Banyak masyarakat saat ini memilih untuk membeli rumah melalui pengembang properti atau developer. Proses ini lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan mencari lahan, membangun rumah sendiri, dan mengawasi proses pembangunan yang memakan waktu berbulan-bulan. Selain itu, membeli rumah melalui developer juga memungkinkan Anda untuk mengajukan cicilan kredit (KPR) kepada bank sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah, ada beberapa risiko yang perlu Anda pertimbangkan. Oleh karena itu, berikut adalah 5 poin penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli rumah dari developer:

1. Lokasi Perumahan

Lokasi Perumahan Ideal Shila at Sawangan

Perhatikan dengan seksama lokasi perumahan yang ingin Anda beli. Pilihlah lokasi yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Periksa aksesibilitasnya, seperti jalan utama dan transportasi umum di sekitarnya. Pastikan juga dekat dengan fasilitas umum penting, seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan tempat kerja Anda. Tinjau juga faktor keamanan dan lingkungan sekitar, serta risiko banjir atau bencana alam. Lokasi yang baik akan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

2. Rencana Pembangunan dan Spesifikasi Bangunan

Periksa dengan teliti rencana pembangunan dan spesifikasi bangunan yang disediakan oleh developer. Pastikan bahwa segala sesuatu yang dijanjikan tercantum secara jelas dalam kontrak atau brosur perumahan. Tinjau jenis bahan bangunan yang digunakan, kualitas konstruksi, dan fitur-fitur yang disediakan dalam rumah. Jika memungkinkan, kunjungi proyek-proyek sebelumnya yang telah dibangun oleh developer untuk melihat kualitas pekerjaan mereka secara langsung. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa rumah yang Anda beli memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan harapan Anda.

 

3. Verifikasi Reputasi dan Track Record Developer

Sebelum membeli rumah dari developer, penting untuk melakukan penelitian tentang reputasi dan track record mereka. Cari informasi tentang pengembang properti tersebut, termasuk latar belakang, pengalaman, dan proyek-proyek sebelumnya yang telah mereka lakukan. Periksa apakah mereka memiliki reputasi yang baik dan telah memberikan kepuasan kepada para pembeli sebelumnya. Baca ulasan konsumen dan cari informasi dari sumber terpercaya. Mengenali reputasi dan track record developer akan membantu Anda memperoleh kepercayaan diri dalam memutuskan untuk membeli rumah dari mereka.

 

4. Periksa Legalitas dan Dokumen Administrasi

Legalitas dan Survey Shila at Sawangan

Legalitas dan Survey Shila at Sawangan

Pastikan Anda memverifikasi semua dokumen dan legalitas terkait pembelian rumah. Periksa apakah pengembang telah memenuhi semua persyaratan hukum dan memiliki izin yang diperlukan untuk membangun proyek perumahan tersebut.

Pastikan juga bahwa dokumen-dokumen seperti sertifikat rumah, kontrak jual beli, dan perizinan pembangunan telah disiapkan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika perlu, konsultasikan dengan ahli hukum atau notaris untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan legal.

 

5. Tinjau Fasilitas dan Lingkungan Sekitar

Perhatikan fasilitas dan lingkungan sekitar perumahan yang ditawarkan. Periksa fasilitas umum yang disediakan, seperti taman, kolam renang, area rekreasi, pusat kebugaran, dan keamanan. Evaluasi apakah fasilitas tersebut sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Selain itu, tinjau juga lingkungan sekitar perumahan, termasuk kebersihan, keamanan, dan kondisi infrastruktur di sekitarnya. Memilih perumahan dengan fasilitas yang sesuai dan lingkungan yang nyaman akan memberikan kenyamanan dan kepuasan dalam jangka panjang.

Shila at Sawangan adalah salah satu proyek dari Vasanta Group, dan developer ini memiliki track record yang terbukti dengan proyek-proyek sebelumnya seperti Saumata dan Vasanta Innopark.
Product terbaru Shila at Sawangan “Lake Series” menjadi salah satu pilihan menarik dengan konsep “waterfront living” yang eksklusif, fasilitas yang memukau, dan akses mudah ke sekolah terbaik serta fasilitas kesehatan terbaik di sekitarnya.Lokasi Shila at Sawangan juga strategis, dengan akses yang mudah menuju dua jalan utama, yaitu Bojongsari dan Muchtar. Lokasi ini menyambungkan dua jalan utama dapat memudahkan mobilitas Anda ke berbagai ke sekolah terbaik seperti Ashafa Islamic School, Cakra Buana School, dan Depok Montessori School yang berjarak hanya 15 menit, serta fasilitas kesehatan terbaik, seperti Aspen Medical Hospital, juga tersedia di dalam kawasan ini.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengalami gaya hidup istimewa dan kenyamanan tinggal di perumahan premium tepi danau ini. Dengan memperhatikan poin-poin di atas, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan terinformasi. Lakukan riset, pertimbangkan faktor penting, dan konsultasikan dengan pihak yang berkompeten sebelum membeli rumah ya!

Author Profile

Putri Delia
Nurul Delia Rachmaputri merupakan seorang lulusan Jurusan Public Relation di Universitas Indonesia. Ia memulai karier sebagai public relation pada tahun 2018. Selain PR, Delia juga memiliki keahlian lain di bidang marketing, dan corporate communication.