Mungkin bisa dikatakan jika taman merupakan salah satu area paling cantik dan menyegarkan dalam sebuah rumah. Selain membawa kesejukan di tempat tinggal, area yang didominasi warna hijau ini bisa menambah nilai estetika. Apalagi jika Anda menata taman depan rumah sederhana dan rapi.

Baik itu untuk rumah yang berhadapan langsung dengan jalan atau di dalam kawasan perumahan, inilah beberapa cara menata taman depan rumah sederhana yang bisa Anda lakukan.

Ide Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Halaman depan rumah itu ibarat sebuah kartu nama dari tempat tinggal Anda yang memberikan gambaran sekilas terkait gaya dan kepribadian para penghuni rumah kepada siapa pun yang lewat. Namun tentu saja, menata taman depan rumah sederhana dan rapi bukanlah hal yang mudah.

DIbutuhkan keuletan, ketelitian, serta niat untuk merapikannya. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda mengikuti beberapa ide taman sederhana di bawah ini, dijamin Anda tidak perlu selalu merapikannya setiap saat. Di antaranya adalah:

Fokus Pada Satu Titik

Fokus Pada Satu Titik

Ide yang pertama ini sepertinya cocok untuk Anda yang tidak begitu menginginkan banyak kekacauan di halaman depan. Cara ini memungnkinkan Anda untuk memilih satu titik fokus saja. Misalnya seperti pintu masuk, pohon spesimen, atau penanam dengan aksen yang cerah atau tinggi. Beri mereka banyak ruang dan hindari peletakan yang terlalu dekat. Setelah Anda memilih titik fokusnya, barulah Anda bisa memikirkan dekorasi apa yang cocok untuk dipasangkan agar bisa menjadi kombinasi yang tepat.

Baca Juga : Konsep Inspirasi Taman Minimalis Depan Rumah

Atur Sesuai Warna atau Ketinggian

Atur Sesuai Warna atau Ketinggian

Coba sekarang Anda lihat pekarangan depan rumah. Ada tanaman apa saja di situ? Cara menata taman depan rumah sederhana selanjutnya adalah dengan mengaturnya sesuai warna atau ketinggian. Saatnya mengelompokkan tanaman berwarna hijau dengan temannya. Lalu tanaman bunga dengan temannya juga. Tempatkan sesuai warna dan ketinggiannya. Tanaman paling tinggi berada paling belakang lalu tanaman bunga berada di barisan depan untuk tampilan rumah yang penuh visual.

Menata Taman Depan Rumah Sederhana Secara Asimetris

Menata Taman Depan Rumah Sederhana Secara Asimetris

Asimetris yang teratur bisa memberi kesan unik pada taman Anda. Cara anti mainstream ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengambil pendekatan yang berlawanan. Misalnya, Anda menanam tanaman bunga di sisi kanan pintu atau di pinggir carport, lalu di sisi kiri Anda akan menanam tanaman hijau atau semak belukar yang cantik. Memang terlihat informal, namun pendekatan ini membuat tampilan rumah Anda semakin cantik.

Dipinggir Jalan Masuk Rumah

Dipinggir Jalan Masuk Rumah

Jika rumah Anda memiliki jalan masuk setapak atau carport mungkin bisa menggunakan ide ini untuk menata taman depan rumah sederhana. Tanamlah beberapa tanaman yang tidak terlalu tinggi dan bisa menciptakan dimensi seperti semak belukar atau bunga warna-warni di masing-masing pinggir jalan masuk setapak atau carport rumah Anda. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam melakukan perawatan, seperti menyiram, memberi pupuk, hingga memotong daun-daun yang sudah tua dan layu.

Jadikan Tempat Santai yang Asyik

Jadikan Tempat Santai yang Asyik

Halaman depan rumah menjadi salah satu ruang terbuka yang bisa digunakan untuk bersantai. Bahkan area ini bisa dijadikan tempat untuk bersosialisasi, seperti saat menerima tamu. Tempatkan setidaknya dua kursi santai dan tambahkan meja kopi kecil. Untuk tanamannya, Anda bisa menggunakan pohon berkanopi rendah dan rerumputan yang tinggi atau bunga-bunga cantik untuk menyegarkan suasana saat bersantai. Anda juga bisa menambahkan bebatuan untuk aksen natural.

