Area sempit di rumah bukan menjadi alasan bahwa Anda tidak bisa membuatnya terlihat lega. Terlebih saat ini ada banyak desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Selain membuat rumah terlihat lebih luas, semua desain yang akan kita bahas di artikel ini juga akan mempercantik isi rumah Anda, lho.

Penasaran? Langsung saja kita simak pembahasannya satu per satu di bawah ini!

Desain Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat yang Minimalis

Tahukah Anda bahwa, saat ini konsep minimalis menjadi incaran para pencari rumah? Selain karena harganya yang ekonomis, penataan ruangannya juga tidak perlu terlalu banyak effort. Alhasil, Anda bisa mendekorasi rumah dengan nyaman dan sesuka hati.

Seperti beberapa contoh desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat di bawah ini. Di antaranya adalah:

1. Ala Japandi

Ala Japandi

Berbicara tentang minimalis, rumah-rumah Jepang sudah mempopulerkan tren ini sejak dulu. Dimana mereka membuat rumah dengan konsep ruang tamu dan dapur tanpa sekat dan berada dalam satu ruangan yang sama. Sebagai pembatas ruangan, Anda bisa menempatkan meja makan di tengah-tengah. Lebih bagus lagi jika Anda menggunakan penggunaan warna yang netral, pastel, atau earth tone, untuk membuat area dapur terlihat lebih luas.

2. Konsep Mini Bar

Konsep Mini Bar

Kedua, ada dapur dengan konsep mini bar, yaitu meja panjang ala bar yang bisa digunakan untuk banyak hal. Tidak hanya untuk makan saja, meja panjang ini juga bisa digunakan ketika Anda sedang mempersiapkan makanan. Agar lebih praktis, Anda bisa memasang kompor tanam di meja panjang ini. Bagaimana? Terlihat sederhana dan praktis, bukan?

3. Dapur Semi Rustic

Dapur Semi Rustic

Siapa sangka jika suasana di dapur juga bisa dihidupkan dengan kehadiran elemen kayu dan beberapa tanaman hias. Seperti konsep semi rustic yang satu ini. Penambahan elemen kayu atau rotan bisa membuat suasana menjadi homey. Kehadiran pot tanaman hias juga baik untuk sirkulasi udara. Ditambah jika Anda memiliki jendela di area dapur yang bisa membawa udara panas ke luar.

4. Berada Dalam Satu Ruangan Panjang

Berada Dalam Satu Ruangan Panjang

Umumnya, area dapur itu ditempatkan di paling ujung bagian rumah. Lalu ruang tamu di bagian depan. Tapi dalam rumah konsep minimalis, Anda bisa membuat kedua ruangan ini menyatu di satu ruangan panjang, lho. Untuk pembatasnya, Anda bisa menempatkan meja makan di tengah-tengah atau coffee table. Pastikan ada area untuk And berlalu lalang, ya. Kelebihan dari desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat ini adalah Anda tidak perlu menempatkan banyak perabotan. Cukup gunakan yang seperlunya saja. Seperti dispenser, kulkas, dan lainnya. Sehingga area panjang ini akan terlihat luas.

5. Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat yang Saling Berhadapan

Ruang Tamu dan Dapur Tanpa Sekat yang Saling Berhadapan

Selain dengan konsep area yang memanjang, Anda juga bisa membuat ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang berhadapan langsung. Desain ini cocok untuk rumah minimalis yang memiliki lebar area ke samping. Jadi untuk menghemat ruangan dan membuatnya terlihat lega, kedua area ini bisa dibuat saling berhadapan. Agar tidak terkesan penuh, gunakan perabotan yang multifungsi dan hemat ruangan.

6. Di Bawah Mezanin

Di Bawah Mezanin

Penggunaan mezanin di dalam rumah minimalis juga sedang menjadi tren. Jika Anda memiliki rumah dengan konsep ini, manfaatkan ruangan di bawah mezanin sebagai area dapur. Gunakan meja makan panjang atau meja ala mini bar sebagai pembatas ruangan. Dikarenakan area dapur berada di bawah mezanin, pastikan Anda sudah memasang exhaust fan untuk mengeluarkan udara panas.

Baca Juga : Rekomendasi Motif Keramik Lantai Dapur Cantik

7. Sentuhan Mewah di Area Dapur

Sentuhan Mewah di Area Dapur

Rumah minimalis juga bisa dibuat agar terlihat mewah, lho. Kuncinya adalah di penggunaan dekorasi dan perabotannya. Meskipun Anda menggunakan desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat, dekorasi seperti lampu gantung, perabotan kayu, karpet, dan lainnya bisa membuat kedua area ini terlihat luas dan mewah. Anda juga bisa menambahkan penggunaan perpaduan cat tembok berwarna hitam dan emas atau putih dan emas.

8. Konsep Kitchen Island

Konsep Kitchen Island

Pernah mendengar konsep kitchen island? Konsep ini digunakan khusus untuk rumah yang memiliki area sempit dan terbatas. Seperti di apartemen. Ciri khasnya adalah dengan menggunakan meja multifungsi yang bisa dilipat atau space-living. Saat sedang tidak digunakan, meja ini bisa dilipat atau disimpan agar tidak memakan ruangan. Perabotan multifungsi ini juga bisa dijadikan sebagai meja makan atau meja kerja atau meja belajar. Cukup praktis, bukan?

9. Penggunaan Partisi Portable Sebagai Pengganti Sekat

Penggunaan Partisi Portable Sebagai Pengganti Sekat

Tidak dapat dipungkiri jika beberapa orang ada yang kurang menyukai konsep ruang tamu dan dapur tanpa sekat. Selain tidak memiliki privasi, udara panas dari dapur juga akan menyebar ke seluruh ruangan. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan partisi portable yang bisa digeser. Jika Anda membutuhkan privasi saat sedang berada di dapur, partisinya bisa ditarik untuk membatasi ruangan. Kalau mau terlihat lega, partisinya tinggal dibuka saja.

10. Minimalis Modern

Minimalis Modern

Selanjutnya ada desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat dengan konsep minimalis modern. Kunci untuk menonjolkan konsep ini adalah menggunakan perabotan dan dekorasi yang modern. Mulai dari kitchen set, area meja makan, hingga ruang tamu. Gunakan warna pastel, netral, atau earth tone untuk membuat ruangan terlihat sederhana dan minimalis.

11. Dual-tone untuk Pembeda Ruangan

Dual-tone untuk Pembeda Ruangan

Jika tidak ingin menggunakan sekat sebagai pembatas atau pembeda ruangan, mungkin Anda bisa memanfaatkan penggunaan dual-tone pada cat tembok. Misalnya, warna coklat susu untuk area dapur dan warna krem atau putih di ruang tamu. Sehingga orang-orang yang datang berkunjung pun bisa ikut merasakan perbedaan ruangannya, meskipun tidak menggunakan sekat.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa desain ruang tamu dan dapur tanpa sekat yang bisa menjadi inspirasi Anda. Jadi, desain mana yang cocok dengan selera Anda? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.