Di era dunia yang serba cepat seperti saat ini, minimalis dan kesederhanaan telah menjadi gaya hidup baru yang populer. Para arsitek menciptakan banyak desain fasad rumah minimalis yang menakjubkan. Bahkan saat ini hunian minimalis sedang diincar oleh para pencari rumah.

Jika dilihat dari luar, rumah minimalis itu memiliki beberapa ciri khas. Mulai dari cat dinding yang menggunakan warna netral dan earth tone, bangunan yang berbentuk kotak atau persegi, eksterior yang terlihat rapi dan bersih dari luar, serta tata letak pintu dan jendela yang teratur.

Bagi Anda yang sedang berencana ingin membangun atau merenovasi rumah, mungkin bisa mengikuti beberapa contoh desain yang akan dibahas di artikel ini. Mulai dari minimalis modern, elegan, hingga gaya mediterania ada di bawah ini.

Ide Desain Fasad Rumah Minimalis

Minimalis dalam desain eksterior bangunan bisa menjadi pembeda dengan desain arsitektur tradisional. Desain ini bisa memberikan orisinalitas dan tren modern pada sebuah bangunan. Tidak heran jika fasad rumah minimalis menjadi populer di kalangan para pencari rumah. Desainnya yang singkat, lugas, dan minim dekorasi memberikan kenyamanan, kehangatan, dan daya tarik tersendiri.

Berikut beberapa ide desain fasad rumah minimalis yang bisa Anda contoh, di antaranya adalah:

Fasad Rumah Minimalis Modern

Kenalan Dengan Rumah Kontemporer

Rumah minimalis pun bisa terlihat elegan dengan menggunakan beberapa trik. Selain penggunaan warna cat dinding yang netral, halaman depan rumah yang luas juga bisa menjadi penentu. Lalu gunakan batu alam pada beberapa area dinding rumah. Tata letak pencahayaan dan tanaman juga berperan penting. Pastikan Anda menempatkanya secara teratur dan berjarak. Perhatikan juga besar dan tinggi tanaman. Tata tanaman tersebut agar terlihat cantik dan menarik.

Contohnya adalah rumah minimalis dan modern pada project Shila di gambar di atas. Merupakan salah satu project terbaik shila at Sawangan dengan fasad yang modern dan elegan. Cek selengkapnya di sini.

Fasad Rumah Minimalis yang Hangat

fasad depan oakwood

Desain rumah yang satu ini menggunakan material kaca dari lantai hingga langit-langit. Sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan baik. Kesan sejuk ditampilkan dengan menggunakan kayu alami pada sebagian dinding rumah, cat warna abu-abu pucat, dan sentuhan warna perunggu yang menambahkan kesan hangat pada palet netral dari rumah ini. Tambahkan sentuhan warna hijau yang segar dengan menempatkan beberapa tanaman di depan rumah.

Anda bisa virtual tour model rumah ini di sini.

Fasad A-Shape

Fasad A-Shape

Ide desain yang pertama adalah rumah yang berbentuk segitiga atau disebutnya dengan rangka A-shape. Jika sebagian besar rumah minimalis berbentuk kotak atau persegi, rumah ini memiliki bentuk segitiga pada bagian atapnya. Tujuannya adalah agar hujan bisa mudah turun dengan cepat karena atapnya yang miring. Pada gambar, Anda bisa melihat arsitektur menggunakan tiga segitiga untuk tiga bangunan yang berbeda dalam satu area. Cat dinding yang putih bersih, serta tata letak pintu dan jendela menjadi karakteristik dari rumah minimalis itu sendiri.

A Cable House

A Cable House

Arsitek yang membuatnya menamakan rumah ini cable house. Sebuah rumah cantik yang bisa menjadi tempat berteduh dan beristirahat di tengah padatnya perkotaan. Fasad rumah minimalis ini dibangun di tanah yang sempit. Solusinya adalah dengan membangun ruang terbuka minimalis. Kotak tanaman dibangun ke dalam fasad, dan ada beberapa yang merambat di sekitar kabel baja sehingga menciptakan eksterior hijau yang hidup. Dengan menggunakan atap berbentuk pelana, rumah ini menjadi daya tarik tersendiri di areanya.

