Mini bar dapur tembok bisa menjadi alternatif pilihan konsep dapur di rumah minimalis Anda. Selain membuat dapur terkesan unik dan berbeda dari lainnya, tampilan mini bar ini juga bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul saat sedang menyantap makanan.

Penasaran dengan desain konsep mini bar dapur tembok yang bisa diaplikasikan di lahan terbatas? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Inspirasi Desain Mini Bar Dapur Tembok

Perlu diketahui bahwa, selain berfungsi sebagai meja makan, meja mini bar ini juga bisa dijadikan sebagai pembatas ruangan antara area dapur dan area lainnya. Terutama bagi Anda yang tidak menggunakan partisi atau sekat sebagai pembatas ruangan, penempatan mini bar dapur tembok bisa menjadi solusinya.

Tidak melulu monoton, Anda bisa membuat penampilannya terlihat elegan, mewah, estetik, unik, dan hangat. Seperti beberapa inspirasi di bawah ini:

1. Mini Bar Dapur Ala Oakwood

Mini bar dapur dari Oakwood by Shila at Sawangan ini bisa menjadi pilihan. Desainnya yang minimalis membuatnya tetap terlihat mewah dan elegan meski digabung dengan ruang tamu tanpa sekat. Ingin Lihat lebih banyak tentang desain mini bar dapur by Oakwood ini? cek virtual tour Oakwood di sini!

2. Mini Bar Dapur Tembok Industrial

Mini Bar Dapur Tembok Industrial

Konsep industrial juga bisa dibawah ke area dapur, lho. Selain mengandalkan ciri khas dengan unfinished temboknya, Anda juga bisa menempatkan peralatan dapur yang terbuat dari material kayu atau logam. Lebih baik pilih warna dekorasi yang senada agar tidak terlalu over.

3. Full Material Kayu

Full Material Kayu

Penggunaan bahan material kayu bisa Anda aplikasikan pada lemari kabinet atas dan bawah, kursi makan, meja mini bar, dan di lantai atau tembok. Pemilihan material ini akan membuat suasana dapur menjadi homey, hangat, dan sederhana. Namun Anda juga perlu memperhatikan bahwa material kayu yang digunakan sudah diberikan lapisan anti panas dan anti api, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Timeless Vintage

Timeless Vintage

Desain konsep mini bar dapur tembok vintage memang sepertinya tidak termakan waktu. Biasanya, konsep ini memiliki ciri khas cat tembok yang berwarna terakota atau penggunaan material bata merah.Lalu ditambah dengan dekorasi vintage yang terbuat dari keramik dan kayu. Anda juga bisa menambahkan aksen kayu di meja mini bar.

5. Ala Scandinavian

Ala Scandinavian

Konsep rumah minimalis ala scandinavian juga masih populer. Dengan menghadirkan kesan tenang, nyaman, rapi, dan tertata, konsep ini cocok digunakan oleh Anda yang orangnya tidak suka sesuatu yang berantakan. Kuncinya adalah penggunaan perabotan yang simple, space-living, multifungsi, dan warna yang senada. Biasanya dua sampai tiga warna yang digunakan, dan cenderung netral atau earth tone. Penambahan pot tanaman hias dan mini karpet juga bisa menambah kesan homey di dapur Anda.

6. Minimalis Modern

Minimalis Modern

Selanjutnya ada inspirasi desain mini bar dapur tembok dengan konsep minimalis modern. Penggunaan lampu gantung dan cat tembok warna putih menjadi salah satu ciri khas dari konsep ini. Konsep ini cocok untuk Anda yang menggunakan peralatan dapur dengan teknologi canggih. Sehingga bisa memperkuat kesan “modern” di dapur Anda.

7. Semi Outdoor

Semi Outdoor

Kalau posisi dapur Anda berada di paling belakang rumah dan masih ada sisa space untuk area luar, sebaiknya manfaatkan untuk membuat mini bar dapur tembok semi outdoor. Jadi, dapur untuk memasak di bagian dalam, dan area untuk makan di bagian luar. Selain itu, dengan adanya jendela besar yang terbuka bisa memperlancar sirkulasi udara dan membuang udara panas akibat aktivitas memasak. Kelebihannya, area luar juga bisa dijadikan tempat untuk bersantai atau sekedar menikmati kopi.

8. Manfaatkan Ruangan Di Bawah Tangga

Manfaatkan Ruangan Di Bawah Tangga

Jika Anda memiliki area terbatas, Anda bisa memanfaatkan ruangan di bawah tangga sebagai area dapur. Gunakan lemari kabinet yang sesuai dengan bentuk tangga untuk menghemat ruangan. Konsep ini juga cocok untuk Anda yang tidak ingin menggunakan sekat atau partisi sebagai pembatas ruangan.

