Fungsi teras rumah tidak hanya untuk mempercantik bagian depan saja tetapi juga menjadi tempat untuk menerima tamu dan bersantai. Banyak orang yang menyukai model teras rumah minimalis. Sebab desain ini lebih terlihat sederhana, simpel, dan disaat yang bersamaan tidak memakan banyak space.

Nah, kalau Anda sedang mencari model teras rumah minimalis untuk inspirasi, maka Anda berada di laman yang tepat! Berikut beberapa desain teras rumah minimalis yang bisa mempercantik rumah Anda.

Pilihan Model Teras Rumah Minimalis

Salah satu kelebihan dari desain teras rumah minimalis adalah terlihat sederhana dari sudut manapun tapi tidak mengurangi esensinya. Selain itu, konsep ini pun juga mudah untuk diaplikasikan. Tidak heran kalau banyak orang yang ingin membuat teras cantik dan sederhana.

1. Teras Gazebo untuk Bersantai

Teras Gazebo untuk Bersantai

Kalau Anda memiliki space yang sedikit luas, mungkin Anda ingin mencoba model teras rumah yang satu ini. Konsep terasnya adalah ruang terbuka dengan atap ringan dan dilengkapi dengan kursi rotan yang klasik. Apabila tidak ada sofa kursi rotan, Anda bisa menggantinya dengan sofa atau bean bag. Fungsinya adalah untuk bersantai atau berkumpul bersama teman dan keluarga.

Penasaran dengan inspirasi teras dengan Gazebo seperti gambar di atas? Yuk virtual tour tudor by shila at Sawangan! Klik di sini!

2. Teras Tertutup

Teras Tertutup

Teras tertutup sangat cocok untuk digunakan sebagai tambahan ruang tamu. Dengan kata lain, Anda memiliki dua ruang tamu. Di dalam dan di luar. Kelebihan dari desain teras rumah minimalis yang satu ini adalah terhindar dari hujan. Bahkan Anda bisa bersantai sambil menikmati hujan di teras ini.

Penasaran bagaimana selengkapnya rumah dengan teras tertutup seperti ini? Konsep teras seperti ini bisa juga disebut dengan inner courtyard. cek selengkapnya tampilan rumah dengan inner courtyard pada project Pavilion by Shila at Sawangan di sini!

3. Penggunaan Batu Alam

Teras rumah minimalis dengan Penggunaan Batu Alam

Penggunaan batu alam sebagai desain teras rumah minimalis bisa memberikan kesan keindahan alam, suasana yang harmonis, dan estetik. Tidak hanya itu, batu alam ini juga bisa Anda manfaatkan untuk keperluan refleksi kaki. Terutama untuk anggota keluarga yang sudah berusia lanjut. Anda juga bisa membuat jalan setapak di tengah-tengah kumpulan batu. Tambahkan dekorasi seperti zen garden untuk menambah kesan natural alam.

4. Teras dengan Kolam Ikan

Teras rumah minimalis dengan Kolam Ikan

Hadirnya kolam ikan di teras rumah Anda juga bisa menambah kesan alami. Suara gemericik air dan ikan yang lalu lalang, akan menjadi keindahan tersendiri untuk mata yang memandang. Bagi Anda yang suka bermeditasi atau yoga, kolam ikan bisa menjadi alternatif untuk suara alam. Menarik, bukan? Ingin tau lebih lengkapnya? cek project Verdant ini di sini!

5. Buat Mini Playground

Teras rumah minimalis Mini Playground

Ada area lebih yang bingung mau dibuat apa? Anda bisa membuat area mini playground  di teras rumah. Cocok untuk Anda yang memiliki anak kecil. Tambahkan mainan seru seperti perosotan kecil, gundukan pasir, ayunan, rumah-rumahan, atau mainan lainnya yang ramah untuk anak-anak. Model teras rumah minimalis ini akan membuat tampilan rumah Anda menjadi estetik, ramah anak, dan juga menyenangkan. Dijamin, anak-anak pasti betah bermain di rumah kalau ada mini playground ini.

Penasaran dengan inspirasi teras dengan Mini Playground seperti gambar di atas? Yuk virtual tour tudor by shila at Sawangan! Klik di sini!

6. Taman Mini yang Penuh dengan Tanaman

teras rumah minimalis Taman Mini yang Penuh dengan Tanaman

Taman mini bisa menjadi penyejuk mata disaat Anda kelelahan dengan gadget. Hijaunya tanaman dan sirkulasi udara yang bagus, sangat cocok untuk membuat tubuh menjadi rileks. Selain menonjolkan keindahan alam karena ada banyak tanaman hijau, desain teras rumah minimalis ini juga akan menambah kesan segar, sejuk, adem, dan alami di rumah Anda.