Minimalist Forest

One Gate System Adalah

Salah satu karakteristik dari rumah minimalis adalah penggunaan jendela kaca untuk memaksimalkan sinar matahari yang masuk. Seperti rumah yang satu ini, arsitekturnya memastikan bahwa cahaya matahari yang masuk bisa sampai ke semua ruangan. Agar rumah terlihat segar, Anda bisa menciptakan hutan kecil di halaman depan. Selain segar, pohon yang rimbun bisa membuat udara yang masuk ke rumah menjadi sejuk dan juga mencegah debu masuk.

Fasad Rumah Minimalis yang Nyaman Di Dalam Gang

Fasad Rumah Minimalis yang Nyaman Di Dalam Gang

Fasad rumah minimalis yang satu ini dibangun dengan solusi struktural untuk menciptakan hubungan yang berkesinambungan antara setiap ruang sehingga bisa dapat digunakan dengan maksimal. Setiap ruangan memiliki ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara yang baik. Hal yang menarik dari rumah ini adalah setiap lantai diisi dengan berbagai tanaman, terutama di lantai paling atas. Berbeda dengan rumah lainnya yang menggunakan atap genteng, tempat tinggal yang nyaman ini langsung beratap semen. Arsiteknya menggunakan besi baja yang dibuat kotak-kotak berwarna merah untuk menghiasi setiap lantainya.

Tropical Minimalist

Tropical Minimalist

Selanjutnya ada desain tropical minimalist. Dinamakan demikian karena ada banyak tanaman, baik di dalam dan di luar rumah. Mengusung konsep terbuka dan tropis, rumah ini memanfaatkan skylight untuk mendapatkan cahaya matahari. Keberadaan taman dalam rumah juga bisa membuat sirkulasi udara menjadi sejuk dan segar. Bahkan para penghuni juga bisa merasa rileks dan lebih tenang. Fasad rumah minimalis ini cocok untuk Anda yang memiliki tingkat mobilitas tinggi.

Minimalis Gaya Mediterania

Minimalis Gaya Mediterania

Rumah dengan gaya mediterania biasanya menggunakan palet warm color, eksterior yang plesteran, elemen dekoratif yang rumit, serta penempatan palet kayu pada beberapa bagian rumah. Namun pada fasad rumah minimalis kali ini, arsitek membangun rumahnya dalam bentuk kotak dengan dominasi cat putih gading. Halaman depannya diberikan sentuhan beberapa tanaman kaktus untuk membuat kesan rumah yang hangat dan segar saat terkena paparan sinar matahari.

Fasad Rumah Minimalis Monokrom

Fasad Rumah Minimalis Monokrom

Bentuk yang bersih, perencanaan yang efisien, fungsional, dan banyak tempat penyimpanan, merupakan karakteristik dari fasad rumah minimalis yang satu ini. Dibangun sebagai sebuah tempat perlindungan keluarga, dimana setiap ruangan dibuat menyambung sehingga mudah untuk dijelajahi. Hunian ini tidak memprioritaskan pemandangan atau tanaman hijau. Justru, area bermain yang luas untuk anak-anak adalah prioritas utamanya.

Stacked House Minimalist

Stacked House Minimalist

Stacked house merupakan sebuah konsep yang mengharuskan rumah dibangun ke atas dan bukan keluar. Seperti sebuah lego yang disusun, fasad rumah minimalis ini memiliki empat lantai yang berbeda dan didesain seolah ditumpuk satu di atas yang lain. Meskipun dibuat demikian, arsitek membuat sebuah ruangan kosong yang berada di tengah-tengah rumah untuk memberikan cahaya matahari masuk serta ventilasi besar bagi rumah tersebut.

Demikianlah penjelasan terkait desain fasad rumah minimalis yang bisa Anda jadikan contoh saat hendak membangun atau merenovasi hunian. Sebelum Anda memutuskan untuk membuat rumah yang terlihat sederhana, harap perhatikan dulu apa saja karakteristik dari hunian minimalis.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.