Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin banyak developer rumah yang membangun dan mengembangkan rumah luxury atau rumah mewah. Hal ini terjadi karena adanya tuntutan dan kebutuhan para pencari rumah yang membutuhkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggalnya.

Tapi sebenarnya, apa itu rumah luxury? Apakah desainnya sama dengan rumah minimalis? Cari tahu jawaban selengkapnya di artikel bawah ini.

Apa itu Rumah Luxury?

Apa itu Rumah Luxury?

Rumah mewah atau rumah luxury adalah sebuah tanda kemewahan dan kemegahan. Rumah dengan jenis ini menyediakan fitur dan fasilitas yang luar biasa. Mulai dari desain interiornya yang luas dengan sentuhan high class hingga teknologi terkini. Bahkan desain eksteriornya juga tidak kalah menarik dengan pagar tinggi, tembok rumah dari marmer, dan lainnya.

Properti ini juga menghadirkan kesan individualitas dan kemewahan yang berbeda dari jenis rumah lainnya. Sebagian besar rumah luxury memiliki area halaman yang luas, dilengkapi dengan kolam renang, dan juga pemandangan yang bisa menenangkan penghuninya.

Kawasan perumahannya pun juga menawarkan layanan dan fasilitas yang luar biasa. Mulai dari keamanan 24/7, one gate system, area olahraga khusus penghuni, area restoran, area entertainment, dan lainnya.

Lokasinya pun selalu berada di area yang bisa menarik perhatian. Seperti di tepi pantai, tepi danau, atau tempat lainnya yang bisa memberikan nilai tambah kenyamanan, eksklusivitas, atau keindahan alam bagi penghuninya. Tidak heran jika properti dengan bahan premium dan berkualitas tinggi seperti ini selalu dijual dengan harga tinggi. Selain harga jualnya yang tinggi, nilai investasi properti ini juga tergolong tinggi dan mahal.

Ciri-ciri Rumah Luxury

Konsep Desain Rumah Minimalis Modern

Secara garis besar rumah dengan luas lebih dari 300 m2, bisa masuk ke dalam kategori rumah luxury. Semakin luas area tanahnya, maka semakin mewah bentuk rumahnya. Dan tentunya biaya untuk membangunnya juga akan semakin mahal. Maka dari itu, rata-rata rumah mewah memiliki kualitas tinggi.

Agar lebih jelasnya, berikut ciri-ciri rumah luxury yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah:

Fasad yang Megah

Fasad yang megah sudah jelas menjadi ciri-ciri rumah luxury yang paling utama. Hal ini juga menjadi identitas dari rumah mewah itu sendiri, dan untuk memberikan kesan pertama “kemewahan”.

Menggunakan Pagar yang Tinggi

Pada rumah mewah, pagar yang tinggi tidak hanya untuk menjaga privasi penghuni dan keamanan saja. Pagar ini juga bisa membantu meningkatkan penampilan rumah dari luar. Terlebih jika menggunakan pagar dengan pola atau motif yang rumit dan menggunakan warna emas, perak, atau perunggu.

Halaman yang Luas

taman depan rumah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, rumah dengan luas lebih dari 300 m2 masuk ke dalam jenis rumah mewah. Artinya, ciri-ciri rumah luxury adalah memiliki halaman yang luas baik di depan maupun di belakang. Anda bisa memanfaatkan halaman ini untuk keperluan berkebun atau membuat kolam renang.

Area Foyer yang Luas dan Megah

Hal yang membedakan rumah mewah dengan rumah lainnya adalah keberadaan foyer atau lobi. Biasanya lobi ini digunakan sebagai tempat singgah bagi para tamu yang datang berkunjung sebelum dibawa ke ruang tamu. Hampir setiap rumah luxury memiliki area foyer yang luas dan megah, lengkap dengan dekorasi dan perabotan “mahal”-nya.

Menggunakan Material Mahal untuk Perabotan, Dekorasi, dan Flooring

Sebagian besar rumah yang masuk ke dalam kategori mewah menggunakan batu marmer untuk finishing look. Lalu perabotan dan dekorasi yang digunakan pun memiliki harga yang tidak murah.