9. Suasana Ceria di Dapur

Suasana Ceria di Dapur

Siapa bilang suasana dapur tidak bisa dibuat ceria? Anda bisa membuat kesan ceria dan penuh semangat dengan menggunakan furniture dan dekorasi warna-warni, lucu, dan unik. Meskipun warna-warni, Anda juga perlu memperhatikan kombinasi warnanya, ya. Pilihlah warna yang senada untuk menghindari warna tabrakan. Penggunaan kursi warna-warni juga bisa menambah kesan ceria dan hangat.

10. Mini Bar Classy

Mini Bar Classy

Ingin membawa penampilan mini bar ala restoran ke dapur Anda? Bisa banget, lho! Solusinya dengan membuat mini bar dapur tembok dengan konsep classy. Ciri khasnya adalah dengan menggunakan material kayu berwarna gelap dan sorotan lampu gantung berwarna putih cerah. Dengan kata lain, tone di area dapur dibikin gelap untuk menonjolkan sisi classy-nya. Meja bar juga harus dibuat tinggi dengan memadukan penggunaan high chair.

11. Feminim Girl Power

Feminim Girl Power

Warna cat tembok, dekorasi, dan peralatan dapur berwarna pink bisa menonjolkan kesan feminim. Kalau tidak mau begitu mencolok, Anda bisa memadukannya dengan warna netral lainnya. Seperti putih, cream, atau earth tone. Konsep ini juga cocok untuk Anda yang memiliki anak remaja perempuan dan sedang ingin belajar masak.

12. Casual Monochrome

Casual Monochrome

Pengaplikasian dual-tone pada area dapur sudah menjadi hal yang wajar. Apabila Anda ingin menampilkan kesan kasual yang santai tapi terlihat elegan dan mewah, Anda bisa mencoba menggunakan perpaduan warna hitam dan putih di mini bar dapur tembok. Hanya saja, jika ingin menggunakan kombinasi monochrome ini, pilih warna lain yang senada, ya. Seperti coklat misalnya. Meletakkan pot bunga hias juga bisa mempercantik area dapur.

13. Ala Farmhouse

Ala Farmhouse

Berikutnya, ada inspirasi desain mini bar dapur tembok dengan konsep farmhouse. Konsep ini cocok untuk Anda yang menyukai suasana di pedesaan. Model dan tata letaknya hampir mirip dengan konsep mini bar kayu. Namun warna yang digunakan biasanya cenderung pastel, coklat, atau perpaduan putih dan cream.

14. Konsep Semi Rustic

Konsep Semi Rustic

Selain konsep ala farmhouse, Anda juga bisa menyulap dapur dengan penampilan semi rustic. Gunakan dekorasi dan peralatan dapur yang terbuat dari rotan, bambu, dan/atau kayu. Lalu untuk penerangan, Anda bisa menggunakan lampu gantung berwarna kuning. Jangan lupa untuk menambahkan aksen rustic lainnya yang bisa membuat suasana menjadi homey.

15. Japanesse Style

Japanesse Style

Bagaimana jadinya jika konsep mini bar dapur tembok dibuat seperti gaya Jepang? Area dapur akan terlihat seperti yang ada di kedai-kedai ramen di Jepang. Kunci dari pengaplikasian konsep ini adalah menggunakan peralatan atau furniture dari kayu, rotan, dan/atau bambu. Untuk membuat kesan luas dan nyaman, Anda bisa menggunakan warna coklat susu, cream, dan putih.

16. Mini Bar Dapur Tembok Sekat

Mini Bar Dapur Tembok Sekat

Satu lagi desain yang harus Anda coba adalah mini bar dapur tembok di sekelilingnya. Artinya, tembok menjadi sekat antara ruang dapur dan ruang lainnya. Sekat tembok ini juga bisa dijadikan sebagai meja bar untuk tempat makan dan menaruh makanan. Desain ini akan memberikan kesan unik dan beda dari yang lainnya karena bentuk sekat tembok yang menyerupai satu ruangan terisolasi.

Itulah beberapa inspirasi desain mini bar dapur tembok yang bisa langsung Anda aplikasikan di rumah. Tentunya dari semua pilihan di atas, Anda bisa memilih yang sesuai dengan gaya dan budget. Meskipun berada di ujung rumah, area dapur tetap menjadi yang krusial. Membuat area ini bisa digunakan dengan nyaman adalah salah satu kunci yang bisa menghangatkan suasana rumah.

Jadi, desain mana yang Anda sukai? Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.