7. Minimalis Estetik

teras rumah Minimalis Estetik

Minimalis estetik bisa Anda aplikasikan di semua jenis rumah, Umumnya, model teras rumah minimalis ini mengusung konsep terbuka. Untuk mempercantik tampilan, Anda bisa menambahkan tanaman kaktus di berbagai sudut. Gunakan cat tembok warna netral agar tidak terlalu over. Pemilihan warna netral ini juga akan menambah kesan elegan dan modern.

8. Nuansa Kayu

teras rumah minimalis Nuansa Kayu

Satu lagi model teras rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi Anda, yaitu teras dengan nuansa kayu. Konsep ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai warna coklat dan furniture kayu. Kesan yang diberikan pun akan tampak seperti rumah-rumah di pedesaan dan vintage. Tambahkan beberapa tanaman untuk menghias sudut teras dan juga menambah suasana segar di rumah.

Penasaran bagaimana selengkapnya rumah dengan furnitur kayu seperti ini? cek project Pavilion by Shila at Sawangan di sini!

9. Pasang Hammock Biar Seru

Pasang Hammock BIar Seru

Bagi Anda yang menyukai teras dengan konsep outdoor, Anda bisa memasang hammock atau ayunan gantung sebagai dekorasi tambahan. Pemasangan hammock ini cocok untuk bersantai, menikmati udara segar, membaca buku, atau bermain dengan anak. Hal ini akan memberikan kesan outdoor yang nyaman dan juga menyenangkan.

10. Kursi Gantung yang Menyenangkan

Kursi Gantung yang Menyenangkan

Selain memasang hammock, Anda juga bisa memasang kursi gantung untuk bersantai. Kelebihan dari kursi gantung adalah bisa dijadikan sebagai kursi tambahan untuk para tamu atau anggota keluarga yang ingin bersantai. Usahakan untuk memilih kursi gantung yang menggunakan material dengan daya tahan keras. Artinya, tahan di setiap segala cuaca. Seperti material rotan sintetis atau logam anti karat bisa menjadi pilihan.

11. Roster Minimalis

Minimalis Roster

Roster memiliki fungsi untuk memperlancar sirkulasi udara dan cahaya yang masuk dari luar. Jika Anda menggunakan model teras rumah minimalis ini, rumah Anda akan terasa lebih sejuk dan adem. Biasanya, penggunaan desain ini dipadukan dengan fasad ala industrial. Penggunaan warna netral seperti putih, abu-abu, atau hitam, sangat dianjurkan. Kalau untuk furniture, Anda bisa menambahkan kursi kayu, kursi rotan, atau sofa panjang.

12. Semi Industrial

Semi Industrial

Fasad industrial sedang menjadi tren. Anda juga bisa menggunakannya sebagai konsep teras rumah Anda, lho. Konsep ini menggabungkan unsur minimalis dengan unsur industrial. Desainnya simpel, sederhana, bersih, dan tetap menonjolkan unsur industrialnya. Sehingga sangat cocok untuk digunakan di rumah dengan fasad sejenis.

13. Teras Rumah Ala Pedesaan

Teras Rumah Ala Pedesaan

Tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan model teras rumah minimalis ala pedesaan. Sebab, rumah-rumah di pedesaan masih sangat sederhana dan memberikan kesan harmonis. Biasanya, area teras dibuat tidak terlalu luas. Lalu dipadukan dengan sepasang kursi dan meja kayu, Jangan lupa menambahkan pot gantung untuk memperindah suasana teras.

14. Ala Bohemian

Ala Bohemian

Bagi Anda penggemar dekorasi dan furniture unik, mungkin bisa mempertimbangkan model teras rumah minimalis ala bohemian yang satu ini. Perpaduan warna-warni dari furniture dengan meja kayu ukiran, akan mempercantik tampilan teras rumah Anda. Untuk menambah kesan alami, Anda bisa menambahkan tanaman hias yang sesuai. Seperti kaktus, tanaman bunga kecil, atau tanaman merambat lainnya.

15. Konsep Perkemahan dan Api Unggun

Konsep Perkemahan dan Api Unggun

Konsep perkemahan dan api unggun sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang. Meskipun konsepnya perkemahan dan api unggun, bukan berarti Anda memasang tenda di teras rumah, ya. Anda bisa menambahkan bangku pendek untuk bersantai dan memasang alat atau wadah untuk menyalakan api unggun, seperti gambar di atas. Hal ini akan menambah suasana yang hangat, ramah, kekeluargaan, dan juga santai.

Baca Juga : Motif & Model Keramik Lantai Teras Modern

Itulah beberapa pilihan model teras rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi Anda. Apapun desain yang ingin Anda pilih, pastikan sesuai dengan ciri khas Anda sendiri sebagai pemilik rumah agar betah. Semoga bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.