Pilar yang Simetris dan Megah

Dari dulu hingga sekarang, pilar yang simetris dan megah menjadi ciri-ciri rumah luxury yang menonjol. Pilar megah ini tidak hanya berfungsi untuk menopang rumah saja, tetapi sudah menjadi elemen eksterior yang bisa memberikan nilai tambah keindahan rumah. 

Konsep Desain Rumah Luxury

Konsep Desain Rumah Luxury

Secara garis besar, ada empat desain yang menggambarkan rumah luxury. Keempat desain ini sering digunakan oleh para developer perumahan elit untuk menghadirkan hunian yang sesuai dengan selera penghuninya. Seperti apa konsep desainnya?

Rumah Luxury dengan Konsep Minimalis Modern

Meskipun menggunakan konsep minimalis, tampilan rumah tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Rumah yang mengusung konsep ini berada di lingkungan rumah yang asri lengkap dengan aneka pepohonan yang rimbun dan menyegarkan. Fasad yang dibangun pun juga terlihat megah dan mewah. Hanya saja tidak menggunakan banyak atribut karena mengusung konsep minimalis dan sederhana.

Perpaduan warna yang digunakan pun tidak jauh dari perpaduan coklat & krem, serta abu-abu. Karakteristiknya terlihat pada penggunaan jendela kaca yang berukuran besar untuk memaksimalkan cahaya matahari yang masuk. Untuk desain interiornya lebih banyak menggunakan material kayu untuk menyelaraskan dengan palet warna. Sedangkan kesan mewahnya didapatkan dari penggunaan material marmer.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Modern, Karakteristik & Konsepnya

Konsep Art Deco

Karakteristik utama dari rumah dengan konsep art deco adalah fasad yang melengkung serta transisi ketinggian yang berbeda di satu bangunan. Konsep rumah ini merujuk pada kebebasan yang tinggi. Maka tidak heran jika beberapa rumah dengan desain art deco memiliki fasad yang unik seolah menggambarkan karakteristik penghuninya.

Konsep Kontemporer Pada Rumah Luxury

Konsep kontemporer hampir sama dengan minimalis modern. Menggunakan jendela kaca besar, sentuhan kayu, dan perpaduan palet berwarna abu-abu, coklat, atau krem. Hanya saja fasad rumahnya dibuat kotak. Sehingga rumah mewah ini terlihat lebih kompak.

Seperti rumah yang berada di Shila at Sawangan dengan tipe Tudor dan Pavilion. Setiap tipe rumah ini memiliki tanaman hijau di halaman depannya dan menggunakan jendela kaca besar. Jadi Anda bisa menghemat energi karena cahaya yang masuk bisa terbiaskan dengan baik. Selain itu ada banyak ruangan di dalamnya yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan keluarga. Mulai dari ruang tidur, ruang kerja, tempat bermain anak, hingga ruangan untuk berkumpul keluarga.

Tropical Modern

Satu lagi desain rumah luxury adalah tropical modern. Biasanya rumah dengan konsep ini bisa ditemukan di pinggiran pantai atau di daerah yang tinggi. Ciri khasnya adalah ketinggian plafon yang mencapai 5-7 meter. Tujuannya adalah agar cahaya matahari yang masuk bisa mengenai seluruh ruangan yang ada di rumah. Rumah dengan konsep ini juga tidak memiliki sekat dengan menggabungkan semua ruangan menjadi satu. Mulai dari ruang tamu, ruang makan, dan dapur.

Itulah penjelasan terkait apa itu rumah luxury, ciri-cirinya, hingga beberapa desain fasad yang umumnya digunakan.Apakah Anda sedang mencari kawasan perumahan elit di daerah Depok? Coba kunjungi Shila at Sawangan. Anda bisa melihat langsung keberadaan rumah luxury di tepian danau dan dekat dengan bukit golf. Konsultasikan segera kebutuhan rumah mewah impian Anda kepada kami!

Author Profile

Shirley Candrawardhani
Shirley berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.