Ide ruang tamu mewah terbaik itu mencakup skema klasik dan kontemporer yang elegan untuk memenuhi gaya setiap rumah, menurut ilmu desain interior. Jadi, meskipun ruang tamu Anda tidak memiliki area yang besar dan luas, Anda tetap bisa membuatnya terlihat mewah dengan beberapa dekorasi dan furniture yang tepat.

Tidak hanya dekorasi dan perabotan saja, pemilihan palet warna dan tata letak juga mempengaruhi kemewahan ruang tamu Anda. Di bawah ini, kami menyiapkan beberapa desain dan ide dekorasi ruang tamu mewah yang bisa menarik perhatian Anda.

Desain dan Ide Dekorasi Ruang Tamu Mewah

Dengan perabotan dan dekorasi ruang tamu yang tepat, Anda bisa menyulap area ini terlihat mewah. Meskipun ukuran ruangannya tidak terlalu luas. Selain dekorasi, pemilihan warna dan tata letak juga ikut mempengaruhi kemewahannya. Jadi, hal apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat ruang tamu mewah?

Gunakan Karpet Berukuran Besar

Gunakan Karpet Berukuran Besar

Menggunakan karpet berukuran besar dipercaya bisa membuat ruang tamu Anda terlihat mewah. Dekorasi ruang tamu yang satu ini bisa Anda pasang menutupi area ruang tamu atau sebagian. Sebaiknya, pilih warna yang mengeluarkan kesan mewah untuk area ini. Seperti hitam, putih, coklat, dan/atau abu-abu tua. Desain yang sederhana juga bisa membuatnya terlihat mewah.

Pamerkan Karya Seni di Dinding

Pamerkan Karya Seni di Dinding

Karya seni seperti lukisan atau pajangan memiliki peran penting dalam dekorasi ruang tamu mewah. Terlebih ketika Anda memiliki karya seni klasik atau vintage yang terkesan “mahal”. Karya seni ini akan menjadi highlight utama dalam ruang tamu Anda. Untuk menyamakan vibe-nya, gunakan perabotan dengan gaya klasik juga. Palet warna terakota atau emas kekuningan bisa Anda pilih untuk cat dinding.

Ruang Tamu Mewah dengan Warna yang Seimbang

Ruang Tamu Mewah dengan Warna yang Seimbang

Pemilihan warna memainkan peranan penting yang harus diperhatikan. Terutama jika Anda ingin menampilkan kesan mewah. Cara termudahnya adalah dengan memilih satu warna dasar dari karya seni atau dekorasi favorit. Seperti pada gambar, ruang tamunya didominasi oleh warna biru.

Mengisi Rak Dengan Dekorasi Elegan

Mengisi Rak Dengan Dekorasi Elegan

Salah satu cara termudah untuk membuat ruang tamu mewah adalah dengan menata dekorasi yang elegan. Tidak hanya itu, cara Anda menatanya di rak juga harus diperhatikan. Pastikan untuk memadukan ketinggian dan kedalaman objek. Jika ada, Anda bisa menambahkan beberapa pot tanaman kecil di dalam rak. Susunlah sesuai komposisi, ukuran, dan jenisnya. Selain agar terlihat rapi, rak Anda juga akan menampilkan kesan mewah dan berkelas.

Kaca untuk Memaksimalkan Pencahayaan yang Masuk

Kaca untuk Memaksimalkan Pencahayaan yang Masuk

Trik tertua dalam desain interior yang bisa membuat ruang tamu terlihat mewah adalah mendekorasinya dengan cermin. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Cermin membantu membiaskan cahaya matahari ke seluruh ruangan dan meningkatkan kesan dan suasana. Gunakan dekorasi dan perabotan dengan warna kontras untuk menampilkan ruang tamu yang cerah dan berwarna. Jadi ketika cahaya matahari masuk, ruangan ini akan terlihat indah dan cantik.

