warna ini di rumah. Sebab bisa membuat pikiran rileks.

Itulah beberapa pilihan warna yang cocok dengan warna hijau. Apabila Anda ingin menggunakan warna hijau di rumah, pastikan Anda sudah memilih shade yang tepat agar terlihat cantik. Jika tidak, maka ruangan akan terlihat suram dan membosankan. Selamat mencoba!

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.