Dalam hal mendekorasi rumah, memilih kombinasi warna cat plafon dan dinding yang tepat bisa memberikan dampak besar pada keseluruhan tampilan dan nuansa di setiap ruangan. Anda juga harus mengasah kreativitas dalam memadukan dua atau lebih warna agar bisa menjadi sebuah warna yang manis.

Secara psikologis, warna yang tepat bisa membangkitkan emosi dan mengatur suasana di ruangan tersebut. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar dalam memilih kombinasi warna cat plafon dan dinding yang pas untuk semua ruangan di rumah Anda. Dari kombinasi klasik hingga kontemporer dan minimalis, bisa Anda temukan di bawah ini!

Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding untuk Setiap Ruangan

Kombinasi warna cat plafon dan dinding yang tepat bisa membuat ruangan terasa hangat, ramah, dan sejuk. Sedangkan warna yang salah bisa membuat ruangan terlihat tidak menarik. Dengan banyaknya warna yang tersedia, mungkin Anda sedikit kebingungan untuk memilih kombinasi yang sempurna. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena kami sudah menyiapkan beberapa perpaduan warna yang tepat untuk setiap ruangan di rumah Anda. Di antaranya adalah:

Biru Putih untuk Lorong Rumah

Biru Putih untuk Lorong Rumah

Kombinasi warna yang pertama adalah biru dan putih untuk lorong rumah Anda. Warna biru merupakan lambang dari kedamaian dan ketenangan. Sedangkan putih sebagai warna netral melambangkan kemurnian. Perpaduan dua palet warna ini dipercaya bisa membuat penghuninya menjadi tenang dan menjernihkan pikiran. Tentu hal ini sangat baik untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi. Ketika mereka memasuki rumah dan melihat kombinasi warna ini, pikiran dan badan mereka bisa menjadi lebih rileks.

Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding Earth Tone

Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding Earth Tone

Pilihan warna tanah atau earth tone yang hangat untuk dinding lorong atau ruang tamu, bisa menciptakan suasana yang ramah dan nyaman. Warna-warna ini terinspirasi dari palet alam. Perpaduan warna coklat kayu dan oranye yang lembut, seolah mewujudkan kehangatan bumi dan matahari. Dua warna ini akan membuat lorong yang terlihat sederhana dan biasa saja, menjadi penuh dengan kehangatan.

Warna Minimalis Di Sudut Ruangan

Warna Minimalis Di Sudut Ruangan

Jika Anda memiliki furnitur dengan desain kontemporer dan unik, Anda bisa memadukannya dengan kombinasi warna hijau emerald dan putih ini. Kunci utamanya adalah teknik color blocking. Perpaduan warna ini bisa membuat penghuni rumah betah berada di ruangan tersebut. Tempatkan beberapa pot tanaman hijau untuk pemanis ruangan, dan kaca gantung agar ruangan terlihat lebih luas.

Hijau Sage yang Bikin Rileks

Hijau Sage yang Bikin Rileks

Hijau merupakan salah satu warna alam yang bisa memberikan efek tenang dan rileks bagi siapapun yang melihatnya. Seperti warna hijau sage dan putih ini yang cocok untuk ruang kerja Anda di rumah. Ketika Anda sedang penat dalam menyelesaikan pekerjaan, melihat warna hijau di plafon atas bisa membuat mata dan pikiran Anda rileks. Tambahkan beberapa pajangan menarik di rak dan pot tanaman gantung untuk menyegarkan ruangan.

Tropical Bedroom

Tropical Bedroom

Jika Anda menginginkan lebih banyak nuansa pop di kamar tidur, gabungan warna hijau dan koral seperti di gambar bisa membawa suasana tropis yang hidup dan energik. Kombinasi warna cat plafon dan dinding ini menggunakan teknik wainscoting pada langit-langit sehingga membuatnya terlihat menonjol. Pajang foto atau karya seni terbaik Anda di dinding untuk memperkuat kesan pop-nya.

Tiga Warna Di Kamar Tidur Anak

Tiga Warna Di Kamar Tidur Anak

Tidak hanya dua warna, Anda juga bisa menggabungkan tiga warna sekaligus. Seperti yang terlihat pada gambar, desainer memadukan warna putih pada plafon, serta warna taupe dan blue teal di dinding. Kombinasi warna cat plafon dan dinding ini bisa Anda aplikasikan di kamar tidur anak agar membuat suasana menjadi rileks dan hangat.

Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding Cerah Minimalis

Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding Cerah Minimalis

Bila Anda menyukai warna cerah namun ingin yang terkesan minimalis, Anda bisa mencoba kombinasi warna yang satu ini. Perpaduan warna abu-abu dengan semburat kuning untuk dinding, dan putih pada plafon kamar tidur Anda. Uniknya, warna kuningnya dibuat memanjang sampai kena ke langit-langit. Jadi, warna kuning inilah yang akan Anda lihat setiap hari sebelum dan setelah bangun tidur.

Baca Juga : Kombinasi Warna Cat Rumah Abu-Abu Muda. Sudah Coba?

Warna Tenang dari Blue Teal dan Pink Salem

Warna Tenang dari Blue Teal dan Pink Salem

Berikan sentuhan warna pastel pada ruang makan Anda. Gunakan warna blue teal dan pink salem. Sebuah perpaduan yang membuat ruangan terlihat sejuk dan tenang. Sebagai pelengkap, gunakan dekorasi dan furnitur ala retro atau kontemporer.

Putih dan Wallpaper

Putih dan Wallpaper

Buat suasana dapur menyenangkan dan sekaligus menenangkan dengan perpaduan warna putih dan wallpaper motif berwarna biru tua. Penggunaan wallpaper bisa untuk mengganti cat dinding yang polos. Lengkapi dengan dekorasi dan furniture berwarna light blue atau putih. Dijamin Anda akan betah dan ingin sering-sering ke dapur.

Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding yang Kontras

Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding yang Kontras

Biasanya, kamar mandi identik dengan warna netral atau soft. Tapi pernahkah Anda mencoba warna kontras? Di gambar atas, desainer menggunakan warna kontras merah pada langit-langit dan putih pada dinding. Namun siapa sangka jika kombinasi kedua palet ini ternyata menghasilkan warna yang sempurna. Menariknya, warna kontras ini bisa menyoroti furnitur dan dekorasi yang ada di kamar mandi dan menjadikannya terlihat lebih luas.

Monokrom Minimalis

Monokrom Minimalis

Warna monokrom memang tidak pernah salah jika diaplikasikan pada ruangan di rumah Anda. Kesan yang ditonjolkan adalah minimalis, mewah, dan berkelas. Meskipun hitam tergolong warna yang misterius, ada satu kesan sederhana yang ditampilkannya. Kesederhanaan inilah yang membuatnya cocok untuk dipadukan dengan warna lainnya. Sementara itu, hadirnya warna putih pada plafon bisa membuat ruang tamu Anda terlihat luas.

Demikianlah beberapa inspirasi kombinasi warna cat plafon dan dinding yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Hal yang harus Anda perhatikan adalah untuk menggunakan warna yang senada atau cocok untuk digabungkan. Jika salah, maka ruangan akan terlihat membosankan, tidak menarik, dan lebih buruk lagi terlihat kusam. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.