Kebun Bunga Mawar

Kebun Bunga Mawar

Bagi Anda penggemar bunga mawar, bisa mencoba ide yang satu ini. Yaitu membuat kebun bunga mawar di teras depan rumah Anda. Ada banyak jenis dan warna bunga mawar yang bisa menciptakan keindahan tersendiri untuk hunian Anda. Tanamlah beberapa warna bunga mawar dan susun mereka sesuai warnanya. Rawat dan lihatlah saat mereka berbunga. Cantik sekali, bukan? Anda juga bisa memilih bunga lain selain mawar.

Desert Garden

Desert Garden

Lanskap unik yang satu ini tidak memerlukan perawatan khusus untuk tumbuh dan berkembang. Cocok sekali untuk Anda yang memiliki tingkat kesibukan tinggi dan tidak sempat mengurus taman. Konsep desert garden ini merupakan taman kaktus dengan berbagai jenis. Untuk lanskapnya sendiri dibuat seperti di gurun pasir penuh dengan bebatuan dan gundukan pasir. Pilihan yang unik, bukan?

Baca juga : Jenis Rumput Taman Dan Harganya Untuk Mempercantik Hunian Anda

Menata Taman Depan Rumah Sederhana dengan Pot Tanaman

Menata Taman Depan Rumah Sederhana dengan Pot Tanaman

Kalau ide yang satu ini cocok bagi Anda yang memiliki rumah langsung berhadapan dengan jalan atau yang tidak memiliki area cukup untuk dijadikan taman. Menata taman depan rumah sederhana dengan pot. Tanamlah beberapa pohon kecil atau tanaman lebat dalam tiga atau lebih pot. Sesuaikan potnya dengan ukuran tanaman ketika tumbuh besar nanti. Lalu tatalah di depan rumah. Selain bisa mempercantik tampilan tempat tinggal Anda, tanaman ini juga bisa membantu menyaring debu dan kotoran yang masuk ke rumah akibat asap kendaraan.

Tanaman Pagar Hidup

Tanaman Pagar Hidup

Apabila rumah Anda tidak ada pagarnya, Anda bisa menggunakan tanaman pagar hidup yang bisa tumbuh tinggi dan rapat. Ada banyak tanaman yang bisa digunakan untuk pagar. Namun yang paling populer adalah boxwood, privet, lidah mertua, dan bambu. Anda bisa memilih beberapa di antaranya yang sesuai dengan gaya dan visual rumah. Tidak hanya menciptakan privasi, tanaman pagar hidup ini juga bisa mencegah polusi masuk ke dalam rumah.

Kebun TOGA atau Sayuran

Kebun TOGA atau Sayuran

Tentu Anda familiar dengan istilah TOGA, bukan? TOGA atau tanaman obat keluarga ini bisa dijadikan ide menata taman depan rumah sederhana selanjutnya. Selain tanaman herbal, Anda juga bisa membuatnya menjadi kebun sayur. Siapkan beberapa kotak yang akan dijadikan area untuk menanam. Tanamlah jenis tanaman yang sama pada satu kotak. Rawatlah secara rutin. Nanti kalau sudah tumbuh besar, Anda bisa menikmatinya.

Itulah beberapa ide menata taman depan rumah sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Jadi, tidak ada alasan untuk membiarkan pekarangan rumah Anda berantakan lagi, ya! Tentu salah satu ide di atas ada yang bisa diaplikasikan di pekarangan depan tempat tinggal Anda.Sesuaikan juga dengan budget, tingkat kesulitan perawatan, area yang dibutuhkan, dan tanaman yang dipilih. Pastikan semuanya sudah sesuai dengan gaya dan selera Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.