Menerapkan wall moulding ruang tamu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan tampilan rumah Anda. Dari gaya tradisional hingga modern, ada berbagai desain yang bisa Anda terapkan untuk menambah daya tarik visual dan karakter. Tidak hanya itu, cetakan dinding ini juga membantu ruang tamu Anda terlihat unik dan personal.

Dengan menerapkan desain yang tepat, Anda dapat menciptakan tampilan ruang tamu yang unik, berseni, dan berbeda. Seperti beberapa desain wall moulding ruang tamu yang akan dibahas di artikel ini.

Baca Juga : Apa itu Wall Moulding dan Contoh Desainnya

Ide Desain Wall Moulding Ruang Tamu

Apapun jenis cetakan dindingnya, hal ini bisa menambah dimensi dan menonjolkan detail di sebuah ruangan. Cara ini juga bisa menjadi solusi untuk menambahkan gaya dan seni secara instan pada ruang tamu Anda. Mulai dari gaya tradisional, hingga gaya kontemporer siap menghias rumah Anda. Di antaranya adalah:

1. Wall Moulding Ruang Tamu Konsep Beadboard

Wall Moulding Ruang Tamu Konsep Beadboard

Cetakan dinding beadboard merupakan salah satu model yang sering digunakan di rumah-rumah. Fungsinya untuk menyembunyikan celah antara bagian bawah dinding dan lantai. Anda bisa memasangnya dengan rapat atau memberi jarak sekitar 1 cm di antara cetakan. Metode ini membantu untuk menambah kedalaman dan detail di ruang tamu tanpa kesan yang berlebihan.

2. Kesan Hangat dengan Panel Kayu

Kesan Hangat dengan Panel Kayu

Hangatkan suasana ruang tamu Anda dengan panel kayu yang ditempel di dinding. Padukan dengan cetakan dinding bentuk wainscoting pada setengah bagian bawah dinding. Jika tidak ada budget untuk membeli panel kayu, Anda bisa menggunakan wallpaper dengan motif kayu. Selain menjadi hangat, ruang tamu Anda juga akan terlihat lebih cerah karena perpaduan warna putih dan coklat ini.

3. Perpaduan Crown Moulding dengan Bingkai Foto

Perpaduan Crown Moulding dengan Bingkai Foto

Apabila Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk membuat wall moulding ruang tamu secara keseluruhan, Anda bisa memadukan cetakan jenis crown moulding dengan beberapa bingkai foto. Jadikan sisa dinding yang kosong sebagai galeri rumah Anda. Selain mengisi dengan foto, Anda juga bisa mengisinya dengan lukisan atau sampul album atau karya seni lainnya. Just get creative!

4. Panel Kayu dan Wallpaper

Panel Kayu dan Wallpaper

Desain wall moulding ruang tamu selanjutnya bisa dengan memadukan panel kayu dan wallpaper. Pasang panel kayu pada setengah dinding bagian bawah, dan wallpaper di setengah bagian atas. Tambahkan beberapa pot tanaman untuk memperkuat kesan alam dari panel kayunya. Padukan dengan dekorasi dari material kayu atau material daur ulang berwarna senada.

5. Wall Moulding Ruang Tamu Picture Frame

Wall Moulding Ruang Tamu Picture Frame

Ada lagi nih jenis wall moulding yang paling sering digunakan, yaitu picture frame atau bingkai foto. Sesuai namanya, cetakan dinding ini dibuat menyerupai bingkai foto. Untuk menampilkan kesan mewah dan elegan, Anda bisa menggunakan warna krem atau beige, dan padukan dengan warna emas. Agar terlihat berkelas, Anda bisa menggunakan dekorasi yang “mahal”.

6. Bermain dengan Pola

Bermain dengan Pola

Baik itu pola yang teratur atau abstrak, kehadiran pola pada wall moulding ruang tamu Anda akan membuat kesan yang unik dan berseni. Cetakan berpola ini juga bisa memberikan kesan dinding yang berisi. Agar terlihat lebih luas dan rapi, gunakan cat dinding berwarna putih atau krem.

