Kehadiran taman di sebuah rumah bisa mempercantik tampilan dan juga membuat suasana menjadi sejuk. Ada salah satu jenis taman yang bisa menjadi solusi untuk Anda dengan mobilitas tinggi, yaitu taman kering. Dimana Anda tidak perlu repot-repot menyiram atau merawat tanamannya secara berkala.

Jenis taman ini cocok dibuat di dalam dan di luar rumah. Keunggulannya adalah tanaman yang dipilih tidak membutuhkan banyak air atau sinar matahari. Penasaran dengan berbagai konsep taman kering yang bisa dibuat di rumah? Tenang saja, Anda berada di artikel yang tepat! Simak ulasan selengkapnya di artikel bawah ini, ya!

Desain dan Konsep Taman Kering Di Rumah

Sejatinya, konsep taman kering ini sama dengan taman pada umumnya. Hanya saja, medianya menggunakan pasir, kerikil, atau batu. Selain itu, perawatannya yang mudah dan tidak terlalu membutuhkan banyak air, menjadikannya populer. Bahkan, jenis taman ini bisa menambah kesan estetik dan seni di rumah Anda.

Berikut beberapa desain dan konsep taman kering yang bisa dibuat di rumah, meliputi:

Taman Kering dengan Api Unggun Di Halaman Belakang

Taman Kering dengan Api Unggun Di Halaman Belakang

Jika Anda memiliki halaman belakang yang cukup luas, Anda bisa membuat taman kering yang berdampingan dengan api unggun dan kursi santai. Jadikan tempat ini untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas. Bahkan tempat ini juga bisa dijadikan untuk kumpul keluarga atau teman.

Zen Garden Ala Taman Jepang

Zen Garden Ala Taman Jepang

Karakteristik dari zen garden adalah tanaman bonsai Jepang, kolam ikan dengan air mancur, dan dekorasi dari material kayu. Perhatikan juga palet warna yang digunakan. Bermainlah di warna netral dan earth tone. Batu yang digunakan juga beragam. Mulai dari ukuran kecil hingga yang besar. Suasana yang diciptakan zen garden diklaim bisa membuat diri Anda menjadi rileks, tenang, dan bisa melepaskan semua penat serta beban pikiran.

Kontemporer Landscape

Kontemporer Landscape

Berikan sentuhan gaya kontemporer pada desain taman kering Anda dekorasi unik dan berbeda. Seperti yang tampak pada gambar, ada tiga dekorasi berbentuk seperti sebuah batu besar yang ditempatkan di tengah-tengah taman. Fungsi dari tiga dekorasi tersebut adalah sebagai tempat duduk tambahan. Untuk melengkapi sentuhan kontemporer, bermainlah dengan palet warna netral dan earth tone. Berikan beberapa pohon kaktus dan pohon lainnya yang bisa ditanam dengan menggunakan media pasir.

Tropical Mini Garden

Tropical Mini Garden

Sentuhan anyaman rotan yang berpadu dengan hijaunya tanaman tropik dan dilindungi oleh kanopi, menjadikan desain taman kering ini terlihat sangat estetik. Warna putih pada dinding memberikan kesan bersih dan luas. Ditambah dengan adanya bangku semen dan bantal kecil, menjadikan taman ini tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati sinar matahari di pagi dan sore hari.

Dikelilingi Kaktus dan Sukulen

Dikelilingi Kaktus dan Sukulen

Konsep selanjutnya adalah dengan membuat taman kering yang melingkar. Setengah dari lingkaran akan diisi dengan kursi yang melengkung, dan setengahnya lagi diisi oleh tanaman kaktus, sukulen, batu-batu, dan kerikil untuk dasar pijakan. Jangan lupa berikan meja kopi di tengah-tengah taman.

Taman Kering Di Dalam Rumah

Taman Kering Di Dalam Rumah

Anda juga bisa membuat taman kering di dalam rumah. Jika Anda memiliki area kosong yang bingung akan diapakan, coba buat taman kecil di area ini. Tempatkan terpal untuk alas media tanam. Setelah menaruh pasir, tuang batu koral kecil secara merata. Lalu tempatkan beberapa batu datar untuk alas pijakan. Selanjutnya Anda hanya perlu menata tanaman di sudut-sudut yang tepat. Dijamin taman ini akan menyegarkan dan menyejukkan suasana rumah.

Baca Juga : Konsep Inspirasi Taman Minimalis Depan Rumah

Pagar Taman Kering

Pagar Taman Kering

Tanaman kaktus dan sukulen juga bisa dijadikan pagar rumah, lho! Pilihlah tanaman kaktus dengan ukuran besar dan tinggi serta sukulen yang besar. Lalu tanam di sepanjang halaman depan rumah hingga menyerupai pagar. Seluruh tanaman hijau ini akan membuat suasana rumah menjadi segar dengan kesan tropis. Ditambah, Anda tidak perlu menyiramnya terlalu sering.

Taman Kecil Di Halaman Samping

Taman Kecil Di Halaman Samping

Manfaatkan halaman samping rumah Anda untuk membuat taman kecil. Anda bisa menggunakan tanaman kaktus, sukulen, palem, atau tanaman lainnya yang tidak memerlukan banyak air untuk bertahan hidup. Berikan batu datar untuk pijakan jika sewaktu-waktu Anda harus menengok taman kecil ini.

Dry Stream

Dry Stream

Pernah dengar konsep dry stream? Konsep ini membuat taman menyerupai aliran sungai namun tidak memiliki air. Karena jalur airnya diganti dengan bebatuan, kerikil, dan tanaman. Kendati demikian, pemasangan dry stream ini tidaklah mudah. Konsepnya menyerupai aliran sungai, dimana Anda juga harus memperhatikan area yang tinggi dan rendahnya. Tujuannya adalah agar mempermudah aliran air hujan agar tidak menggenang di area tertentu. Maka dari itu, penempatan batu dan tanaman yang sesuai sangat dibutuhkan.

Hiasan Di Teras Depan Rumah

Hiasan Di Teras Depan Rumah

Halaman depan sering kali menjadi titik kontak pertama antara rumah dan dunia luar. Tanpa disadari keberadaan halaman depan ini bisa mengatur suasana bagi penghuni rumah dan orang-orang yang lalu lalang. Maka dari itu, percantik halaman depan rumah Anda dengan desain taman kering ini. Tanam tanaman kaktus atau lainnya di sepanjang jalan menuju pintu rumah. Atur dan sesuaikan penempatan tanamannya agar terlihat rapi dan estetik. Anda juga bisa menanam bunga untuk meramaikan suasana.

Sungai Buatan Di Rumah

Sungai Buatan Di Rumah

Satu lagi konsep taman kering yang bisa Anda buat adalah sungai buatan di rumah. Caranya sama seperti konsep dry stream. Hanya saja untuk membuatnya seperti aliran sungai, Anda perlu menggunakan batu koral berwarna biru. Seperti yang terlihat di gambar, Anda juga bisa menambahkan patung angsa atau hewan air lainnya. Di samping aliran sungai palsu ini Anda bisa menanam beberapa tanaman kering yang disukai.

Itulah beberapa desain dan konsep taman kering yang bisa Anda buat di rumah. Cantik-cantik semua, bukan? Jika dipadukan dengan baik dan sesuai, taman ini bisa menonjolkan nilai seni tersendiri untuk rumah Anda. Pastikan Anda memanggil orang yang ahli dalam membuat taman ini agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.