Salah satu cara tercepat dan termurah untuk memperbarui tampilan rumah Anda adalah dengan mengganti warna pintu depan. Anda bisa memberikan sentuhan baru dengan warna yang bisa menarik perhatian. Mulai dari warna netral. dark, hingga kontras sekalipun. Ada banyak perpaduan warna cat tembok dan kusen yang bagus untuk tampilan baru tempat tinggal Anda.

Apapun tampilan yang Anda inginkan, beberapa ide warna cat tembok dan kusen di artikel ini akan menunjukkan betapa mudahnya untuk mengubah eksterior rumah hanya dengan sekaleng cat. Mari kita lihat ada perpaduan warna apa di bawah ini.

Ide Perpaduan Warna Cat Tembok dan Kusen yang Bagus

Apakah warna cat tembok dan kusen pintu harus selalu sama? Meskipun tidak ada salahnya untuk memberikan warna yang sama, Anda bisa mengubah tampilan rumah dan mood dengan warna yang berbeda. Perbedaan warna ini juga bisa menjadi pembeda antara pintu ruangan A dengan ruangan B, serta membawa dimensi dan kesan tersendiri.

Penasaran dengan perpaduan warnanya? Berikut penjelasannya:

Merah dan Putih, Perpaduan Warna Cat Tembok dan Kusen yang Bagus

Merah dan Putih, Perpaduan Warna Cat Tembok dan Kusen yang Bagus

Palet warna kontras dan netral bisa menjadi perpaduan yang ciamik dan menampilkan kesan klasik. Terutama untuk warna merah terang yang memberikan kesan bold dan berani. Dengan latar belakang cat tembok warna putih, pintu berwarna merah terang ini bisa menarik atensi siapa saja yang melihatnya. Apalagi kalau sedang terkena sinar matahari.

Bright Yellow and Light Blue

Bright Yellow and Light Blue

Masih dalam palet warna kontras, kali ini ada warna bright yellow yang dipadukan dengan light blue. Jika Anda ingin mencerahkan rumah, maka pintu bercahaya ini adalah pilihan terbaik. Warna kuning cerah pada pintu ini sebenarnya terinspirasi dari sinar matahari untuk memberikan kesan cerah dan hangat bagi para penghuni rumah dan tamu yang berkunjung. Sedangkan light blue berperan sebagai langit cerah di pagi dan siang hari.

Kusen Putih dengan Warna Tembok yang Kontras

Kusen Putih dengan Warna Tembok yang Kontras

Kusen putih itu cocok dipadukan dengan warna apa saja karena sifatnya yang netral dan bisa menyesuaikan warna di sekitarnya. Jadi tidak ada salahnya jika kali ini Anda menggunakan warna kontras untuk cat tembok. Misalnya warna downpour blue yang memberikan kesan elegan dan kehangatan dalam rumah. Untuk memberikan dimensi, Anda bisa menggunakan wall moulding di atas pintu.

Hitam dan Putih

kombinasi tembok putih dan kusen hitam

Ada kesan khas tersendiri yang diberikan oleh palet warna hitam. Baik itu kesan elegan, hangat, modern, minimalis, hingga gloomy. Namun semua kesan itu tergantung pada warna apa yang disandingkannya. Seperti gambar di atas, kusen jendela warna hitam dipadukan dengan cat tembok putih yang memberikan kesan hangat dan lembut untuk kamar tidur Anda. Bentuk dari jendelanya juga berpengaruh untuk menambah dimensi dan ketertarikan visual.

Monokromatik yang Lembut

Monokromatik yang Lembut

Mengecat dinding dan membuat suasana yang berbeda dengan warna yang sama bisa menjadikan ruangan kecil terasa lebih luas dan besar. Palet warna hijau dengan kusen jendela putih ini menampilkan kesan sejuk dan tenang. Cocok untuk ruang belajar atau ruang kerja agar tidak terlalu stres. Anda bisa menggunakan warna hijau sage dan hijau daun pada cat tembok, atau warna monokromatik lainnya yang lembut.

