Sebagian besar orang pasti menyetujui jika kamar tidur merupakan tempat ternyaman yang ada di rumah. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang menyukai desain kamar tidur minimalis. Selain mudah untuk ditata, desain yang minimalis juga membuat suasana ruangan menjadi nyaman.

Lalu seperti apa desain kamar tidur minimalis yang sedang populer saat ini? Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Rekomendasi Ide Desain Kamar Tidur Minimalis yang Menginspirasi

Tampilannya yang sederhana dan tidak perlu memerlukan banyak perabotan di dalam kamar, menjadikan beberapa desain kamar tidur minimalis di bawah ini populer. Jika Anda berencana ingin mengubah tata letak atau merenovasi kamar tidur, mungkin salah satu rekomendasi ide desain ini bisa menjadi pilihan.

1. Desain Kamar Tidur Minimalis untuk Anak Perempuan

warna cat kamar pink

Biasanya, anak perempuan menyukai penggunaan warna lembut, cerah, dan pastel. Sebenarnya, tidak terlalu sulit jika Anda ingin membuat desain kamar tidur minimalis untuk anak perempuan yang beranjak dewasa. Cukup dengan memberikan tambahan meja di sebelah tempat tidur, lemari baju gantung, meja belajar, rak untuk menyimpan aksesoris, dan beberapa lukisan cantik atau kata-kata motivasi.

2. Desain Kamar Tidur Minimalis untuk Anak Laki-laki

Berbeda dengan anak perempuan, anak laki-laki cenderung menyukai warna yang memberikan ketenangan, kenyamanan, dan juga terlihat sejuk disaat yang bersamaan. Seperti penggunaan warna biru, putih, atau hitam. Selain itu, Anda juga tidak perlu menyediakan meja. Cukup berikan standing mirror di sebelah lemari pakaian, meja untuk belajar, dan rak untuk menyimpan berbagai koleksinya.

3. Gaya American Classic

Desain kamar Verdant by Shila at Sawangan

Penerapan gaya american classic cocok untuk kamar tidur yang tidak terlalu besar. Sebab pada dasarnya, konsep ini tidak memerlukan ruangan yang besar. Bahkan perabotan dan dekorasi yang digunakannya tidak banyak. Hanya tempat tidur, lemari pakaian, kaca, lemari tempat tidur, dan lampu tidur. Gunakan warna yang terlihat netral, kalem, dan elegan untuk mempercantik tampilan ruangan.

4. Kamar Tidur Ala Korea

Kamar Tidur Ala Korea

Bagi Anda yang pernah atau menyukai drama Korea, pasti pernah memperhatikan kamar tidurnya dong? Ruangan tersebut dibuat sesimpel dan seminimalis mungkin sehingga membuatnya sangat nyaman.Umumnya, kasur ditempatkan di lantai atau lesehan. Kemudian ada standing mirror di samping lemari baju. Anda juga bisa menambahkan meja untuk belajar atau bekerja. Untuk mempercantik ruangan, Anda bisa menaruh karpet kecil dan beberapa bantal alas duduk untuk bersantai.

5. Estetik Jepang

Estetik Jepang

Desain kamar tidur minimalis ala Jepang juga masih populer hingga saat ini. Konsepnya hampir sama dengan kamar tidur ala Korea. Dimana kasur langsung ditempatkan di lantai. Tapi beberapa juga ada yang menggunakan kerangka tempat tidur. Anda juga bisa menambahkan meja kopi di tengah-tengah ruangan untuk bersantai, belajar, atau bekerja. Kalau mau sama persis, Anda bisa menambahkan perabotan kayu dan menggunakan warna cat kamar tidur yang netral.

6. Rustic Ala Pedesaan

Rustic Ala Pedesaan

Rekomendasi ide desain kamar tidur minimalis selanjutnya adalah ala rustic. Konsep ini sering kali digunakan oleh orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan atau peternakan. Dengan menggunakan perabotan kayu, tema alam, dan warna coklat, akan memberikan kesan pedesaan vintage yang bikin nyaman.

7. Konsep Simetri untuk Kamar di Loteng

Konsep Simetri untuk Kamar Loteng

Jika Anda memiliki kamar tidur loteng, mungkin rekomendasi ide desain yang satu ini bisa dicoba. Mengusung konsep simetri yang mengikuti bentuk loteng, akan memberikan suasana berbeda dan unik. Gunakan warna netral untuk membuat ruangan menjadi sejuk dan adem. Mengingat lokasinya berada di loteng yang langsung beratapkan genteng rumah. Perhatikan juga sistem aliran udaranya. Pastikan ada jendela yang bisa membantu pengaliran udara agar ruangan tidak pengap.

