Terlepas dari apakah Anda ingin menambahkan lebih banyak tempat duduk di ruang makan atau membuat area khusus untuk menjamu tamu, dapur mini bar cantik bisa menjadi solusi tepat. Seperti elemen tambahan lainnya di rumah Anda, keberadaan mini bar ini bisa mengungkapkan karakteristik dengan menambahkan sentuhan dan gaya pribadi.

Entah itu dari permainan warna, tekstur, atau dekorasi yang digunakan, Anda bisa mencurahkan ide kreatif untuk elemen satu ini. Nah sebagai panduannya, Anda bisa menjelajahi beberapa ide dapur mini bar cantik yang mungkin saja sesuai dengan gaya dan konsep rumah Anda.

Desain dan Ide Dapur Mini Bar Cantik

Keberadaan mini bar di dapur Anda pada dasarnya adalah sebuah tempat khusus untuk bersantai. Baik itu sendirian, bersama keluarga atau teman sekalipun. Tidak hanya itu, dapur mini bar yang cantik juga bisa menjadi karakteristik dari rumah Anda.

Berikut ada beberapa contoh desain dan ide dapur mini bar cantik yang bisa Anda terapkan di rumah. Meliputi:

Mini Bar Dari Besi dan Kayu

Mini Bar Dari Besi dan Kayu

Anda bisa memadukan material besi dan kayu untuk membuat mini bar yang estetik. Material besi akan memberikan kesan kokoh dan kuat. Sementara material kayu akan memberikan aksen natural yang indah. Dengan konsep yang tepat, Anda bisa membuat dapur mini bar cantik dari kedua material ini. Seperti yang terlihat di gambar atas.

Minimalis Mini Bar

Minimalis Mini Bar

Salah satu contoh dapur mini bar yang nyaman dan bisa Anda terapkan di rumah adalah dengan menggunakan konsep minimalis. Kunci utama dari membuat minimalis mini bar ini adalah penggunaan furnitur dan dekorasi. Pilihlah yang memiliki desain dan palet warna yang sederhana. Lalu atur tata letaknya secantik mungkin agar terlihat estetik.

Dapur Mini Bar Cantik Ala Industrial

Dapur Mini Bar Cantik Ala Industrial

Contoh desain yang satu ini bisa Anda buat dengan memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga atau di sudut rumah. Ditambah dengan dekorasi lampu gantung dan rak tempel di dinding yang berlatar belakang bata merah, mini bar ala industrial ini siap menjamu tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

Mini Bar yang Cerah

Mini Bar yang Cerah

Lokasi terbaik untuk membuat desain yang satu ini adalah dekat dengan jendela, dimana sinar matahari bisa langsung mengarah ke area ini. Didominasi dengan warna putih, area dapur mini bar cantik ini bisa memberikan kehangatan di dalam rumah Anda. Agar tidak terlalu monoton, Anda bisa menggunakan aksen kayu dan menempatkan beberapa pot tanaman hijau atau bunga di sudut-sudut ruangan.

Modern Monokrom

Modern Monokrom

Jika Anda menyukai desain yang modern, Anda bisa menggunakan warna hitam dan putih. Meskipun terlihat sederhana, dua warna ini bisa memberikan tampilan yang bersih pada setiap sudut mini bar Anda tanpa mempersempit ruangannya. Tambahkan kesan kontras yang dramatis dengan menggunakan meja putih dan lemari kabinet berwarna hitam.

Mini Bar Hitam Elegan

Mini Bar Hitam Elegan

Ada satu area kosong di rumah yang bingung mau dijadikan apa, lebih baik buat dapur mini bar cantik dengan warna hitam elegan seperti gambar di atas. Penggunaan marmer hitam pada dinding putih dan lampu gantung yang terang, memberikan kontras elegan pada area ini. Tambahkan warna emas untuk menampilkan kesan mewah dan warna coklat untuk aksen natural.