7. Gaya Klasik dengan Corbel Molding

Gaya Klasik dengan Corbel Molding

Bagi Anda yang belum familiar, corbel molding adalah jenis cetakan dinding dekoratif yang menonjol dari dinding dengan karakteristik arsitektur klasiknya, Biasanya cetakan ini ditempelkan di bagian paling atas dinding dekat dengan langit-langit. Cocok untuk Anda yang menyukai arsitektur klasik. Wall moulding ruang tamu ini juga akan membuat ruangan Anda terlihat lebih luas dan berseni. Anda bisa memadukannya dengan wallpaper untuk bagian dinding atau membiarkannya dengan polos begitu saja.

8. Gaya Kontemporer di Ruang Tamu

Gaya Kontemporer di Ruang Tamu

Tambahkan gaya kontemporer di ruang tamu Anda dengan memadukan dua jenis wall moulding, yaitu picture frame dengan corbel molding. Hanya saja, untuk cetakan corbel molding Anda bisa menempelkannya di dalam bingkai foto. Sehingga menghasilkan pajangan karya seni klasik. Lalu kombinasikan dengan wallpaper motif abstrak dan panel kayu di bagian dinding lainnya. Perkuat gaya kontemporernya dengan dekorasi unik dan modern.

9. Kotak-kotak Besar di Dinding

Kotak-kotak Besar di Dinding

Mau gaya yang lebih kasual dan modern? Coba desain wall moulding ruang tamu yang satu ini. Dengan membuat kotak-kotak besar di dinding. Jadikan setiap garis pembatas horizontal sebagai rak kecil yang bisa meletakkan beberapa dekorasi pajangan. Gunakan palet warna putih atau hitam untuk menonjolkan kotak-kotak tersebut. Berikan sofa lesehan yang tebal dan meja kopi kecil untuk membuat suasana santai di ruang tamu.

10. Dinding Hitam Shiplap

Dinding Hitam Shiplap

Shiplap merupakan jenis cetakan dinding yang menyerupai bentuk kayu di kapal-kapal. Dibuat memanjang dan ditempel rapat-rapat. Anda bisa memasangnya secara vertikal atau horizontal. Sesuai selera. Nah, untuk mendapatkan warna kontras pada ruang tamu, gunakan palet warna monokrom seperti di gambar. Warna hitam yang gelap terlihat cantik ketika dipadukan dengan warna putih cerah. Apalagi kalau terkena sinar matahari yang cerah.

11. Wall Moulding Ruang Tamu Concave

Wall Moulding Ruang Tamu Concave

Concave merupakan cetakan cekung dan melengkung yang menciptakan transisi antara dinding dan langit-langit, dengan karakteristiknya yang halus dan menyapu. Jenis cetakan ini cocok untuk Anda yang ingin menambahkan kesan anggun dan lembut di ruang tamu. Desainnya yang unik juga bisa menambah nilai seni di rumah Anda.

12. Batu Alam Di Dinding

Batu Alam Di Dinding

Satu lagi desain wall moulding ruang tamu yang bisa Anda tiru adalah dinding batu. Yup, Anda bisa menempelkan batu alam ke dinding ruang tamu untuk menambah kesan nature. Akan tetapi jika biaya tidak mencukupi, Anda bisa menggantinya dengan wallpaper dan menggabungkannya dengan cetakan wainscoting. Untuk memperkuat kesan alaminya, Anda bisa menggunakan lantai panel kayu dan beberapa dekorasi yang terbuat dari kayu. Padukan dengan warna putih atau krem untuk membuat ruang tamu Anda terlihat luas.

Itulah beberapa ide desain wall moulding ruang tamu yang bisa Anda tiru. Dalam desain interior, penggunaan cetakan dinding ini bisa menambah sentuhan keanggunan dan kedalaman pada ruangan Anda. Wall moulding merupakan cara yang bisa menciptakan ketertarikan arsitektural dan menonjolkan karakteristik dari penghuni rumah.Selain menggunakan salah satu dari desain di atas, Anda juga bisa memadukan dua desain wall moulding. Tinggal pilih mana yang Anda suka dan sesuaikan dengan budget. Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.