Ruang Tamu Mewah dengan Furniture Mewah

Ruang Tamu Mewah dengan Furniture Mewah

Ruang tamu mewah pasti memiliki dekorasi dan furniture yang mewah juga. Salah satunya adalah kursi kulit. Material satu ini tidak akan tertinggal zaman meskipun mengusung gaya vintage sekalipun. Padukan dengan meja kayu dan lampu lantai. Di tengah-tengah ruangan, pasang lampu gantung antik yang akan menyinari seluruh ruangan.

Berikan Sentuhan Hijau

Berikan Sentuhan Hijau

Berikan sentuhan hijau dengan menambahkan beberapa pot tanaman. Dekorasi ruang tamu ini akan membantu mencerahkan ruangan dan membuatnya terlihat lebih ramah. Jika Anda kurang percaya diri dalam merawat tanaman, Anda bisa menggunakan tanaman imitasi yang hanya perlu dilap jika sudah berdebu. Tempatkan pot tanaman di sudut-sudut tertentu untuk mengisi ruang tamu.

Pilih Lantai yang Estetik dan Mewah

Pilih Lantai yang Estetik dan Mewah

Flooring atau lantai menjadi salah satu penentu ruang tamu mewah. Jika Anda tidak ingin menggunakan karpet dan langsung ke lantai, maka pilihlah lantai keramik yang terlihat mewah. Misalnya seperti lantai marmer, lantai dengan motif atau pola tertentu. Hal ini akan memberikan dimensi pada ruang tamu dan membuatnya terlihat mewah.

Sofa Berukuran Besar di Ruang Tamu Mewah

Sofa Berukuran Besar di Ruang Tamu Mewah

Sebagai tuan rumah yang baik, Anda tidak boleh membiarkan tamu untuk duduk berdesakan di sofa yang sempit. Oleh karena itu, taruhlah sofa berukuran besar yang bisa menampung banyak orang. Sofa besar ini bisa membantu ruang tamu Anda terlihat lebih luas dan berisi. Jangan lupa berikan bantal kecil yang empuk untuk sandaran punggung.

Tirai untuk Dekorasi Ruang Tamu yang Cantik

Tirai untuk Dekorasi Ruang Tamu yang Cantik

Tirai atau gorden juga memiliki peranan penting dalam ruang tamu. Terutama jika ruang tamu Anda memiliki jendela yang besar dan cahaya matahari langsung bisa masuk ke ruangan. Pilihlah tirai yang cantik, baik itu bermotif atau polos. Pastikan Anda memilih warna yang netral atau disesuaikan dengan suasana ruang tamu.

Bunga Segar di Vas Favorit

Bunga Segar di Vas Favorit

Selain membuat ruangan segar dengan tanaman hijau, Anda juga bisa membuatnya wangi dengan bunga segar. Dengan bunga yang tepat, ruang tamu Anda akan terlihat mewah, segar, dan indah. Pilihlah bunga yang sedang musim saat itu dan taruh di vas favorit. Jika dirasa bunga segar terlalu repot untuk dikerjakan, Anda bisa memilih bunga kering untuk hiasan. Taruh di tengah-tengah meja kopi dan tampilan ruang tamu Anda akan terlihat berbeda.

Tata Letak untuk Menciptakan Keseimbangan

Tata Letak untuk Menciptakan Keseimbangan

Satu lagi hal yang perlu Anda perhatikan adalah tata letak dekorasi dan furniture di dalam ruang tamu. Dalam dunia desain interior, simetri bisa menciptakan keseimbangan dan perasaan tenang di sebuah ruangan. Bila diaplikasikan pada ruang tamu, maka keseimbangan ini akan membuatnya terlihat mewah dan mahal. Artinya, Anda harus menata tata letaknya secara simetri hingga menciptakan harmoni yang cantik dan estetik.

Itulah beberapa dekorasi ruang tamu mewah yang harus Anda perhatikan. Bila Anda ingin ruang tamu terlihat mewah, pastikan menggunakan warna yang menggambarkan kemewahan. Seperti hitam, putih, emas, silver, abu-abu gelap, coklat tua, biru tua yang dramatis, dan merah. Atau Anda bisa memilih warna favorit untuk diterapkan di ruang tamu.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.