Rumah modern tropis adalah tempat tinggal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan penghuninya. Di tengah situasi pandemi dan perubahan musim yang rentan terhadap penyakit, menjaga kesehatan menjadi prioritas utama. Salah satu langkah untuk mewujudkan hidup sehat adalah dengan tinggal di rumah yang memenuhi ciri-ciri rumah modern tropis, antara lain:

1. Sirkulasi Udara yang Baik di Rumah

6 Ciri-Ciri Rumah Modern Tropis

Rumah sehat harus memiliki sirkulasi udara yang baik, dengan ruangan yang tidak pengap, lembab, atau berbau. Untuk mencapai hal ini, perlu dipastikan bahwa setiap ruangan dilengkapi dengan ventilasi yang memadai dan dapat memberikan sirkulasi udara yang lancar. Selain itu, membuka jendela di pagi hari dapat membantu memperbaiki kualitas udara di dalam rumah.

2. Pencahayaan Ruangan Optimal

Selain sirkulasi udara, pencahayaan ruangan juga sangat penting untuk kesehatan. Rumah sehat harus memiliki akses pencahayaan matahari yang memadai, sehingga pencahayaan alami dapat masuk ke dalam rumah. Membuat jendela di setiap ruangan adalah salah satu cara untuk mencapai pencahayaan alami yang baik.

3. Halaman yang Asri untuk Rumah Modern Tropis

6 Ciri-Ciri Rumah Modern Tropis

Suasana sekitar rumah juga berpengaruh pada kesehatan penghuninya. Rumah sehat sebaiknya berada di lingkungan perumahan yang asri dan dikelilingi oleh pepohonan hijau. Selain itu, menanam berbagai tanaman dan pepohonan di halaman rumah dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah.

4. Sumber Air Bersih

Adanya sumber air bersih adalah ciri penting dari rumah sehat. Pastikan bahwa rumah dilengkapi dengan sistem sanitasi air yang baik untuk kebutuhan sehari-hari. Jika memiliki sumur, pastikan agar tidak terlalu dekat dengan septic tank untuk menjaga kebersihan air.

 

5. Tempat Pembuangan Sampah

Rumah sehat harus memiliki tempat pembuangan sampah yang memadai, baik di dalam maupun di luar ruangan. Pastikan untuk membuang sampah secara teratur agar tidak menumpuk di dalam rumah. Hindari juga membuang limbah cair atau beracun di sekitar area resapan air.

6. Kebersihan Lingkungan Rumah

Kebersihan lingkungan rumah merupakan ciri utama rumah yang sehat, termasuk di dalamnya adalah menjaga kebersihan kamar mandi dengan rutin dan memeriksa septic tank untuk mencegah bocor atau penuh. Selain itu, adanya tempat sampah dan penggunaan UV Box juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan kebersihan lingkungan, seperti yang diterapkan di Shila at Sawangan dengan menyediakan UV Box dan tempat sampah di setiap rumah dan clusternya.

 

Shila at Sawangan menawarkan konsep “Healthy Living” dengan sirkulasi udara yang optimal dan pencahayaan alami yang memadai. Selain itu, lingkungannya yang asri dengan pepohonan hijau dan akses dekat ke danau membawa manfaat tambahan bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Dengan pilihan cluster-cluster yang unik dan modern, Shila at Sawangan menjadi pilihan hunian ikonik tepi danau di Selatan Jakarta. Setiap rumah dan klusternya dilengkapi dengan tempat sampah yang memadai

Temukan kehidupan sehat dan harmonis di Shila at Sawangan, hunian yang menyatu dengan alam untuk meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga.

 

Nurul Delia Rachmaputri | 3 Juli 2023

Author Profile

Putri Delia
Nurul Delia Rachmaputri merupakan seorang lulusan Jurusan Public Relation di Universitas Indonesia. Ia memulai karier sebagai public relation pada tahun 2018. Selain PR, Delia juga memiliki keahlian lain di bidang marketing, dan corporate communication.