Ruang tamu merupakan salah satu ruangan terpenting di dalam rumah. Ruangan ini menjadi tempat untuk menjamu tamu, berkumpul keluarga, dan lainnya. Tidak ada yang lebih baik dibandingkan membuat plafon ruang tamu elegan yang bisa memperindah tampilan dalam rumah Anda.

Selain bermain dengan palet warna dan dekorasi, plafon ruang tamu juga memiliki nilai estetiknya tersendiri. Lalu seperti apa desain plafon ruang tamu elegan? Temukan desain lengkapnya di artikel bawah ini, ya!

Desain Plafon Ruang Tamu Elegan & Minimalis

Plafon atau yang biasa disebut langit-langit rumah, bukan hanya sebagai atap di atas kepala saja. Tetapi juga bisa mempercantik tampilan dalam rumah Anda. Jika ditata dan dibuat sedemikian rupa, maka plafon bisa menjadi salah satu dekorasi rumah yang sempurna dan menggambarkan karakteristik penghuninya.

Berikut beberapa desain plafon ruang tamu elegan untuk rumah Anda, meliputi:

1. Tray Ceiling

Berada Dalam Satu Ruangan Panjang

Salah satu desain plafon ruang tamu yang elegan dan minimalis tetapi tetap mempertahankan gaya tradisionalnya adalah tray ceiling atau langit-langit baki. Dibingkai dengan drywall, menjadikan ruang tamu Anda terasa lebih intim. Perpaduan warna putih, abu-abu, krem, dan hitam menjadi kombinasi yang sempurna untuk ruang tamu Anda. Letakkan pot tanaman hijau untuk menyegarkan dan menyejukkan ruangan.

2. Plafon Ruang Tamu Elegan Berwarna Hitam

Plafon Ruang Tamu Elegan Berwarna Hitam

Warna hitam tidak selalu identik dengan kesan muram. Justru warna ini menggambarkan kesan elegan, mewah, dan misterius. Jika ruang tamu Anda memiliki jendela besar, coba buat plafon berwarna hitam ini. Pancaran sinar matahari akan membuat ruang tamu Anda terlihat hangat dan elegan tanpa membuat ruangan terasa kecil.

3. Kotak-kotak Besar Di Langit

Kotak-kotak Besar Di Langit

JIka Anda ingin memiliki tampilan plafon ruang tamu minimalis, mungkin Anda bisa mencoba plafon dengan pola kotak-kotak besar seperti pada gambar. Desain ini cocok untuk rumah yang memiliki plafon tinggi atau high ceiling. Sebab akan membuat ruangan terasa lebih terbuka dan memberikan kesan langit-langit yang tinggi. Selain menggunakan warna biru langit, Anda juga bisa menggunakan palet warna pastel.

4. Plafon Wallpaper

Plafon Wallpaper

Tahukah Anda bahwa, Anda bisa memasang wallpaper di plafon? Hal ini bisa Anda lakukan jika tidak ingin mengganggu desain plafon yang sudah ada. Gunakan wallpaper dengan motif abstrak dalam nuansa monokrom jika cat dinding Anda berwarna putih. Jika menggunakan warna lain, Anda bisa menyesuaikannya. Berikan sentuhan lampu gantung kontemporer di tengah-tengah ruang tamu. Lebih asyik lagi jika Anda memadukan semua dekorasi di ruang tamu dengan gaya kontemporer.

5. Plafon Ruang Tamu Minimalis dengan Balok Kayu

Plafon Ruang Tamu Minimalis dengan Balok Kayu

Hanya dengan menggunakan beberapa balok kayu, langit-langit ruang tamu yang berwarna putih ini terlihat lebih mewah dan elegan. Walaupun desainnya sederhana dan minimalis, kesan elegan bisa dipancarkan dengan penggunaan warna putih pada dinding dan langit-langit. Ditambah dengan furniture yang terbuat dari material kayu dan beberapa dekorasi modern lainnya. Tambahkan beberapa foto keluarga atau bingkai poster agar terlihat lebih homey.

6. Kontemporer Minimalis

Kontemporer Minimalis

Dengan beberapa elemen desain yang berbeda, plafon putih dengan gaya kontemporer minimalis ini akan melengkapi ruang tamu Anda. Berikan tampilan futuristik dengan penggunaan lampu LED yang ditempel secara abstrak di langit-langit. Untuk menunjukkan kesan elegan, gunakan wall moulding dengan kayu dan tempelkan satu lukisan berukuran besar. Padukan dengan dekorasi dan furniture terkini agar semakin terlihat mewah dan modern.

7. Langit-langit Berpanel Kayu

Langit-langit Berpanel Kayu

Penggunaan panel kayu yang membentang di seluruh langit-langit bisa membantu menambah kehangatan di desain plafon ruang tamu elegan ini. Dinding berwarna putih akan membuat ruang tamu Anda tidak terasa sempit. Berikan karpet untuk alas pijakan kaki dan beberapa sofa empuk. Dikarenakan ruang tamu ini menggunakan palet warna netral, Anda bisa menggunakan dekorasi dengan warna kontras untuk membuatnya semakin menyala dan cerah.

8. Langit-langit Bertingkat dengan Moulding

Langit-langit Bertingkat dengan Moulding

Desain plafon ruang tamu elegan dengan langit-langit bertingkat ini hanya bisa digunakan jika plafon rumah Anda tinggi. Gunakan wall moulding untuk membuat tingkatannya. Padukan dengan perabotan gaya kontemporer yang memiliki warna senada atau warna kontras. Anda juga bisa menggunakan warna kontras untuk mengecat wall moulding di langit-langitnya untuk menambah kesan hangat dan ceria.

Baca Juga : Contoh Desain Wall Moulding Yang Unik & Estetik

9. Bermain dengan Warna

Bermain dengan Warna

Selain menggunakan wallpaper, Anda juga bisa mengecat langit-langit ruang tamu dengan dua warna yang senada. Jika Anda menyukai gaya kontemporer, Anda bisa mencoba warna monokrom seperti di gambar. Padukan dengan dekorasi dan perabotan dengan gaya unik juga. Selanjutnya, pasang lampu gantung dengan gaya abstrak di tengah ruangan untuk mendukung gaya kontemporernya.

10. Atap Cahaya

Atap Cahaya

Selanjutnya ada desain plafon ruang tamu elegan dan minimalis dengan skylight. Ruang tamu Anda akan bermandikan cahaya dengan menggunakan gelas kaca di langit-langit. Berikan kesan mewah dan berbeda dengan desain atap cahaya ini. Gunakan dekorasi dan perabotan yang bisa menyerap cahaya matahari agar ruang tamu tidak terlalu silau.

11. Plafon Ruang Tamu Elegan dengan Sentuhan Rustic

Plafon Ruang Tamu Elegan dengan Sentuhan Rustic

Bawa kesan hangat dan vintage di ruang tamu Anda dengan menggunakan plafon ala rustic ini. Pasangkan balok kayu rapat-rapat pada langit-langit. Untuk mendukung kesan vintage, gunakan sofa kulit dan dekorasi yang terbuat dari kayu juga. Tambahkan lampu gantung dengan gaya klasik di tengah-tengah ruangan.

Demikianlah beberapa ide desain plafon ruang tamu elegan dan minimalis untuk rumah Anda. Meskipun beberapa desain di atas untuk langit-langit rumah yang tinggi, Anda juga bisa membuat langit-langit rendah menjadi tinggi. Anda bisa mengecatnya dengan warna terang, membuatnya seperti bentuk kubah, atau menggunakan pola bertingkat.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.