Salah satu cara untuk mempercantik sebuah ruangan adalah dengan memberinya hiasan dan dekorasi. Termasuk di ruangan untuk menjamu tamu. Hiasan dinding ruang tamu tidak hanya untuk mengisi kekosongan saja, tetapi juga untuk membuat tampilannya terlihat indah dan berisi.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa inspirasi hiasan dinding ruang tamu yang bisa Anda gunakan di rumah. Mulai dari konsep minimalis hingga art deco yang klasik dan berseni. Temukan inspirasinya di penjelasan bawah ini.

Hiasan Dinding Ruang Tamu yang Bikin Tampilan Estetik

Tidak hanya memperindah tampilan visual, hiasan dan dekorasi yang tepat juga bisa bersifat fungsional. Misalnya penempatan rak di ruang tamu yang bisa digunakan untuk meletakkan pajangan, dekorasi kecil, dan/atau hal lainnya. Maka dari itu, Anda harus bisa mencari yang sesuai agar semuanya bisa digunakan sesuai fungsinya.

Berikut beberapa inspirasi hiasan dinding ruang tamu yang fungsional dan juga memberikan tampilan estetik. Di antaranya adalah:

1. Cermin dan Ambalan Dinding Estetik

Desain Plafon Ruang Tamu Elegan & Minimalis

Punya aksesoris / pajangan menarik? Ambalan dinding adalah salah satu solusinya. Dipadukan dengan dinding estetik dari project tudor by shila at sawangan ini membuat ruangan minimalis menjadi terlihat luas dan menenangkan.

2. Hiasan Dinding Ruang Tamu dari Anyaman

Hiasan Dinding Ruang Tamu dari Anyaman

Hiasan dinding yang pertama terbuat dari anyaman. Jika Anda tidak ingin memajang foto atau jam, Anda bisa mengisi kekosongan dinding dengan hiasan ini. Di sudut lain, berikan sebuah rak empat tingkat untuk menaruh pajangan dan dekorasi kecil yang juga terbuat dari anyaman. Sejajar dengan rak, berikan sentuhan hijau dengan meletakkan sebuah pot.

3. Hiasan Kaca Bulat Minimalis

Hiasan Kaca Bulat Minimalis

Berikan sentuhan anggun di dalam ruang tamu Anda dengan menempatkan kaca bulat berwarna hitam. Akan menjadi lebih baik lagi jika didukung dengan segala dekorasi dan perabotan berwarna hitam atau warna dark lainnya. Konsep minimalis anggun ini cocok digunakan untuk semua jenis rumah. Baik itu rumah mewah, rumah minimalis modern, hingga rumah dengan gaya industrial sekalipun.

4. Tambahkan Hiasan Lampu

Tambahkan Hiasan Lampu

Apabila Anda lebih menyukai dinding polos tanpa hiasan apapun, mungkin lampu baca bisa menjadi solusinya. Tempelkan lampu panjang di dinding dan di atas sofa. Penerangan lampu ini bisa membantu Anda ketika sedang membaca buku di sofa. Selain lampu panjang, Anda juga bisa menggunakan lampu neon berbentuk untuk menghias dinding.

5. Sentuhan Karya Seni Abstrak

Sentuhan Karya Seni Abstrak

Karya seni menjadi hiasan dinding ruang tamu yang paling populer selain pajangan foto. Bahkan Anda tidak akan salah dalam memilih hiasan pajangan jika menggunakan karya seni. Jika Anda tidak begitu mengerti aliran-aliran seni lukisan, Anda bisa menggantungkan lukisan abstrak di dinding ruang tamu. Pilihlah karya seni yang memiliki warna dasar sesuai dengan perabotan yang digunakan.

6. Letakkan Semuanya Di Rak Pajangan

Letakkan Semuanya Di Rak Pajangan

Sebuah rak bisa menjadi hiasan dinding yang fungsional dan juga estetik. Pasang satu atau dua rak dengan panjang yang berbeda di dinding. Lalu tempatkan semua dekorasi dan pajangan yang Anda inginkan. Mulai dari foto keluarga, pot tanaman, hiasan kecil, buku, dan apapun itu. Perhatikan juga tata letaknya agar terlihat rapi dan estetik.

7. Puluhan Jam Sebagai Hiasan Dinding Ruang Tamu

Puluhan Jam Sebagai Hiasan Dinding Ruang Tamu

Apakah plafon ruang tamu Anda tinggi dan bingung akan dihias dengan apa? Mungkin ide hiasan dinding ini bisa menginspirasi Anda. Seperti yang bisa Anda lihat di gambar, seluruh dinding dipenuhi dengan jam dan lukisan yang dibingkai. Hiasan dinding vintage ini tidak hanya memenuhi dinding, tapi juga lemari dan rak yang ada di dekatnya. Jika Anda memiliki banyak jam dinding, mungkin ide ini bisa dicoba. Anda juga bisa memenuhi dinding dengan lukisan atau foto yang dibingkai dan disusun berpola.

8. Hias dengan Wall Molding

Hias dengan Wall Molding

Tidak memiliki jam dinding sebanyak gambar sebelumnya? Anda bisa mencoba wall moulding untuk menghias dinding ruang tamu Anda. Sangat disarankan untuk menggunakan cetakan yang berpola agar dinding terlihat penuh dan berisi. Jika Anda menggunakan cetakan yang tradisional, mungkin Anda harus menempelkan beberapa lukisan atau foto untuk menambah hiasan.

Kumpulan Koleksi Bersejarah

Kumpulan Koleksi Bersejarah

Punya koleksi vintage yang mengisahkan masa lalu atau sejarah lainnya? Coba beri bingkai dan tempelkan di dinding ruang tamu Anda. Sudut ini akan terlihat vintage, bersejarah, estetik, dan juga informatif. Terlebih jika Anda memajang potongan surat kabar atau majalah yang memiliki sedikit bacaan. Tentu orang yang bertamu ke rumah Anda penasaran dengan apa isinya, bukan?

Penuhi Rak dengan Koleksi Buku

Penuhi Rak dengan Koleksi Buku

Bagi Anda yang gemar mengoleksi buku, tidak ada salahnya menaruh beberapa buku di rak yang ada di ruang tamu. Apalagi kalau rak yang Anda miliki bisa memenuhi satu area dinding seperti gambar di atas. Agar tidak terkesan membosankan, tempatkan beberapa pajangan lainnya. Seperti guci, vas bunga, koleksi mainan, penghargaan, atau lainnya.

Hiasan Dinding Ruang Tamu Art Deco

Hiasan Dinding Ruang Tamu Art Deco

Art deco itu merupakan sebuah desain yang memiliki karakteristik klasik, retro modern, dan kuno. Kendati demikian, hiasan dinding ruang tamu yang satu ini terlihat sangat megah dan berkelas. Meskipun hanya hiasan wallpaper, Anda bisa memadukannya dengan perabotan dan dekorasi kontemporer atau klasik. Pastikan wallpaper art deco ini dipasang di satu area dinding yang paling luas untuk menggambarkan kemegahannya.

Itulah beberapa inspirasi dan ide hiasan dinding ruang tamu yang bisa Anda gunakan di rumah. Perlu diingat bahwa, selain dijadikan sebagai elemen visual, hiasan dinding harus bisa fungsional. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan penggunaan barang yang ada dan meminimalisir penggunaan barang yang tidak terpakai. Jadi, hiasan dinding mana yang Anda sukai?

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.