8. Si Minimalis Skandinavia

Si Minimalis Skandinavia

Ada lagi nih, desain kamar tidur minimalis ala Skandinavia. Konsepnya adalah dengan menggunakan warna cat tembok yang netral, furniture kayu atau rotan, serta beberapa pot tanaman hias. Tempat tidur bisa langsung diletakkan di lantai atau menggunakan kerangka, Sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Jangan lupa untuk menempatkan karpet kecil di tengah-tengah ruangan untuk bersantai sambil lesehan.

9. Minimalis Industrial

Minimalis Industrial

Gaya industrial juga menjadi salah satu konsep rumah yang masih populer hingga saat ini. Ciri khasnya adalah semen ekspos, bata ekspos, atau dinding yang kesannya belum selesai dibuat. Selain menjadi tampilan dari fasad rumah, gaya industrial juga bisa dibawa ke kamar tidur Anda, lho. Agar warnanya senada dengan tembok, Anda bisa memilih perabotan dengan warna netral. Kalau bisa hindari penggunaan warna yang mencolok agar tidak terlalu over.

10. Aksen Kayu yang Homey

Aksen Kayu yang Homey

Selain konsep rustic, Anda juga menerapkan aksen kayu di setiap sudut kamar tidur. Mulai dari dinding, furniture, dekorasi, hingga lantai. Rekomendasi ide desain kamar tidur minimalis yang satu ini akan memberikan kenyamanan berlebih. Apalagi kalau ditambah dengan adanya api unggun atau penghangat ruangan di kamar.

11. Kamar Tidur Terbuka

Kamar Tidur Terbuka

Konsep terbuka yang dimaksud bukan berarti Anda harus tidur tanpa atap, ya! Melainkan menggunakan full glass di salah satu bagian dinding seperti gambar di atas. Atau bisa juga genteng di atas kamar diganti dengan material kaca agar kalau malam tiba, bisa melihat bintang. Dikarenakan menggunakan bahan full glass, resikonya adalah Anda harus memasang gorden yang tingginya sama.

12. Bohemian Style

Bohemian Style

Berikutnya ada rekomendasi ide desain kamar tidur minimalis ala bohemian. Konsep ini cocok untuk Anda yang menyukai dekorasi bercorak dengan warna cerah dan perabotan rotan. Ciri khas dari gaya ini adalah penggunaan karpet persia dengan warna yang cerah. Bila Anda tidak menyukai warna cerah tapi mau menggunakan konsep ini, Anda bisa menggantinya dengan warna earth tone dan perabotan dengan warna senada.

13. Vintage Nan Jadul

Siapa bilang kalau konsep vintage itu ketinggalan zaman? Justru di era modern seperti ini, vintage merupakan salah satu hidden gem yang paling diburu. Anda pun bisa mengaplikasikannya di kamar tidur, lho. Agar memperjelas tampilan jadulnya, Anda bisa menggunakan beberapa perabotan zaman dulu. Kalau Anda masih menyimpan beberapa perabotan dari zaman nenek moyang dulu, Anda bisa menggunakannya untuk melengkapi konsep ini.

14. Nuansa Dark

Nuansa Dark

Rekomendasi ide desain kamar tidur minimalis dengan nuansa dark juga populer, lho. Anda bisa memilih warna hitam atau abu-abu tua. Walaupun menghadirkan nuansa dark, bukan berarti kamar tidur Anda akan terlihat gloomy, ya! Tapi sebaliknya, kesan yang terlihat adalah mewah dan elegan. Ditambah penggunaan warna gelap pada cat tembok bisa memberikan ketenangan. Tidak hanya itu, perabotan yang digunakan pun juga tidak terlalu banyak. Sehingga memberikan kesan kamar yang luas.

15. Konsep Natural Alam

Konsep Natural Alam

Terakhir, Anda bisa mencoba konsep natural alam untuk memberikan kesan segar di kamar Anda. Gunakan cat tembok berwarna hijau atau warna alam lembut lainnya. Untuk lantai, Anda bisa menggunakan keramik motif kayu atau vinyl. Sertakan beberapa tanaman hias gantung untuk menambah kesan alam. Sedangkan untuk perabotannya, Anda bisa menggunakan yang berbahan kayu atau rotan.

Baca Juga : Pilihan Warna Cat Kamar. Dari Warna Netral Sampai Cerah

Bagaimana? Apakah dari rekomendasi ide desain kamar tidur minimalis di atas ada yang menarik hati Anda? Atau ingin mencoba setiap konsepnya? Apa pun konsep yang Anda gunakan, pastikan Anda akan merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di kamar tidur, ya! Semoga artikel ini membantu!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.