Dapur Mini Bar Cantik Berlapis Kayu

Dapur Mini Bar Cantik Berlapis Kayu

Untuk tampilan yang tak lekang oleh waktu atau timeless dan indah, Anda bisa membuat mini bar Anda dengan menggunakan permukaan berlapis kayu yang mudah dipadukan dengan elemen lainnya. Baik itu untuk lemari kabinet atau meja makannya. Kemudian, tambahkan sepasang bangku kayu untuk tempat duduknya. Lapisi dengan cat berwarna abu-abu soft untuk menampilkan kesan kontras yang sejuk.

Dark Kitchen Mini Bar

Dark Kitchen Mini Bar

Siapa bilang dapur mini bar Anda harus memiliki banyak warna, jika satu warna saja bisa menarik perhatian. Pertimbangkan memilih satu warna yang menarik perhatian untuk area ini agar bisa menciptakan tema yang menarik dan dramatis. Salah satunya adalah hitam. Daya tarik yang diciptakan adalah kemewahan, elegan, dan dramatis. Sementara itu, warna putih pada langit-langit akan memberikan warna kontras halus yang seolah menjadi penerang di dapur yang gelap ini.

Sentuhan Motif Pada Mini Bar

Sentuhan Motif Pada Mini Bar

Bar dapur merupakan tempat yang asyik untuk bersenang-senang. Anda bisa mengutarakan kreativitas dan seni artistik dengan menggunakan perpaduan warna cerah dan keramik bermotif. Menariknya, keramik motif ini bisa Anda tempatkan di area mana pun. Jangan lupa gunakan warna netral agar ruangan tidak terlihat sesak dan penuh dengan motif.

Dapur Mini Bar Cantik Konsep Open Space

Dapur Mini Bar Cantik Konsep Open Space

Bila Anda menginginkan konsep ruangan terbuka, Anda bisa membuat pemisahan visual antara bar dan ruang makan dalam satu area. Caranya adalah dengan menyelaraskan salah satu area sama dengan bagian dapur lainnya, dan membuat area lainnya sedikit berbeda. Misalnya, jika area dapur Anda menggunakan warna putih dengan konsep rustic, Anda bisa membuat area mini bar dengan tema yang sama. Sementara untuk area ruang makan bisa dibuat sedikit berbeda. Anda juga bisa menggunakan sekat pilar yang bisa menjadi pembatas tanpa harus menutup area itu sepenuhnya.

Baca Juga : Desain Ruang Tamu Dan Dapur Tanpa Sekat Yang Bisa Anda Coba

Overhang Bar

Overhang Bar

Beberapa desain terkadang menggunakan meja dengan konsep overhang untuk menjadi mini bar dan sekaligus area makan. Konsep ini bisa menjadi solusi hemat tempat jika Anda menggunakan bangku tanpa sandaran, karena bisa disimpan di bawah meja overhang ini.

Mini Bar Dengan Layout Unik

Mini Bar Dengan Layout Unik

Tahukah Anda bahwa, kebanyakan dapur mini bar cantik itu memiliki bentuk persegi panjang? Padahal Anda bisa membuatnya berbeda, lho. Baik itu dengan layout segitiga atau diagonal, Anda bisa memainkan imajinasi dan kreativitas untuk mencari tata letak yang pas. Kemudian buat desain mini bar yang sesuai dengan bentuk area tersebut.

Bermain-main Dengan Tekstur

Bermain-main Dengan Tekstur

Banyak orang mendekorasi mini bar dan dapur mereka dengan warna-warna yang umum dan komplementer. Cobalah bermain dengan tekstur untuk memberikan hasil yang memuaskan. Anda bisa menggunakan keramik yang memiliki tekstur atau batu alam untuk dinding, meja, atau lemari.

Demikianlah beberapa contoh ide dan desain yang bisa Anda terapkan untuk membuat dapur mini bar cantik di rumah. Pastikan Anda memilih dekorasi dan furnitur yang sesuai dengan konsep yang dipilih. Kalau bisa pilih yang ergonomis untuk meningkatkan kenyamanan mini bar Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.