Tembok Biru dan Kusen Biru

Tembok Biru dan Kusen Biru

Kombinasi monokromatik biru ini merupakan pilihan yang cocok untuk kamar anak-anak atau orang tua yang menginginkan suasana tenang, sejuk, dan sejuk. Gunakan warna biru gelap atau tua pada cat tembok dan biru langit pada kusen jendela. Agar ruangan terlihat luas dan lapang, gunakan warna putih pada plafon kamar. Tambahkan dekorasi dan perabotan dengan warna sesuai agar tidak ada yang terlalu terang.

Tembok Bermotif dan Warna Lembut

Tembok Bermotif dan Warna Lembut

Anda juga bisa menggunakan wallpaper atau keramik bermotif untuk dinding ruangan. Pilihlah motif yang sesuai dengan gaya dan suasana ruangan tersebut. Misalnya pada gambar, desainer memilih motif pelangi untuk tembok dan kusen jendela berwarna biru yang terinspirasi dari warna pada motif tersebut. Perpaduan sempurna ini terasa sempurna untuk kamar anak sampai usia 13 tahun.

Dinding Putih dan Kusen Biru

Dinding Putih dan Kusen Biru

Tahukah Anda bahwa, warna biru tua atau blue navy pada kusen pintu depan rumah terlihat jauh lebih menarik dibandingkan hitam atau abu-abu? Warna biru tua ini seolah menyambut para penghuni rumah dan tamu yang datang dengan hangat dan kekeluargaan. Untuk memadukan warnanya, Anda bisa menggunakan palet warna kontras atau netral. Dalam gambar di atas, warna dindingnya adalah putih. Anda juga bisa menggantinya dengan warna lain asalkan cocok dan cantik ketika dilihat.

Baca Juga : Pilihan Warna Cat Kamar. Dari Warna Netral Sampai Cerah

Perpaduan Warna Cat Tembok dan Kusen yang Bagus, Koral dan Olive Green

Perpaduan Warna Cat Tembok dan Kusen yang Bagus, Koral dan Olive Green

Selanjutnya ada warna cerah namun penuh dengan kelembutan yang bisa Anda jadikan inspirasi. Yaitu koral dengan olive green. Terlihat cantik dan homey, bukan? Perpaduan warna cat tembok dan kusen yang bagus ini dinetralkan dengan kehadiran putih pada kusen jendela dan tiang plafon. Aksen naturalnya bisa didapatkan dari penempatan pot tanaman di depan pintu. Selain olive green, warna coklat juga cocok jika dipadukan dengan warna koral lembut ini.

Kombinasi Warna Alam

Kombinasi Warna Alam

Bagi Anda yang menyukai palet warna earth tone, mungkin bisa menggunakan perpaduan warna broken white pada tembok, coklat kayu pada kusen jendela, dan olive green pada plafon dan wall moulding. Jangan lupa gunakan keramik bermotif kayu untuk menyempurnakan aksen naturalnya. Tempatkan karpet di tengah ruangan dan sandingkan dengan kursi santai lesehan atau duduk untuk membaca buku atau sekedar menikmati pemandangan dari balik jendela.

Kusen Hitam untuk Kesan Penuh Drama

Kusen Hitam untuk Kesan Penuh Drama

Bila Anda menyukai perpaduan warna monokrom klasik putih dan hitam, mungkin bisa mencontoh gambar yang satu ini. Ciptakan drama pada warna putih yang kontras di ruangan Anda. Gunakan garis-garis tipis cat hitam untuk menggambarkan ruang dan menciptakan kedalaman pada ruangan yang serba putih ini. Sebagai pelengkap, tambahkan dekorasi dan perabotan dengan warna yang sama untuk membuat tampilan penuh drama yang menonjol.

Itulah beberapa ide perpaduan warna cat tembok dan kusen yang bagus untuk inspirasi tampilan baru rumah Anda. Mulai dari warna lembut, kontras, dark, hingga penuh drama, bisa Anda pilih di atas. Jadi, palet warna apa yang ingin Anda coba? Atau Anda memiliki preferensi warna lain?

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.